Beranda Review Ratel Cell HP Gaming Murah 1 Jutaan, Snapdragon 835 RAM 6GB

Ratel Cell HP Gaming Murah 1 Jutaan, Snapdragon 835 RAM 6GB

23921

Ratel Cell yang beberapa waktu lalu sering di bicarakan di Facebook, tampaknya memiliki keistimewaan tersendri. HP Ratel Cell ini adalah sebuah smartphone gaming buatan Jepang dengan banderol harga yang sangat murah.

ratel cell

Murah tapi bukan sekedar ponsel murahan, karena memiliki spesifikasi layaknya ponsel mahal yang dibekali chipset keluaran terbaru dengan RAM besar dan kapasitas penyimpanan besar. Seperti yang kita ketahui ketika mendengar HP gaming pastinya kita langung membayangkan sebuah smartphone spesifikasi gahar dengan banderol harga mahal.


Inilah yang membuat para gamers ramai memburu smartphone dengan harga 1 jutaan yang berspesifikasi mumpuni ini. Hanya dengan harga Rp. 1.670.000 kamu sudah bisa membonyong HP gaming dengan RAM 6 GB dan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Smartphone gaming asal Jepang buatan Mixi dengan merk smartphone Ratel Cell, yang sebelumnya dikenal sebagai Moose101. Merupakan satu-satunya hp android khusus game berat dengan harga murah yang hadir dengan spesifikasi ala ponsel mahal.

Bagaimana Dengan Spesifikasi Ratel Cell?

ratel cell spesifikasi

Desain perangkat dengan bodi segi delapan, speaker stereo depan, dan kamera depan tersembunyi ke dalam. Desainnya memang terlihat sangat aneh, namun untuk urusan performa ponsel ini adalah juara di rentang harga 1,6 jutaan.

Menariknya lagi adalah dukungan konfigurasi sebanyak dua kabel USB untuk Tipe-C dan Tipe-A. Selain itu, dilengkapi juga modul dengan baterai tambahan, yang terhubung melalui konektor pada panel belakang. Ini sangat diperlukan, karena kapasitas baterai internal hanya 2630 mAh.

Sebuah HP yang cocok untuk game berat, spesifikasi paling mengagumkan lainnya termasuk modul NFC, Android 8.0 Oreo, RAM 6GB, penyimpanan 128GB, dan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Sekedar informasi Snapdragon 835 ini adalah sebuah chipset yang biasa digunakan oleh ponsel kelas premium dengan banderol harga mulai dari Rp 5 sampai Rp 11 jutaan. Termasuk Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note 8, Google Pixel 2, Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi Mix 2, HTC U11, OnePlus 5 dan masih banyak lagi.

ratel cell r1020

SoC atau system on chip Snapdragon 835 merupakan chip 10nm pertamanya, yang diumumkan oleh Qualcomm Technologies Inc pada akhir November 2016.

Qualcomm juga mengkonfirmasi bahwa chip baru tersebut berasal dari kolaborasi dengan Samsung Electronics dan akan dibangun menggunakan proses FinFET 10nm oleh Samsung.

Snapdragon 835 10nm bahkan lebih kecil dari pendahulunya, Snapdragon 82nm 14nm. Ini adalah pencapaian besar karena Samsung adalah produsen pertama yang membangun chip 10nm, bahkan lebih cepat dari Intel dan TMSC.

Chip yang lebih kecil akan menyisakan ruang untuk fitur lain, rumah baterai yang lebih besar, atau hanya untuk membuat perangkat lebih kecil dan lebih ramping.

ratel cell antutu

Dibandingkan dengan Snapdragon 821, 835 mencapai peningkatan efisiensi area 30%, kinerja 27% lebih tinggi, dan konsumsi baterai 40% lebih sedikit. Desain yang lebih maju akan memberi kita peningkatan masa pakai baterai yang signifikan.

Ini juga memiliki fitur Quick Charge 4.0 yang dapat memberi smartphone kita tambahan 5 jam penggunaan dengan hanya 5 menit pengisian daya atau mencapai 50% dalam 15 menit. Dan kabar baiknya adalah Quick Charge 4.0 kompatibel untuk pengisian USB Type-C.

Nah, ini bisa menjadi pilihan hp gaming dengan Snapdragon 835 yang termurah untuk saat ini. Berdasarkan pantauan kami, ponsel ini bisa di dapatkan di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee hanya dengan banderol harga Rp 1,6 juta saja. Belum puas dengan ulasan singkat di atas? mari kita lihat lebih jauh lagi spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Layar dan Desain

hp ratel cell
Hadir dengan desain resolusi layar FHD+ 1080 x 2160 piksel aspek rasio 18:9, dibekali bentang layar IPS dengan 16m warna.

Bodinya ini terbilang unik, sehingga berbeda dengan ponsel lainnya. Ponsel ini di desain khusus untuk gaming, dengan ukuran layar 5.2 Inci.

Kamera dan Jaringan

hp ratel cell harga

Meskipun belum mendukung teknologi 5G, namun smartphone ini tampaknya sudah cukup bagus dikelasnya karena telah dibekali dua slot sim dengan dukungan 4G LTE.

Selain itu juga ad kamera belakang yang sudah lumayan mumpuni yakni 16MP dan kamera depan dengan resolusi 8MP.

Platform dan Memori

ratel cell spek

Bukan kaleng-kaleng, HP ini didukung Chipset Snapdragon 835. Sebuah chipset yang cukup bertenaga hasil kerjasama Qualcomm dengan Samsung Electronic.

Chipset ini biasanya sering digunakan ponsel kelas atas salah satunya Samsung Galaxy S8, OnePlus 5, Xiaomi Mi 6 dan lainnya yang banderol harganya cukup mahal yaitu diatas 5 juta.

Selain itu, HP gaming jepang ini memiliki sebesar RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB yang biasa terdapat pada smartphone kelas preium.

Fitur dan Baterai

ratel cell specs

Kinerja HP gaming sudah pasti sangat berat, namun kekurangannya adalah hanya memiliki kapasitas baterai 27000 mAh yang pastinya kurang besar jika dibandingkan dengan ponsel gaming pada umumnya.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, Ratel Cell tampaknya telah didukung oleh fitur fast charging sehingga pengisian daya akan menjadi lebih cepat.

HP Ratel Cell Buatan Mana?

ratel cell bekas

HP gaming termurah ini telah lulus beberapa badan sertifikasi, berdasarkan ketentuan regulasi radio dan bisnis telekomunikasi Jepang. Ponsel ini sudah ditunggu lama dan kabarnya akan dirilis di Jepang.

Tetapi sudah lebih dari satu setengah tahun berlalu sejak sertifikasi pertama telah disahkan masih belum juga diluncurkan. Dan bisa di pastikan gagal dirilis, sehingga sangat mungkin sertifikasi tersebut akhirnya ditinggalkan.

Setelah kami telusuri Ratel Cell R1020 beredar di Indonesia, sebenarnya smartphone ini sudah tidak diproduksi lagi oleh Mixi. Sekedar info, Mixi merupakan situs jejaring sosial asal Jepang yang didirikan oleh Mixi Inc pada 1999.

Oleh karena itu, ketika kami menyelidiki status distribusi Mixi Ratel Cell di Indonesia ternyata tidak dijual secara resmi. Kemungkinan ada distributor lokal yang mendapatkan stok langsung dari produsennya dan kemudian dijual dalam jumlah besar di beberapa marketplace.

Berdasarkan informasi sertifikasi, telah dipastikan bahwa semua produksi HP Ratel Cell oleh Wistron Taiwan. Tampaknya proses diproduksinya berlangsung di China yang dioperasikan oleh anak perusahaan Wistron.

Perusahaan ini juga telah melakukan ekspor ponsel ini dari Indonesia dijual di Malaysia dan Vietnam. Namun perusahaan mana yang bertanggung jawab atas pembuatan dan jalur distibusi keluar tersebut hingga sekarang belum teridentifikasi.

Kesimpulan Secara Keseluruhan dari Ratel Cell

ratel cell bekas

Hp gaming termurah ini memang sangat cocok menjadi pilihan bagi pecinta gaming yang memiliki budget minim namun ingin memiliki smartphone gahar. Kelebihannya adalah banderol harga yang sangat murah hanya dengan 1 jutaan saja, tapi sudah bisa memboyong HP buatan Jepang yang terkenal tangguh.

Namun menurut pengalaman dari beberapa pengguna, Ratel Cell ini punya beberapa kekurangan yaitu salah satunya bagian layar cepat rusak dengan ditandai kemunculan ghost touchscreen. Menurut kami sih hal ini wajar ya, selain harganya yang dibawah pasaran usia pakai ponsel juga bisa menjadi penyebabnya.


Rekomendasi: