Sering Typo Saat Chat? Ini Cara Menggunakan Autocorrect Yang Benar

634

Fitur autocorrect memang bisa menjadi penyelamat Anda dari kesalahan ketik yang memalukan dalam aplikasi seperti WhatsApp, BBM dan lainya. Namun hal yang sebaliknya juga bisa terjadi, Autocorrect juga bisa menjadi mimpi buruk sangat menyeramkan atau memalukan karena sering typo.

Cara Menggunakan Autocorrect Yang Benar
Cara Menggunakan Autocorrect Yang Benar

Sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang bisa perlu Anda coba untuk menghindari kesalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan menambahkan singkatan atau kata yang tepat dalam kamus pribadi Anda, sehingga Anda dapat mengendalikan kembali aktivitas perpesanan Anda.

Dalam beberapa kasus, biasanya telah tersedia pilihan untuk menambahkan kata baru langsung ke aplikasi. Prosesnya tergantung pada perangkat dan sistem operasinya, misalnya dengan mengetikkan kata yang tidak ada dalam kamus, dan menggantinya dengan kata yang sedikit berbeda.


Ketuk tombol hapus untuk mengembalikannya ke kata asli yang Anda ketik, atau harus mengetik ulang kata asli dari awal lagi. Saat autocorrect bekerja, kata yang dimaksud akan di tanadi garis bawah merah. Ketuk pada kata itu dan Anda dapat memilih add to dictionary atau replace untuk menyimpannya.

Jika Anda menggunakan aplikasi yang tidak menawarkan menu saat Anda mengetuk kata, maka Anda harus masuk ke setelan untuk menambahkannya ke kamus. Pada pengaturan, ketuk bahasa & masukan, lalu kamus pribadi. Kemudian ketuk tombol tanda tambah untuk menambahkan kata baru.

Pada menu tersebut Anda juga bisa menambahkan shortcut opsional, misalnya hbd untuk Happy Birthday. Lebih menariknay lagi, kamus tersebut juga dapat disinkronkan ke perangkat Anda, sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal lagi setiap melakukan pengetikan baru.

Personalisasi Keyboard Pihak Ketiga

Saat menggunakan keyboard pihak ketiga, untuk menambahkan kata-kata baru akan membutuhkan proses yang berbeda. Misalnya jika Anda menggunakan Swiftkey, sebagian besar waktu aplikasi akan belajar dari perilaku Anda dan berhenti memperbaiki kata-kata yang sering Anda gunakan.

Namun jika itu tidak terjadi, Anda bisa menggunakan kotak prediksi, yang muncul di atas keyboard untuk menambahkannya ke kamus secara manual. Pada Swype, Anda dapat menambahkan kata baru dengan mengetuknya di daftar pilihan kata, kemudian tekan lama pada sebuah kata untuk menghapusnya dari kamus.

Jika Anda menggunakan aplikasi Touchpal caranya sedikit berbeda, Anda harus masuk ke setelan aplikasi terlebih dulu. Sedangkan di Fleksy caranya cukup mudah, Anda dapat menggesek ke atas untuk membatalkan autocorrect, dan gesek lagi untuk menyimpan kata Anda ke kamus.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Autocorrect

Tentu saja, Anda tidak perlu menggunakan autocorrect sama sekali jika Anda tidak menginginkannya. Sebagian besar aplikasi pihak ketiga menawarkan pilihan untuk menonaktifkannya, seperti halnya keyboard bawaan Android. Buka setelan, bahasa & masukan, Google Keyboard, dan ketuk koreksi teks.

Disini Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan koreksi otomatis, dan menyesuaikan pengaturan lain seperti memblokir kata-kata yang menyinggung, menunjukkan saran, menyarankan nama kontak, dan menampilkan saran kata berikutnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan saran hasil personalisasi dan data pengetikan Anda untuk memberi saran ejaan pada aplikasi Google lainnya. Selain dapat mengaktifkan dan mematikan pemeriksa ejaan, pada bagian Language & input juga dapat mengubah bahasa secara khusus untuk pemeriksa ejaan.


Rekomendasi: