Beranda Bisnis Langkah Sukses Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Langkah Sukses Memulai Bisnis Online untuk Pemula

448

Ketika pandemi virus corona merebak di seluruh dunia, semua menjadi berubah. Salah satu yang paling terasa adalah mengharuskan bekerja dari rumah, bahkan banyak juga yang menjadi pengangguran.

bisnis online terbaru

Nah pada situasi seperti ini, peran teknologi menjadi sangat penting untuk membantu kegiatan sehari-hari. Lantas peluang usaha apa yang bisa di pilih di tengah wabah pandemi seperti sekarang? Sebenarnya ada banyak ide dan langkah untuk memulai bisnis online saat pandemi. Bisnis online apa yang cocok untuk pemula? Salah satu pilihan yang paling tepat adalah dengan bisnis online rumahan.


Karena secara teori, bisnis kuliner tak akan pernah mati. Selama ada manusia hidup, selama itu pula makanan akan dibutuhkan dan layak menjadi jalan bisnis. Asal bisnis kuliner yang Anda jalankan cukup menarik pasar, tentu akan selalu laku dan bertahan. Berikut ini adalah tips dapat uang dari internet dengan cara bisnis kuliner.

Segmen Pasar Bisnis Kuliner

Sebelum mulai bisnis kuliner dari rumah, pastikan segmentasi pasar yang ingin Anda bidik. Anda bisa melakukan riset usaha online shop yang terlaris, siapakah pasar yang paling otensial di sekitar Anda tinggal. Karena meskipun online, pelanggan awal umumnya memperhitungkan jarak tempuh. Ini berkaitan erat dengan ongkos kirim yang harus mereka bayar nanti.

bisnis online rumahan

1. Milenial

Setahun yang lalu sebelum Corona datang, generasi muda yang biasa disebut kaum milenial suka sekali nongkrong. Baik di sekolah, kampus, mall, atau tempat khusus yang banyak spot foto menarik. Namun sekarang tren perkumpulan mereka berubah, dari yang serba di luar, sekarang harus serba di rumah.

Jika Anda tinggal di daerah perumahan, atau daerah padat penduduk, maka salah satu segmen pasar yang bisa dibidik adalah milenial. Generasi muda yang suka tren terbaru cenderung sering berburu makanan atau minuman kekinian. Kalau enak, sebentar saja jjadi hits di kalangan mereka. Kemungkinan repeat order juga tinggi.

Anda harus up to date mengenai bisnis kuliner yang sedang tren. Anda juga bisa memanfatakan tren bisnis online terbaru yang sedang berjalan. Kemudian membuat versi rumahan-nya. Kalau dari rasa dan penampilan tidak kalah dengan versi aslinya, mereka pasti tertarik.

2. Karyawan

Meskipun saat ini kapasitas kantor dan fasilitas umum sangat dibatasi hingga maksimal 50% saja, para karyawan masih harus bekerja. Mereka juga membutuhkan kuliner di saat tertentu. Jika di sekitar tempat Anda tinggal ada perkantoran atau akses karyawan, maka bisnis kuliner dari rumah bisa dimulai dengan katering makanan sehat.

Para karyawan harus menjaga kesehatan mereka dengan menu yang tepat. Namun tidak semua bisa menyiapkan bekal sendiri, kan? Nah, manfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Sebuah paket makan siang lengkap dengan salad dan buah, mungkin. Ini bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet di bidang kuliner.

3. Emak Muda

Emak muda saat ini tidak semuanya sika dan pandai memasak. Banyak yang lebih suka beli dan wisata kuliner dari rumah. Apalagi setelah sibuk menyelsaikan banyak pekerjaan rumah, mereka butuh masakan siap makan tersedia di meja. Sementara Anda, harus bisa memanfaatkan emak muda semacam ini sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

usaha online shop terlaris

Ide Bisnis Kuliner Dari Rumah

Setelah mengetahui siapa pangsa pasar yang paling potensial di sekitar Anda, saatnya memperjelas komoditas yang ingin dijual. Beberapa pilihan ide bisnis kuliner dari rumah di bawah ini bisa dilakukan secara online. Pemasaran melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram juga cukup membantu. Jika pasar sudah tertarik, kembangkan untuk mendaftar di marketplace dengan jasa pengiriman cepat seperti GoFood dan GrabFood.

1. Cheese Creame

Berbekal cup, keju, dairy milk, jelly, tepung maizena dan gula, Anda bisa mulai bisnis kuliner untuk milenial. Resep membuat krim keju banyak bertebaran di media sosial. Anda harus melakukan percobaan dan memastikan rasanya enak sebelum menjual. Karena lidah milenial biasanya cukup sensitif. Mereka paham dengan cepat makanan macam apa yang rasanya enak.

Untuk membuat bisnis kuliner dari rumah lebih meyakinkan pelanggan, buatlah stiker logo merek sendiri. Setelah dicetak menggunakan kertas stiker dan dipotong, bisa ditempel di cup kemasan makanan atau minuman yang Anda jual. Ini akan membuat potensi bisnis kuliner berkembang berkali lipat, daripada tanpa stiker.

2. Salad Buah

Adalah makanan sehat setengah tidak sehat. Jika kandungan gula dan kejunya terlalu tinggi, mungkin bisa membuat orang yang kelebihan gizi semakin ketagihan. Tapi jika dibuat dengan komposisi bahan yang berkualitas dan mengurangi kadar glukosa, makanan ini menyehatkan sekaligus enak. Semua memang tergantung selera, sih.

Tapi yang pasti, orang akan suka dengan makanan yang cenderung murah, enak dan bergizi. Meskipun, tentu tidak semua begitu. Ada juga orang yang lebih mengutamakan kualitas daripada harga. Jadi tak perlu khawatir, selalu ada peminat dari setiap produk yang dijual.

3. Kudapan Tradisional

Kudapan tradisional adalah jenis makanan yang sudah langka di pasaran. Sedikit sekali orang yang mampu membuatnya. Terutama di kota besar. Sementar aminat masyarakat terhadap makanan tradisional masih cukup tinggi. Anda berpeluang untuk menjadikannya ide bisnis. Jika tidak ingin rugi, Anda bisa membuat sampel dulu saat pemasaran, lalu membuka order.

4. Lauk Rumahan / Catering Sehat

Lauk rumahan yang enak sangat dicari banyak orang. Apalagi untuk rumah tangga yang sibuk. Atau pekerja yang tinggal sendiri di apartemen atau kos. Catering sehat juga dicari oleh para aktivis gym yang sedang diet ketat. Menu sehat bisa diperoleh dari rekomendasi para ahli gizi, tentu saja.

Semakin kreatif ide kuliner yang Anda buat, semakin luas potensi pasar yang terbuka. Jadi situasi pandemi yang entah kapan akan berakhir ini seharusnya tidak jadi halangan. Selama ada niat dan kemauan untuk berbisnis, pastinya banyak ide yang tersedia. Tinggal eksekusi saja sesuai dengan kemampuan dan minat, dan Anda bisa mempraktikkannya mulai sekarang.

Satu hal lagi yang sangat penting ketika memulai bisnis rumahan adalah kendalikan pengelolaan keuangan khusus bisnis. Jangan campur keuangan bisnis dengan kepentingan rumah tangga lain.


Rekomendasi: