Beranda Tips Hydrogel vs Tempered Glass, Bagus Mana?

Hydrogel vs Tempered Glass, Bagus Mana?

265

Jika berbicara tentang layar ponsel yang retak karena terjatuh atau tertindih, anda pastinya sudah tahu apa itu tempered glass? ya, sebuah aksesoris kaca tipis yang berfungsi untuk perlindungan layar HP anda.

hydrogel vs tempered glass

Nah kalau hydrogel apakah anda sudah tahu? hampir sama fungsinya, hydrogel adalah sebuah aksesoris yang terbuat dari bahan gel tipis yang juga berfungsi untuk melindungi layar smartphone anda.

Coba kita bandingkan beberapa tahun yang lalu, varian ponsel yang tersedia di pasaran sekarang ini sangat beragam. Salah satu segmen ponsel yang sering menjadi sorotan adalah varian high-end yang biasanya menyelinap dengan tag yang cukup mahal, karena sudah pasti akan dibekali spesifikasi yang sangat tinggi.


Semakin mahal sebuah smartphone, tentu saja akan memerlukan perlindungan maksimal yang menjadi kebutuhan yang mendesak, terutama bagi pengguna yang ingin menjaga layar smartphone mereka dalam kondisi optimal untuk waktu yang lama.

Selain menggunakan aksesoris seperti softcase dan hardcase, sebagian besar pengguna HP menggunakan berbagai jenis pelindung layar yang tersedia di pasar untuk mencegah retaknya layar ponsel mereka.

Nah, dari 2 jenis pelindung layar yang populer yang saat ini kita kenal adalah tempered glass dan hydrogel. Mana yang terbaik di antara 2 pelindung layar ini, apa saja perbandingan kaca tempered dengan hydrogel?

Pertama adalah untuk daya tahan

Tujuan utama screen protector, pastinya sudah jelas untuk melindungi dan meminimalisir kerusakan layar. Dalam hal ini, yang perlu anda ketahui tempered glass dan hydrogel sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang perlu anda ketahui sebelum memilihnya.

Pada dasarnya tempered glass adalah sebuah lempengan yang terbuat dari material kaca dengan perekat. Jadi praktis smartphone Anda memiliki 2 lapisan kaca saat menggunakan kaca tempered, sehingga akan menambahkan perlindungan dan mencegah kaca smartphone dari kemungkinan pecah saat terjatuh.

Sementara untuk hydrogel, terbuat dari bahan gel yang cukup elastis. Namun pada dasarnya, fungsi utama hydrogel adalah untuk menahan goresan pada layar, bukan untuk mengurangi dampak terjatuh seperti tempered glass.

Nah dalam hal daya tahan, tempered glass sudah jelas merupakan pemenang karena ketebalannya dan bahan yang digunakan lebih unggul daripada hyrdogel.

Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah pernah mencoba pelindungan layar dengan tempered glass. Jenis pelindung layar ini umumnya hadir dalam ketebalan mulai dari 0,3 hingga 0,5 mm, yang dapat memengaruhi kepekaan terhadap sentuhan layar.

Namun, pengguna umumnya tidak akan merasakan penurunan sensitivitas yang drastis yang akan mengganggu penggunaan smartphone. Aspek lain yang terkait dengan ini adalah bahwa sensasi sentuhan yang ditawarkan oleh tempered glass sangat mirip dengan layar ponsel sebelum ditutup oleh pelindung layar.

Sedangkan untuk pelindung layar jenis hydrogel atau yang biasa dikenal dengan kaca cair memiliki dimensi yang lebih tipis dari pada tempered, beberapa varian hydrogel di pasaran mengklaim memiliki ketipisan hingga 100 nanometer sehingga jika di tempelkan pada layar HP tidak akan melihat tepi.

Dalam aspek respon ini, hydrogel atau pelindung layar kaca cair lebih unggul karena ketipisannya yang jauh lebih tipis dari tempered glass dan membuatnya jelas lebih sensitif terhadap sentuhan.

Setelah mengetahui kelebihan masing-masing dalam hal responsif dan perlindungan, berikut ini adalah estetika layar. Meskipun sebenarnya tidak menyediakan fungsionalitas secara langsung, estetika tampilan secara subyektif dapat memengaruhi kenyamanan pengguna.

Banyak varian tempered glass memiliki tepi yang tidak mengikuti lekukan layar, sehingga akan menghasilkan refraksi cahaya jika dilihat dari sudut samping. Namun pada tempered glass Anda dapat menemukan ini di tepi potongan tempered yang memberi kesan jelas bahwa ada lapisan layar tambahan pada ponsel Anda.

Hydrogel terlihat sangat terintegrasi dengan layar memiliki tepi yang sangat tipis, dan dapat melekat kuat pada tepi layar ponsel. Ini akan membuat lebih nyaman karena jari tidak akan menempel ke tepi pelindung layar seperti tempered glass.

Nah, sekarang pelindung layar mana yang terbaik, tempered glass atau hydrogel? Pilihan terbaik dan yang paling tepat kembali kepada Anda, karena ada aspek yang harus Anda tinggalkan untuk perlindungan maksimal dan sebaliknya.


Rekomendasi: