Beranda News Persiapkan Teknologi 5G, Smartfren Pasang Ribuan Pemancar Small Cell

Persiapkan Teknologi 5G, Smartfren Pasang Ribuan Pemancar Small Cell

263

Smartfren yang saat ini memiliki pelanggan mencapai 20 juta telah mempersiapkan teknologi berbasis 5G. Hal ini di tandai dengan pemasangan ribuan titik pemancar small cell yang menjadi salah satu persyaratan untuk jaringan 5G.

kapan jaringan 5g hadir di indonesia

Ketika era 5G dan pengalaman seluler menjadi lebih maju dengan kecepatan multi-gigabit dan ultra-responsif. Small Cells cocok untuk membantu memberikan koneksi 5G di mana mereka sangat dibutuhkan.


Small Cells dapat dimanfaatkan bahkan untuk mengatasi lingkungan yang paling ramai seperti stadion dan stasiun kereta api. Sehingga akan meningkatkan ekonomi bagi operator seluler karena akan membuka pintu untuk paket data dengan harga yang lebih terjangkau.

Setelah memulai penyebaran dengan 3G, dan menggenjot produksinya secara signifikan dengan 4G, mereka sekarang siap untuk pertumbuhan yang signifikan dengan 5G.

Sekedar informasi, Small Cell merupakan sebuah pemancar yang berukuran sangat kecil, dengan berat kurang lebih hanya 20 Kg dan menariknya pemasangan juga sudah tidak membutuhkan tower lagi.

Perangkat small cell ini bisa pasang di tembok rumah, dinding gedung, atau bahkan di tiang listrik. Berbeda dengan pemancar BTS yang saat ini masih memerlukan tower, lahan luas, dengan berat peralatan hingga 3 kuintal.

Saat ini Smartfren telah melakukan pemasangan ribuan pemancar small cell di Jawa dan Sumatera untuk mempersiapkan teknologi 5G di Indonesia.

Kehadiran teknologi 5G ini nantinya tidak akan menghapus jaringan 4G yang telah ada, mengingat kedua teknologi tersebut punya spesifikasi yang cukup berbeda.

Teknologi 5G lebih sendiri cenderung lebih dibutuhkan untuk keperluan sektor industri, salah satunya untuk menjalankan mesin di pabrik, sementara jaringan 4G masih terbatas untuk keperluan perangkat mobile.

Salah satu fungsi penting dari Small Cell ini adalah memiliki kemampuan yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan mobil tanpa pengemudi memalui sistem aplikasi.

Untuk saat ini, ribuan pemancar small cell Smartfren itu belum secara resmi diluncurkan untuk jaringan 5G dan sementara ini baru digunakan untuk memperkuat jaringan 4G.

Pentingnya memasukkan Small Cells sebagai elemen kunci dari strategi penyebaran 5G ditekankan oleh 5G mmWave.

mmWave selama ini memang memiliki potensi besar untuk kecepatan, kapasitas, dan latensi rendah, tetapi tidak praktis jika untuk digunakan melalui jaringan makro.

Mengingat karakteristik propagasi yang membatasi kemampuan mmWave untuk menembus dinding, pohon, bangunan, atau struktur lainnya.

Nah, Agar konsumen dapat menerima manfaat penuh dari teknologi 5G mmWave, maka penyebaran Small Cells yang padat nantinya sangat dibutuhkan, terutama di dalam ruangan tempat sebagian besar data dikonsumsi.

Secara sederhana, 5G Small Cells akan menyamakan cakupan yang lebih handal, dengan efisiensi yang lebih baik, meningkatkan kinerja dan kapasitas jaringan secara keseluruhan, sehingga akan menciptakan peluang untuk menurunkan biaya per bit.

Bayangkan saja bagaimana jika anda telah merasakan kecepatan teknologi 5G ini, sebagai contoh jika anda mengunduh file berukuran 5GB dengan jaringan 5G maka akan selesai hanya dalam beberapa detik saja.


Rekomendasi: