Beranda Review Poco M3 Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Poco M3 Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

217

Diluncurkan akhir bulan Januari, Poco M3 akan menjadi smartphone yang paling dicari di pasaran. Pada awal bulan Februari saja, sudah tercatat memiliki potensi penjualan terbaik di segmen ini. Sub-brand Xiaomi Poco M3 juga menjadi smartphone termurah yang memiliki hampir semua fitur terbaru. Tampilan desain keren, baterai besar, dan kamera yang cukup bagus.

poco m3 indonesia

Seperti namanya, Poco M3 merupakan generasi penerus dari Poco M2. Xiaomi menawarkan harga yang cukup murah yakni dengan harga Rp1.899.000 untuk varian 4GB/64GB sedangkan untuk varian 6GB/128GB dengan harga Rp2.299.000. Kedua varian ini hadir dengan chipset yang sama, yaitu Snapdragon 662 (11 nm).


Sekarang, saatnya menyelami lebih dalam dan melihat apakah Poco M3 memenuhi ekspektasi sehingga layak Anda beli atau tidak. Semua detail akan kami ulas di sini, mulai dari desain, spesifikasi hingga banderol harga Poco M3.

Desain Poco M3

poco m3 harga

Poco telah merubah desain panel belakang dari generasi sebelumnya dan digantikan menggunakan bahan plastik yang menawarkan cengkeraman jauh lebih baik sehingga akan meminimalisr bekas sidik jari. Lapisan penutup kulit bertekstur adalah sentuhan yang bagus, dan inilah yang membuat terlihat seperti HP mahal, meskipun dengan harga yang terjangkau.

Menambah pesona baru dengan tiga pilihan warna yaitu Yellow, Cool Blue, dan Power Black. Di sekitar bodi, Anda melihat speaker stereo, IR blaster, jack audio 3,5mm, , port pengisian USB tipe-C, slot tiga kartu, dan mikrofon. Poco M3 memiliki dimensi 162,3 x 77,3 x 9,6 mm dengan berat 198 gram, ini bisa di bilang cukup ringan mengingat ponsel ini memiliki baterai besar 6000 mAh.

Fitur yang paling mencolok dari ponsel ini adalah modul kamera besar di atas panel belakang. Poco telah menggunakan sebagian besar panel belakang tersebut untuk menyematkan ketiga lensa dan logo Poco, yang menjadikan tampilan desain lebih menarik dari segi keseimbangan visual.

Tampilan Layar Poco M3

poco m3 spesifikasi

Di bagian depan, Anda akan melihat layar IPS LCD 6,53 inci 1080p dengan bezel yang sangat tipis dan rasio layar ke bodi yang unik. Ada lekukan berbentuk tetesan air untuk kamera depan, dan semuanya dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Dagunya sedikit lebih tebal dari sisi lainnya, tetapi itulah yang yang paling umum ditemukan pada sebagian besar desain ponsel kela menengah. Tepat di atas kamera depan, Anda bisa melihat kisi-kisi tipis yang menyembunyikan lubang suara.

Layar Full HD + adalah peningkatan pada panel 720p yang biasanya ditemukan pada smartphone murah. Meskipun ini tidak terlalu tajam tetapi memiliki panel yang bisa dikatakan cukup cerah sehingga lebih mudah digunakan di luar ruangan. Warnanya terlihat bagus tetapi warna cenderung lembut, meskipun Anda sedang menonton video atau hanya melihat-lihat gambar.

Selama peluncuran ponsel tersebut, Poco menyelidiki para pesaingnya yang menjual ponsel dengan layar 720p. Namun, Poco M3 masih menggunakan layar 60Hz sedangkan Realme 7i hadir dengan panel 90Hz yang lebih halus dengan harga yang sama.

Mencoba Kinerja Poco M3

poco m3 spesifikasi dan harga

Poco menarik perhatian dan menunjukkan performa yang handal dengan harga terjangkau. Bahkan, sejak awal peluncuran Poco F1 di anggap sebagai pesaing berat untuk pabrikan lain. Dalam hal ini, karena membawa Snapdragon 845 ke segmen kelas menengah. Banyak hal telah berubah sejak saat itu. Apa yang dulunya nilai jual terbesar, sekarang bisa menjadi dealbreaker. Tapi, itu terlalu keras, mengingat ekspektasi yang ditetapkan oleh perusahaan di masa lalu.

Poco M3 ditenagai oleh octa-core Snapdragon 662 ang mungkin saja bukan chipset untuk menjalankan game berat tetapi seharusnya cukup untuk penggunaan sehari-hari. Ini perlahan-lahan menjadi chipset untuk smartphone dalam kategori ini, misalnya Redmi 9 Power dan Realme 7i yang juga menggunakan chipset yang sama.

Seperti yang telah kami sampaikan di awal, Harga Poco M3 di Indonsesia telah ditetapkan yakni Rp1.899.000 untuk varian 4GB/64GB, sedangkan model penyimpanan 6GB + 128GB dihargai Rp2.299.000.

Karena itu, Anda perlu menetapkan ekspektasi dengan benar. Poco M3 bukanlah smartphone untuk game berat. Tetapi lebih dari mampu menangani penggunaaan sehari-hari seperti menjelajah internet, streaming konten dan bertukar teks atau file media. Tambahan yang bagus di sini juga ada speaker stereo ganda yang nyaring dan jernih.

Melihat Antarmuka UI Poco M3

poco m3 pro

Poco M3 telah menggunakan MIUI 12 yang berbasis Android 10. Dan, ini membingungkan. Bukan hanya pada Poco M3, tapi secara umum. Mengingat Android 12 yang sebentar lagi diluncurkan dan beberapa bocoran telah beredar tetapi sebagian besar smartphone kelas menengah masih diluncurkan dengan Android 10.

Bagaimanapun, kembali ke Poco M3, MIUI 12 mirip dengan MIUI 11 tetapi hadir dengan tampilan yang menyegarkan dan beberapa fitur baru. Antarmuka memiliki animasi keren, opsi privasi baru, dan laci aplikasi baru, di antara fitur-fitur lainnya. Pemindai sidik jari dipasang di tombol buka kunci samping.

Layar beranda penuh dengan pintasan, folder, dan widget. Anda mendapatkan beberapa aplikasi dan game yang dimuat sebelumnya, namun sebagian besar tidak dapat digunakan. MIUI 12 menambahkan fitur yang sangat menarik yang terinspirasi dari iPhone yang disebut Notification shade split.

Ini memungkinkan Anda menggesek di kedua ujung layar untuk mengakses Pemberitahuan atau Toggles Cepat yang perlu diaktifkan dari Pusat Kontrol. MIUI juga menawarkan aplikasi Keamanan yang dapat memindai ponsel Anda dari malware, mengelola daftar hitam, serta mengelola atau membatasi penggunaan data pribadi.

Kemampuan Kamera Poco M3

kekurangan poco m3

Sebagian besar dari Anda mungkin cenderung paling tertarik pada sektor kamera, Poco M3 menjanjikan banyak hal di modul kamera. Pengaturan tiga kamera belakang terdiri dari sensor utama 48 megapiksel dengan lensa f / 1.79, sensor sekunder 2 megapiksel dengan lensa makro f / 2.4 dan sensor kedalaman 2 megapiksel dengan lensa f / 2.4.

Aplikasi kamera default mirip dengan yang kita lihat pada smartphone Xiaomi dan Poco sebelumnya. Anda dapat beralih antar mode dengan menggesek layar. Menu atas menampilkan sakelar mode flash, sakelar HDR, sakelar AI, dan opsi untuk menambahkan filter. Mode lain seperti ‘Malam’ dan ‘Panorama’ dapat diakses dari ‘Menu Utama’.

Hal utama yang hilang dari aplikasi kamera adalah pintasan untuk memperbesar. Ini juga karena Poco M3 tidak menampilkan lensa sudut ultra lebar. Sehingga Redmi 9 Power dan Realme 7i memiliki keunggulan ini di segmennya, karena Lensa sudut ultra lebar memang berguna dalam beberapa situasi.

Kamera utama bisa mengambil gambar yang cukup bagus sesuai dengan harganya. Gambar memiliki detail bagus, tajam, dan kontras tinggi. Sensor kedalaman juga dimanfaatkan dengan baik oleh Poco M3 dalam bidikan potret. Deteksi tepi mencapai sasaran dan ada pemisahan subjek yang mahir.

Ada beberapa aspek di mana Poco M3 menunjukkan kecenderungan tipikal HP murah, Misalnya gambar yang diambil oleh kamera utama memiliki nuansa yang lebih hangat dari yang seharusnya. Hal itu membuat subjek terlihat hidup di beberapa kasus, tetapi di kasus lain, warna kulit bisa terlihat seperti terbakar, namun terkadang gambar bisa lebih lembut dari yang diinginkan.

Kebanyakan gambar tampaknya memiliki detail yang bagus tetapi akan terlihat pecah saat Anda memperbesarnya, karena banyak noise saat melihat gambar lebih dekat. Namun, ini adalah hal yang sangat umum di segmen ini.

Untuk selfie, Poco M3 dilengkapi kamera depan 8MP dengan lensa f / 2.1 dan fokus tetap. Ini bisa mengambil foto selfie yang cukup, namun dari beberapa kasus di mana ada subjek yang terlalu terekspos. Mode Potret juga berfungsi dengan selfie dan menghasilkan gambar yang lumayan.

Meskipun ada banyak keterbatasan di bagian video. Poco M3 bisa merekam video hingga 1080 pada 30fps dengan kamera utamanya. Untuk memulainya, tidak ada mode 4K atau 60fps. Kemudian, kamera tidak memiliki Stabilisasi Gambar yang juga akan menjadi pertimbangan besar.

Daya Tahan Baterai Poco M3

xiaomi poco m3 harga

Baterai merupakan salah satu kelebihan dari Poco M3, dan sekarang menjadi salah satu hp dengan harga terjangkau di Indonesia yang hadir dengan baterai 6.000 mAh yang sangat besar. Ada juga dukungan untuk pengisian cepat 18W.

Baterai dapat dengan mudah bertahan selama lebih dari satu hari dengan penggunaan sedang. Memutar video berkualitas tinggi di YouTube selama satu jam, menyebabkan penipisan sekitar 8 persen sementara satu jam mengklik gambar, selanjutnya menghabiskan sekitar 12 persen baterai.

Tantangannya adalah ketika mengisi baterai. Pengisi daya cepat 18W bukanlah solusi paling efisien untuk menambah daya baterai secara cepat. Karena membutuhkan lebih dari 2 jam untuk mengisi daya ponsel hingga penuh. Namun, kita harus tetap bersyukur karena masih ada charger bawaan secara gratis.

Kesimpulan Akhir, Apakah Poco M3 ini Layak Anda Pilih?

Poco M3 bukanlah ponsel mahal dengan spesifikasi tinggi dan segudang fitur lengkap. Sehingga banderol harganya bisa di tekan menjadi lebih terjangkau, untuk membuat beberapa pilihan cerdas dan menawarkan pengguna apa yang mereka inginkan.

Ponsel ini mengorbankan kamera ultra-lebar, berpegang pada panel 60Hz dan menggunakan prosesor rata-rata tetapi memiliki layar beresolusi tinggi, masa pakai baterai yang sangat bagus, punya speaker stereo, tampilan desain kekinian dan kamera utama yang cukup bagus.

Dengan spesifikasi banderol harga yang telah kami sebutkan Poco M3 tentu saja masuk pada segmen ponsel kelas menengah. Kelebihan dan kekurangan itu sudah wajar terjadi, apa lagi pada segmen ponsel kelas mengah. Jadi pilihan terbaik pastinya tergantung sesuai dari kebutuhan dan budget yang Anda miliki.


Rekomendasi: