Beranda News Xiaomi Ciptakan Mi Air Charge, Pengisian Baterai Jarak Jauh

Xiaomi Ciptakan Mi Air Charge, Pengisian Baterai Jarak Jauh

402

Xiaomi terus berinovasi ke level teknologi terbaru dengan menciptakan Mi Air Charge, menariknya lagi ini bukanlah sekedar wireless charging yang seperti pada umumnya. Teknologi ini akan memungkinkan Anda untuk mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan tanpa perlu kabel atau dudukan pengisi daya nirkabel seperti biasanya.

Mi Air Charge​

Dalam beberapa tahun terakhir, Xiaomi telah sukses menjadi salah satu perusahaan yang berkembang secara cepat dalam hal teknologi baru. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Mi MIX yang menjadi pelopor ponsel tanpa bingkai, dan masih banyak lagi inovasi teknologi ciptaan Xiaomi lainnya.


Pemimpin teknologi global Xiaomi telah memperkenalkan bentuk pengisian daya baru yang bernama Mi Air Charge Technology pada 29 Januari 2021 di Beijing, yang diharapkan bisa merevolusi metode pengisian nirkabel saat ini.

Xiaomi mengatakan bahwa teknologi Mi Air Charge yang dipatenkan menggunakan perangkat seperti menara berbentuk kotak yang dikembangkan sendiri. Menggunakan teknologi beamforming untuk mengirim gelombang milimeter langsung ke perangkat. Gelombang ini diubah menjadi tenaga listrik yang mampu mengisi daya ke perangkat.

wireless charging xiaomi

Mi Air Charge ini dikatakan memiliki antena pendeteksi 5 fase yang membantunya menemukan posisi smartphone atau perangkat yang kompatibel di sebuah ruangan dalam milidetik. Selain itu, juga memiliki 144 antena beamforming yang mentransfer gelombang milimeter.

Ponsel itu sendiri dilengkapi dengan dua larik antena yang mirip dengan yang ada di perangkat pengisi daya tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Yang pertama adalah susunan suar yang berkomunikasi dengan menara pengisi daya dan yang lainnya adalah susunan antena penerima yang terdiri dari 14 antena yang menerima gelombang milimeter yang kemudian diubah menjadi tenaga listrik melalui sirkuit khusus dan digunakan untuk mengisi daya perangkat.

Teknologi pengisian daya jarak jauh 5W Mi Air Charge

wireless charging adalah

Xiaomi telah merilis video pendek yang menunjukkan teknologi baru tersebut sedang beraksi. Video tersebut juga memberi kita tampilan yang lebih baik pada perangkat di belakang teknologi. Xiaomi juga mengatakan bahwa saat ini, Mi Air Charge Technology mendukung pengisian daya beberapa perangkat secara bersamaan pada jarak jauh dengan daya maksimum 5W per perangkat.

Meskipun itu jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan teknologi nirkabel 80W untuk ponsel, namun kali ini tujuan utama Xiaomi bukan pada ponsel tetapi perangkat yang lebih kecil dan peralatan rumah tangga. Tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan kebutuhan kabel yang telah menjadi ancaman di sebagian besar rumah tangga.

Dikutip dari postingan Weibo oleh Adam Zeng Xuezhong, kepala baru divisi seluler Xiaomi yang mengambil alih dari Lin Bin tahun lalu, rencananya adalah agar Mi Air Charge Technology dapat mengisi daya perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar dan pelacak kebugaran. Diharapkan juga dapat memberi daya pada perangkat kecil lainnya di rumah seperti speaker dan lampu meja.

Teknologi Mi Air Charge memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat elektronik dari jarak jauh tanpa kabel atau dudukan pengisi daya nirkabel.


Rekomendasi: