Masih Perlu Dipasang, Ini 5 Anti Virus Android Terbaik 2018

631

Program anti virus memang selama ini sangat penting untuk sistem operasi desktop seperti Windows dan Mac. Namun, bagaimana dengan perangkat seluler seperti Android? Apakah masih perlu menginstal aplikasi anti virus di ponsel.

Anti Virus Android Terbaik 2018
Anti Virus Android Terbaik 2018

Banyak orang berpikir aplikasi antivirus untuk Andoid tidak berguna, mengapa harus membebani kinerja smartphone, jika sebagian besar malware dapat dihindari dengan cara memasang aplikasi dari Play Store.

Tapi masalahnya, ada sekitar 3,5 juta aplikasi Android berbahaya yang telah ditemukan tahun lalu dan berhasil lolos masuk ke Play Store. Karena jumlah ini terus meningkat, dapatkah Anda benar-benar bergantung pada cara manual untuk melindungi perangkatmu.


Baru-baru ini, Google menghapus 36 aplikasi yang penuh dengan malware yang di toko aplikasi resminya yaitu Play Store. Tak hanya itu, beberapa bulan sebelumnya Google juga telah menghapus 300 aplikasi yang terinfeksi dapat digunakan untuk melakukan serangan DDoS.

Nah setelah kejadian tersebut, Google langsung meningkatkan program Play Protect terbaru dengan tingkat deteksi hanya dengan 48,5% yang tampaknya tidak cukup. Jika Anda benar-benar ingin aman, pengguna memerlukan aplikasi anti virus untuk memberikan perlindungan yang gagal terdeteksi oleh Google.

Kemudian setelah ada aplikasi terinfeksi malware yang ditemukan di Play Store beberapa kali, Google kembali memutuskan untuk melakukan update besar terhadap keamanan dengan program Play Protect. Pembaruan keamanan ini adalah kombinasi dari scanner anti virus dan aplikasi Find My Phone, yang menawarkan perlindungan dari peretas dan pencurian data.

Anti virus Play Protect memberikan perlindungan dalam beberapa cara yang berbeda. Aplikasi dan pembaruannya nantinya akan dipindai saat diunggah ke Play Store, dan akan dihapus jika terdeteksi kode yang mencurigakan.

Google juga memindai aplikasi sebelum terinstal di perangkat Anda untuk memverifikasi kembali bahwa Anda tidak menginstal malware. Selain itu, Google juga memindai aplikasi yang dipasang dari luar Play Store termasuk toko aplikasi pihak ketiga.

Seperti yang telah diketahui Google memang telah melakukan pencegahan dengan Play Protect, dan baru menghapus aplikasi tersebut jika ada jutaan perangkat yang terinfeksi malware, adware, dan ransomware.

Sehingga, saat ini diperkirakan masih banyak ratusan aplikasi terinfeksi malware yang berhasil lolos masuk ke Play Store. Berikut ini adalah 5 anti virus terbaik untuk Android yang perlu kamu pasang.

1. 360 Security – Junk Cleaner

Perlukah android dipasang
Perlukah android dipasang

360 Security merupakan salah satu anti virus terbaik lainnya untuk Android, yang sangat dipercaya oleh banyak pengguna dan telah memiliki jumlah unduhan yang besar. Aplikasi ini akan memberi Anda banyak alasan mengapa itu harus menjadi aplikasi yang harus dimiliki di ponsel Anda.

Selain perlindungan real-time, juga telah mengintegrasikan fitur Intruder Selfie yang dapat langsung menjepret foto siapapun yang mencoba membobol perangkat Anda, dan juga memiliki sistem pengunci sidik jari.

Fitur utama termasuk perlindungan virus, pembersih sampah, penambah kecepatan, layar kunci yang memiliki beberapa fungsi, pendingin CPU, perlindungan anti-pencurian, dll. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store dengan pembelian dalam aplikasi dan menampilkan iklan.

2. Avast Mobile Security & Antivirus 2018

Apakah android perlu antivirus
Apakah android perlu antivirus

Avast selama ini dikenal telah melindungi banyak pengguna di seluruh dunia pada lintas platform. Raksasa anti virus ini memiliki aplikasi gratis untuk pengguna Android yang memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Play Store. Memiliki beberapa pembelian dalam aplikasi dimana Anda dapat menghapus iklan dan mengakses fasilitas penting, dengan beberapa fitur lanjutan lainnya seperti keamanan SIM, jebakan kamera, dll.

Untuk versi gratis juga sudah cukup, karena telah mengintegrasikan beberapa fitur tambahan seperti blocker panggilan, Anti-pencurian, penghemat daya, penguat RAM, Pembersih Sampah, Firewall untuk perangkat Android yang di root, pelindung Web, pemindai Wi-fi, dan enkripsi foto yang memungkinkan Anda untuk mengamankan foto pribadi Anda dengan kode PIN.

Dengan sekali ketuk, anti virus akan memindai aplikasi berbahaya, terinfeksi, trojan, dan memberikan perlindungan lengkap terhadap spyware dan virus. Dengan semua fitur fantastis ini, keamanan Avast Mobile adalah pesaing yang layak untuk anti virus gratis terbaik untuk Android.

3. Kaspersky Mobile Antivirus: AppLock & Web Security

Pentingkah antivirus di android
Pentingkah antivirus di android

Kaspersky juga merupakan program keamanan yang luar biasa pada lintas platform dan salah satu aplikasi anti virus terbaik untuk Android. Bahkan menurut AV-Test, aplikasi ini mampu bekerja sangat bagus dalam mendeteksi malware dengan tingkat deteksi 99,9%.

Tersedia versi gratis dengan pembelian fitur premium dalam aplikasi dan versi berbayar. Versi gratisnya memiliki fitur pemindaian aplikasi secara manual untuk malware dan virus, dan fitur premiumnya termasuk perlindungan real-time, anti-pencurian, anti-phishing, dan loker aplikasi untuk memberikan perlindungan ekstra ke aplikasi penting Anda.

4. Norton Security and Antivirus

Antivirus android
Antivirus android

Versi terbaru dari antivirus Norton menawarkan fitur keamanan Android yang cukup bagus bahkan dalam versi gratis. Aplikasi ini sebagian besar memberikan tingkat deteksi 100% dan mampu menghapus malware, spyware, atau virus Android yang dapat memperlambat perangkat Anda.

Selain itu, juga dapat memicu alarm untuk menemukan perangkat Anda yang hilang, mengunci perangkat dari jarak jauh untuk mencegah pencurian data, dan memblokir panggilan atau SMS yang tidak diinginkan.

Jika diperlukan, tersedia juga aplikasi terpisah yang seperti pengunci aplikasi dan pengelola kata sandi yang tersedia secara gratis di Play Store. Secara keseluruhan, Norton Security tak diragukan lagi sebagai salah satu antivirus paling andal dan terbaik untuk android.

5. Avira Antivirus Security

Manfaat anti virus di android
Manfaat anti virus di android

Anti virus Avira adalah aplikasi keamanan Android yang kurang terkenal, namun sama-sama dapat diandalkan seperti pesaing lainnya. Tersedia fitur lengkap, dan sebagian besar fungsi pentingnya tersedia dalam versi gratis.

Dalam hal perlindungan virus dan privasi, aplikasi bahkan dapat memindai unit penyimpanan eksternal dan menunjukkan bagaimana setiap aplikasi pada skala privasi. Tak hanya itu, ada juga fitur pelacak ponsel yang dapat melacak lokasi ponsel Anda ketika diperlukan.

Sedangkan untuk versi premium, Anda bisa mendapatkan perlindungan ekstra seperti perlindungan keamanan dengan kamera, keamanan peramban tambahan. Fitur-fitur ini dapat dibeli dengan mudah dari pembelian aplikasi.


Rekomendasi: