Beranda Tips Panduan Pemula untuk Mengedit Video YouTube

Panduan Pemula untuk Mengedit Video YouTube

81

Karier di YouTube tampaknya menarik banyak anak muda saat ini. Orang-orang mencari cara berbeda untuk memasuki industri YouTube dan memulai saluran mereka sendiri. Menjadi YouTuber penuh waktu tampaknya sangat menyenangkan, mengasyikkan, mewah, dll.

tutorial edit video di invideo

Dalam beberapa bulan terakhir, YouTube telah melihat pertumbuhan besar-besaran dalam jumlah pengguna di platform. Orang-orang mulai membuka saluran mereka dan membuat video dengan harapan mereka akan segera menjadi populer dan terkenal.


Tapi, berkarir di YouTube tidak semudah yang diharapkan banyak orang. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda bisa menjadi YouTuber full-time. Pertama dan terpenting, Anda harus mempelajari seni membuat dan mengedit video yang sesuai dengan gaya Anda. Anda juga harus mempelajari bagaimana Anda akan menggunakan alat editor video YouTube juga.

Setelah Anda benar-benar mahir melakukannya, barulah Anda dapat berpikir untuk membuka saluran YouTube Anda sendiri. Jika Anda seorang pemula dan ingin memoles keterampilan mengedit Anda di YouTube, berikut adalah tips terbaik untuk membantu Anda.

1. Buat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail adalah hal pertama yang akan dilihat pemirsa ketika mereka mengunjungi saluran Anda. Thumbnail adalah representasi akut dari video Anda dan isinya. Jika Anda mengacaukan thumbnail, maka itu bisa merugikan Anda.

Untuk menarik perhatian pemirsa dan membuat mereka menonton video Anda, Anda harus membuat gambar mini yang menarik. Thumbnail dapat berupa tangkapan layar setiap momen dari video, atau dapat juga berupa judul berbasis teks yang menceritakan tentang video tersebut. Penggunaan gambar mini yang baik dapat meningkatkan waktu tonton Anda setidaknya 35% di YouTube.

2. Fokus pada Bercerita

Anda harus fokus pada bercerita saat membuat video untuk YouTube. Tidak masalah berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk membuat video atau kamera apa yang Anda gunakan. Jika video Anda tidak memiliki cerita yang bagus, maka video tersebut tidak akan memberikan dampak apa pun pada penonton.

Anda harus mengikuti elemen dasar mendongeng dan membuatnya lebih menarik. Anda akan selalu ingin cerita itu menambah nilai bagi kehidupan pemirsa. Video yang memiliki cerita yang sangat bagus yang terkait dengannya mendapatkan penayangan terbanyak.

3. Gunakan Berbagai Elemen

Anda pasti telah menambahkan cerita yang fantastis ke video, tetapi pada akhirnya, Anda tidak ingin video Anda membosankan, bukan? Untuk menghindari hal itu terjadi, Anda harus menggunakan berbagai elemen yang berbeda. Yang kami maksud dengan elemen adalah gambar, teks, bentuk, animasi, audio, BGM, transisi, dan beberapa lainnya.

Semua elemen ini dapat menambahkan lebih banyak makna dan nilai pada video YouTube Anda. Namun, Anda tidak boleh terlalu fokus pada elemen sekunder dan menjaga keseimbangan yang tepat saat membuat atau mengedit video.

4. Miliki Gaya Pengeditan Anda

Salah satu cara terbaik untuk menjadi mahir dalam mengedit dan membuat video adalah dengan memiliki gaya pribadi Anda sendiri. Anda akan melihat bahwa sebagian besar YouTuber atau editor video top di seluruh dunia memiliki gaya pengeditannya sendiri. Ini akan membantu Anda menonjol dari kerumunan yang mencoba menyalin satu sama lain atau pembuat favorit mereka.

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai filter, template, efek, dan transisi untuk mengetahui kombinasi mana yang bekerja paling baik. Terapkan gaya ini pada gambar mini, musik, dan transisi juga. Memiliki gaya Anda sendiri akan membantu Anda untuk mendapatkan keunggulan atas orang lain.

5. Keep It Simple

Selama tahap awal karir YouTube Anda, Anda akan terpesona untuk mengetahui berbagai cara di mana video dapat diedit dan dirilis. Ini mungkin terlihat mewah, menarik, dan sangat menarik.

Tapi, pada akhirnya, Anda harus tetap sederhana. Idenya bukan untuk membanjiri audiens dengan terlalu banyak sumber daya yang kompleks atau menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan transisi yang terlalu banyak, musik yang keras, dll., sebenarnya dapat menghambat tema video asli. Anda harus selalu menjaga video tetap sederhana dan menjaga keseimbangan sumber daya yang optimal.

6. Durasi Video

Anda dapat membuat video YouTube sepanjang 5 menit atau meregangkannya menjadi satu jam juga. YouTube memberi Anda fleksibilitas untuk memilih panjang yang diinginkan.

Meskipun rentang perhatian orang telah mengalami penurunan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir dan lebih banyak orang tertarik untuk menonton video pendek, lebih dari 45% dari mereka masih menyukai video panjang.

Kedua jenis video ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan itulah sebabnya Anda harus menentukan durasi yang tepat berdasarkan jenis video yang Anda kerjakan. Setiap gaya dan genre video di YouTube memiliki persyaratan berbeda dalam hal durasi.

7. Sabar

Terakhir tapi bukan yang akhir, Anda harus belajar bagaimana bersabar dalam industri ini. Video pertama Anda mungkin belum tentu mendapatkan lebih dari sepuluh ribu penayangan, atau mungkin juga melampaui satu juta. Kau tak pernah tahu! Tapi itu seharusnya tidak membuat Anda terlalu senang atau terlalu sedih.

Pengeditan video dan karier di YouTube pada awalnya tidak stabil, dan Anda perlu mempersiapkannya. Anda harus memperlakukannya sebagai bisnis, dan dibutuhkan banyak waktu untuk membangun bisnis apa pun.

Pengeditan video dan karier di YouTube pada awalnya tidak stabil, dan Anda perlu mempersiapkannya. Anda harus memperlakukannya sebagai bisnis, dan dibutuhkan banyak waktu untuk membangun bisnis apa pun.

Intinya

Jadi, inilah tips teratas yang harus Anda ikuti jika Anda seorang pemula dalam membuat video untuk YouTube. Pastikan untuk mengikuti aturan ini dan menerapkannya dalam kehidupan Anda sendiri. Anda akan melihat bahwa kinerja Anda akan meningkat seiring waktu, dan Anda akan mulai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika Anda masih tidak yakin bagaimana membuat dan mengedit video untuk memberikan sentuhan profesional, jangan lupa untuk menggunakan editor video yang bagus seperti InVideo. Apakah itu membuat video yang luar biasa atau mengedit perangkat lunak ini hanya membutuhkan waktu 5 menit!. Jadi, jika Anda penasaran jangan tunda lagi dan cobalah sekarang juga!


Rekomendasi: