Selain Foto Selfie Otomatis, Ini Yang Bisa Dilakukan Oke Google

565

OK Google merupakan sebuah perintah suara yang bekerja melalui aplikasi Google Now, yang tersedia untuk Android dan iOS. Jika perangkat kamu adalah Android, aplikasi itu biasanya sudah terpasang secara default.

Cara Mengaktifkan Ok Google
Cara Mengaktifkan Ok Google

Karena perangkat Android rata-rata sudah memilikinya, untuk mencobanya kamu dapat mengaksesnya dengan cara menahan tombol Beranda atau menemukan aplikasi Google di pengaturan smartphone.

Dalam versi Android dan iOS, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dan kamu dapat mengatur suara untuk menjalankan smartphone yang dimulai dengan perintah “OK Google” tanpa menyentuh ponsel kamu.


Sebenarnya ada banyak perintah suara yang tersedia, namun sayangnya tidak semuanya berfungsi dengan benar dan juga ada yang hanya berfungsi di wilayah tertentu saja.

Dalam hal ini kami akan mengulas fitur yang dapat berfungsi di seluruh dunia, dan juga berjalan normal tanpa di semua perangkat. Nah, apa saja fungsi tersebut? Berikut ini akan kami jelaskan.

Untuk Panggilan Telepon dan Teks

Cara ini sangat mudah dan berguna, jadi jika belum menggunakannya kamu perlu mencobanya. Google dapat memanggil siapa saja di daftar kontak atau bisnis di sekitar kamu. Hanya dengan mengatakan “ hubungi kontak” atau “ hubungi bisnis” untuk memulai panggilan.

Jika nama tersebut muncul satu kali di daftar kontak kamu, aplikasi tersebut akan segera memulai panggilan. Namun jika memiliki lebih dari satu nomor atau ada beberapa bisnis yang menjawab dengan nama yang sama, kamu akan diminta untuk memilih salah satu yang ingin di panggil.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan perintah “kontak teks” untuk memulai pesan teks dan dapat mendiktekan pesan teks tersebut. Misalnya, coba ucapkan “teks < kontak> Saya akan segera ada di sana”.

Yang harus kamu lakukan adalah memilih aplikasi yang ingin digunakan untuk mengirimkannya dan juga dapat mengedit isi teks itu juga.

Satu-satunya kekurangan dari kedua fitur ini adalah Google Now tidak bisa melakukan pekerjaan yang baik dalam memahami nama, jika nama yang ada tidak dalam bahasa baku yang benar.

Untuk Mendapatkan Arah

Mungkin selama ini kamu sudah tahu jika ingin menanyakan arah ke mana saja bisa menggunakan Google Maps. Meskipun mereka tidak menggunakan Android, aplikasi ini merupakan metode navigasi terbaik untuk banyak pengguna.

Tetapi tahukah kamu bahwa Ok Google dapat menjalankan perintah dengan lebih mudah? Untuk memulai, kamu dapat menggunakan perintah petunjuk arah ke tujuan, arahkan ke tujuan, dan juga bagaimana cara menuju ke tujuan.

Kemudian katakan alamat yang tepat atau nama tengaran, dan sebagian besar peluang Google akan mengenalinya. Jika ada beberapa tempat dengan nama yang mirip, selanjutnya kamu akan tersedia pilihan yang paling tepat sebelum beralih ke Google Maps untuk arah yang sebenarnya.

Mau jalan-jalan ke suatu tempat? Bersepeda di suatu tempat? Gunakan transportasi umum? Juga tidak ada masalah. Perintah sederhana seperti “petunjuk arah berjalan ke tujuan” atau “petunjuk arah transit ke tujuan” akan membawamu ke jalur yang benar.

Sebagai bonus, kamu juga dapat menggunakan perintah “peta” dengan alamat, nama, kota, dll, untuk membuka Google Maps, atau meminta Google “dimana saya” untuk mendapatkan peta lokasi dimana kamu berada saat ini.

Untuk Acara dan Pengingat

Kamu dapat menggunakan perintah suara untuk membuat apapun dari acara di Google kalender, pengingat, alarm, hingga catatan dan semua itu cukup menggunakan perintah yang sederhana.

Saat membuat pengingat, yang harus kamu katakan adalah “ingatkan saya untuk” dan kemudian katakan apa yang kamu inginkan untuk mengingatkan dan kapan.

Misalnya, “ingatkan saya untuk mencuci mobil pada hari Sabtu”. Google akan mengatur pengingat untuk “mencuci mobil”, dan mengaturnya untuk hari yang tepat dan juga dapat menambahkan waktu yang di inginkan. Setelah mengatur pengingat, kamu dapat menemukannya lagi di Pengaturan -> Barang Saya.

Pengingat bisa menjadi lebih rumit jika kamu menggunakan geo-lokasi, misalnya jika kamu mengatakan hal-hal seperti “ingatkan saya untuk memberi makan kucing ketika saya pulang”. Nah, jika Google tidak tahu dimana rumahmu berada, untuk memudahkan kamu dapat menetapkan lokasi dulu untuk diingat.

Selain itu, dapat bekerja dengan bisnis juga. Misalnya, “ingatkan saya untuk membeli telur ketika saya sampai di toko”. Terkadang, Google tidak akan mengenali tempat dan hanya akan berusaha mengatur pengingat reguler.

Jika kamu ingin menulis catatan singkat untuk diri sendiri, kamu dapat menggunakan perintah “perhatikan untuk diri sendiri” dan mendikte catatan. Kemudian dapat menyimpannya di Google Keep, atau aplikasi lain yang kamu gunakan untuk tujuan tersebut.

Menyetel acara sangat mirip, meskipun saya tidak dapat mengatur agar Google memahami saya dan juga untuk pengingat. Untuk membuat acara, ucapkan “buat acara” atau “buat acara kalender”, dan sebutkan nama acara, hari, tanggal dan waktu.

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengatur alarm, cara juga sangat mudah hanya dengan mengatakan “set alarm” dan menentukan waktu. Misalnya, “setel alarm hingga 3 jam dari sekarang”.

Untuk Navigasi Dalam Smartphone

Google Now dapat diperintah untuk membuka halaman Web yang ingin di jelajahi dan bahkan untuk membuka sebuah aplikasi di smartphone. Meskipun masih lebih mudah dengan mengetuk ikon aplikasi secara langsung, namun cara ini yang pasti lebih menyenangkan.

Untuk membuka aplikasi, katakan “buka” dan diikuti nama aplikasi yang ingin diluncurkan. Untuk masuk ke halaman Web, katakan “pergi ke” dan berikan Google URL. Misalnya, jika Anda mengatakan “go to berbagiteknologi.com”, browser akan segera terbuka tanpa menyentuhnya.

Untuk Menulis Email dan Posting ke Google+

Aplikasi ini dapat mengingatkan kamu untuk melakukan berbagai hal, seperti dapat menulis seluruh email tanpa pernah meluncurkan aplikasi email.

Cara ini tidak direkomendasikan untuk email panjang karena sering terjadi kesalahan, namun jika hanya mengirim satu atau dua baris saja, kamu dapat dengan mudah melakukan ini dengan Google Now.

Untuk menggunakan cukup ucapkan “email” atau “kirim email” dan tentukan kontak. Kemudian akan memulai email, katakan sesuatu misalanya “email kakak pesan halo saya akan segera datang untuk mengunjungi kamu”.

Dengan cara yang hampir sama, kamu juga dapat membuat posting di Google+ dengan mengatakan “poskan ke Google plus”.

Untuk Mengajukan Pertanyaan

Ketika membutuhkan, semua orang biasanya akan bertanya menggunakan mesin pencari Google, dan kamu juga dapat mengajukan suatu pertanyaan menggunakan Google Now untuk mendapatkan jawaban.

Misalnya mencoba tanyakan hal-hal seperti “Apakah akan hujan turun?”, “Berapa rate 1 dolar dalam IDR?”, “Berapa 54 kali 23?”, “Bagaimana status penerbangan dengan tujuan ke kota ini?” Dan bahkan hal-hal seperti “Kapan pertemuan saya selanjutnya? ”.

Selain itu, kamu bahkan bisa mengatakannya untuk “tunjukkan foto-foto kucing lucu” atau “tunjukkan hasil skor pertandingan” dan Google Now akan melakukannya.

Bagaimana guys, apakah kamu tertarik mencobanya? saat ini aplikasi perintah suara Google Now telah tersedia dalam bahasa Indonesia yang dapat di download secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.


Rekomendasi: