Tips

Cara Menghemat Baterai HP Tablet dan Laptop

Baterai merupakan salah satu hardwere terpenting yang wajib ada pada perangkat gadget apapun itu, entah itu laptop, tablet dan Smartphone tentunya sangat membutuhkannya.

Cara Menghemat Baterai

Meskipun begitu semakin meningkatnya mikroprosessor, grafis yang jauh lebih baik, storage yang lebih besar tentunya sangat mempengaruhi kinerja baterai.

Baterai seberapapun besarnya daya yang dimiliki tentunya akan sangat menguras daya baterai, nah untuk itulah diperlukan sebuah trik khusus untuk menghemat baterai Anda.

Begini caranya, jika Anda ingin memperpanjang daya hidup baterai pada laptop, tablet atau HP, sebagaimana dilansir dari DigitalTrends.

1. Aktifkan mode power savercara membuat baterai hp awet kembaliMode power saver yakni sebuah mode untuk menghemat daya baterai yang terbukti sangat efisien untuk mengurangi tingkat kecerahan layar yang tentunya juga akan menhemat daya baterai.

2. Eject disk yang tidak digunakan

cara menghemat baterai iphoneLaptop ataupun Smartphone tentunya bisa dipasang drive/usb OTG, nah asal Anda tau mencopot disk drive yang tidak terpakai bisa menghemat baterai juga.

3. Disconnect perangkat

cara menghemat baterai samsungSaat baterai sudah sangat terkuras/hampir habis anda bisa melakukan disconnect untuk GPS, paket data, WiFi, Bluetooth serta perangkat lainnya.

4. Tutup semua aplikasi background

cara menghemat baterai hp xiaomiMenutup aplikasi yang berjalan pada background tentunya akan menghemat baterai.

5. Instal Software manajemen baterai

cara menghemat baterai hp oppoAda banyak aplikasi menejemen baterai, meskipun tidak terlalu menghemat baterai namun terbukti bisa memenejemen baterai pada gadget Anda. Bisa mencoba BatteryHealth untuk Mac, BatteryCare untuk windows, DU batterySaver untuk perangkat Android.

6. Defragmentasi Hard Drive

cara menghemat baterai laptop windows 10Mengurangi konsumsi daya hard disk Anda dengan defragmentasi. Hal ini membuat hard drive Anda bekerja lebih stabil dibandingkan dengan yang belum di defragmentasi.

7. Perbarui pernagkat lunak Anda

cara menghemat baterai hp vivoSoftwere yang terbaru tentunya sangat menghemat pemakaian background, jadi background yang tidak berat tentunya akan berpengaruh besar terhadap perangkat untuk menghemat baterai Anda.

Rizky

[rizky@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang pecinta gadget sejak kecil, dan mulai belajar menulis artikel tentang teknologi sejak kuliah, kesibukan saya adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta dan menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button