Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba di 2019

1311

Internet membuka banyak sekali peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Cukup bermodal laptop dan koneksi internet Anda bisa memulai bisnis online. Anda bahkan bisa bebas bekerja dimanapun dan kapanpun, karena tidak ada keterikatan seperti jika Anda bekerja di kantor. Tak heran jika sekarang ini bisnis online diminati banyak orang.

Ide Bisnis Online 2019
Ide Bisnis Online 2019, Photo: unsplash.com

Ada banyak ide bisnis online yang bisa Anda jalankan, berikut beberapa ide bisnis untuk membantu Anda memulai perjalanan bisnis online.

Blogger

Bagi sebagian besar orang, blogging sudah bukan hal yang asing. Pada awalnya blog merupakan sarana seseorang untuk menyalurkan ekspresi baik melalui tulisan maupun gambar namun bisa dibilang blog sekarang telah berevolusi.


Blogging semakin populer terutama di jaman serba konten seperti sekarang, dan merupakan salah satu alat terbaik untuk SEO (Search Engine Optimization). Selain itu Anda juga bisa membangun komunitas melalui blogging, terutama jika topik atau tema blog Anda niche, misalnya tentang motor, teknologi, atau kecantikan. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan melalui blog.

Perusahaan atau brand sekarang ini sudah banyak yang memanfaatkan blog sebagai sarana marketing produk atau jasa dan untuk meningkatkan awareness konsumen terhadap produk mereka.

Hal ini tidak mengherankan terlebih karena sekarang ini konsumen sering melakukan riset secara online sebelum membeli produk. Blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menggunakan google adsense atau jasa pihak ketiga seperti media.net, propellerads untuk memonetisasi blog.

Membuat blog juga bisa dibilang tidak susah dan mahal, cukup bermodal web hosting, domain, dan CMS seperti WordPress, Anda sudah bisa blogging secara profesional. Beberapa tips sebelum memulai blog.

  • Pastikan Anda tahu tema blog dan sasaran blog sehingga Anda bisa merencanakan konten dengan baik
  • Lakukan riset untuk mengetahui konten apa saja yang diminati pengunjung website
  • Pilih web hosting untuk blog yang sesuai dengan kebutuhan saat dan memiliki opsi scale up di masa depan seiring dengan perkembangan blog
  • Pilih nama domain unik namun mudah diingat dan menggambarkan isi blog
  • Desain blog sederhana, modern dan mudah dibaca lebih disukai pengunjung

Youtuber

Jika Anda tanyakan kepada generasi milenial dan bahkan yang lebih muda apa cita-cita mereka, pasti ada saja yang menjawab ingin menjadi youtuber. Youtube merupakan salah satu platform paling populer di seluruh dunia, dengan pengguna aktif hampir 2 milliar pada tahun 2018.

Youtube hadir menawarkan konten-konten video edukasional maupun hiburan. Bisa dibilang sekarang ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu menonton video di youtube dibanding TV. Youtuber bisa mendaftarkan akun untuk bisa dimonetisasi dengan mendaftar Youtube Partner Program.

Freelancer

Bosan bekerja kantoran? Ingin bekerja dari rumah dengan jam kerja fleksibel? Maka Anda bisa mempertimbangkan opsi freelancer. Sekarang ini banyak sekali digital nomad yang memilih bekerja sebagai freelancer sambil travelling.

Freelancer diminati karena fleksibilitas dalam bekerja. Pekerjaan yang bisa Anda temukan sebagai freelancer juga tidak terbatas. Anda perlu menyiapkan portofolio yang menunjukkan kemampuan dan keahlian Anda untuk bisa bersaing dengan freelancer lain.

Manfaatkan upwork.com, freelancer.com, simplyhired.com atau website-website freelancer lain untuk menemukan proyek yang sesuai keahlian Anda.

Dropshipper

Ingin berjualan online tapi tidak memiliki modal untuk membuat produk sendiri? Anda bisa menjalankan bisnis drop-shipping. Dengan metode bisnis Anda tidak perlu pusing mengurusi masalah modal, dan inventaris barang. Saat pembeli memesan suatu produk, Anda menghubungi pihak ketiga, dalam hal ini bisa dropshipper atau manufaktur untuk mengirimkan barang ke pembeli Anda.

Affiliate Marketer

Afiliasi marketing cocok menjadi pilihan jika Anda suka melakukan review produk dan memiliki jumlah following yang cukup besar. Anda bisa mendapatkan komisi setiap kali ada orang membeli produk yang Anda iklankan dengan menggunakan link atau kode spesifik.

Podcaster

Dalam beberapa tahun terakhir, podcast semakin populer. Secara sederhana, podcast adalah episode program rekaman audio seseorang yang diunggah di internet dan bisa diunduh dan didengarkan oleh siapa saja.

Topik podcast pun sangat bervariasi. Anda bisa membuat podcast berisi obrol ringan sehari-hari, politik, sosial, buku, finansial, tergantung pada minat. Sebagian besar mungkin memulai podcast sebagai hobi namun bukan tidak mungkin Anda memonetisasi podcast terutama jika podcast didengarkan oleh banyak orang.

Podcaster bisa mendapatkan penghasilan melalui advertising dan sponsorship, dimana ditengah-tengah podcast, presenter akan menawarkan atau membicarakan suatu produk atau layanan. Selain itu Anda juga bisa menawarkan konten premium dan bebas ads untuk siapa saja yang ingin berlangganan podcast.

Designer

Di era serba visual sekarang ini, permintaan untuk desainer sangat besar. Jika Anda memiliki kemampuan desain, baik desain grafis atau desain web maka Anda bisa menawarkan jasa Anda ke orang atau perusahaan.

Demikian beberapa ide yang bisa Anda coba jika tertarik untuk memulai perjalanan bisnis online. Semua relatif mudah, cepat, dan tidak membutuhkan modal besar. Apakah Anda memiliki ide bisnis online lain?


Rekomendasi: