Baterai HP Boros? Ini Cara Menghemat Baterai Dengan Smart Manager

5587

Smart Manager merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai Samsung yang telah tersedia pada perangkat Samsung Galaxy terbaru yang bisa berfungsi untuk mengontrol penggunaan baterai.

Cara Menghemat Baterai Dengan Smart Manager
Cara Menghemat Baterai Dengan Smart Manager

Apa penyebab baterai HP boros dan solusinya? Tak perlu khawatir guys karena jika kita tahu cara mengaturnya dengan benar, aplikasi smart manager ini terbukti dapat menghemat baterai hingga mencapai 25% dibanding sebelumnya.

Salah satu faktor yang membuat Android boros baterai adalah banyaknya aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis di background. Seperti komputer, pada dasarnya ponsel juga memerlukan perawatan sistem khusus secara berkala, sehingga akan mendapatkan performa terbaik.


Hal ini termasuk bagian keamanan, penyimpanan internal, kontrol penggunaan RAM, hingga untuk menghemat pemakaian baterai.

Jika kamu adalah pengguna perangkat Samsung Galaxy, nantinya akan menemukan aplikasi yang bernama Smart Manager yang dirancang secara khusus untuk menangani berbagai masalah tersebut.

Beberapa fitur penting yang sangat berguna diantaranya adalah optimasi penggunaan baterai, optimasi kapasitas penyimpanan internal, optimasi RAM, dan optimasi keamanan.

Untuk mengontrol penggunaan baterai, Smart Manager dibekali fitur khusus yang dapat menghentikan sebuah aplikasi rakus yang sedang berjalan di latar belakang yang meminimalisir konsumsi baterai.

Fitur tersebut diantaranya adalah Automatically Optimizing, Always Optimizing, Power Saving Mode, Ultra Power Saving Mode, dan Disable For.

Sementara untuk bagian penyimpanan internal dan RAM, ada fitur untuk optimasi yang sangat mudah digunakan. Fitur ini cara kerjanya adalah dengan menghapus file yang tidak berguna seperti cache browser dan penggunaan kapasitas RAM yang berlebihan.

Selunjutnya adalah bagian keamanan, Smart Manager bisa berfungsi sebagai pemindai otomatis untuk mendeteksi malware. Sehingga pengguna akan mendapat peringatan saat perangkat berpotensi terinfeksi malware.

Pada perangkat lain aplikasi jenis ini sebenarnya telah tersedia secara default namun dengan nama yang berbeda. Misalnya pada Xiaomi yang memiliki aplikasi bernama kemaanan dengan fungsi yang hampir sama, yang bekerja seperti 360 security dan Ccleaner.

Samsung yang sedang gencar untuk mengatasi keluhan bloatware, memang terus mengembangkan fitur terbaru yang dapat meningkatkan kinerja perangkatnya.

Saat ini, aplikasi Smart Manager telah bergeser menjadi serangkaian pengaturan default di dalam menu. Nah, jika kamu ingin menghemat baterai pada perangkat Samsung Galaxy, ikuti langkah berikut ini.

Untuk memulai langkah pertama adalah masuk ke menu Smart Manager, yang telah tersedia di perangkat Samsung Galaxy kamu.

Langkah kedua pilih “Baterry”, kemudian “Detail” dan akan muncul pilihan yaitu “Power Saving Mode” dan “Ultra Power Saving Mode” pilihlah sesuai kebutuhan.

Selain itu, untuk menghemat baterai pada Samsung Galaxy juga perlu menggunakan fitur yang bernama “Optimizing”, cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau menjalankan sebuah aplikasi tak berguna yang sedang berjalan di latar belakang.

Untuk memulai, pilihlah daftar aplikasi yang jarang digunakan dan ingin dihentikan, kemudian pilih “Always Optimizing”, dengan menghentikan aplikasi yang jarang kamu gunakan tersebut nantinya akan menambah kinerja smartphone menjadi lebih baik.

Itulah cara menghemat baterai Samsung yang bisa kamu coba sendiri dengan mudah. Jika selama ini kamu memiliki masalah dengan daya tahan baterai yang cenderung boros, ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasinya.


Rekomendasi: