8 Aplikasi Android Office Terbaik Untuk Meningkatkan Produktivitas

1904

Aplikasi office android apk adalah rangkaian penting yang memungkinkan Anda membuat spreadsheet, dokumen, presentasi, dll di smartphone. Selain itu, aplikasi kantor Android dilengkapi dengan integrasi cloud sehingga Anda dapat mengakses laporan langsung dari cloud server, mengeditnya, atau menyimpannya secara online.

Aplikasi Android Office Terbaik
Aplikasi Android Office Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan produktivitas pengguna Android, Google Play Store memang telah menawarkan banyak pilihan koleksi aplikasi office android terlengkap. Nah, jika Anda bingung untuk memilih mana yang terbaik? Kami akan memberikan Anda daftar aplikasi perkantoran terbaik untuk Android yang bisa dijadikan referensi.

Aplikasi yang kami pilih semuanya gratis, ada yang tanpa iklan, dan ada yang memiliki versi Pro atau fitur tambahan yang tersedia untuk pembelian dalam aplikasi. Anda juga bisa merujuk ke daftar ini jika Anda mencari alternatif Microsoft Office untuk PC Anda.


Berikut ini adalah kompilasi dari aplikasi Android Office terbaik, mulai dari yang ringan, offline, hingga 100% gratis, yang bisa dipilih salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Microsoft Word, Excel, PowerPoint
Pada bulan Juni 2015, Microsoft merilis versi terbaru dari Word, Excel, dan PowerPoint untuk ponsel Android. Mereka langsung menjadi salah satu aplikasi terbaik dan yang telah mendapatkan 50 juta unduhan.

Aplikasi ini hadir sebagai bundel di “Office Hub” di ponsel Windows dan ponsel Android. Namun jika belum tersedia di smartphone, Anda bisa mendownload Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint di Play Store gratis tanpa iklan.

Microsoft Word, Excel, PowerPoint
Microsoft Word, Excel, PowerPoint

Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dimana Anda dapat melihat, mengedit, dan membuat dokumen saat dalam perjalanan. Ini terintegrasi dengan OneDrive, layanan awan Microsoft, dan DropBox. OneDrive secara otomatis menyimpan semua dokumen yang ditulis oleh program Office Mobile.

Selain itu, layar utama Office Hub akan menampilkan daftar dokumen terbaru yang disimpan ke OneDrive. Versi Windows mobile juga memungkinkan pengguna menyimpan file secara lokal di perangkat. Secara keseluruhan, aplikasinya bagus untuk digunakan, dan patut dicoba.

2. Google Drive
Google memberi Anda akses ke semua dokumen Word, Excel, dan PowerPoint Anda di Google Drive. Setelah menyimpan file Microsoft Office di Google Drive, Anda dapat menggunakannya di Office Compatibility Mode (OCM). OCM yang disertakan adalah Sheets, Google Documents, and Slides.

Google Drive
Google Drive

Drive berfungsi sebagai hub. Saat Anda membuka dokumen di Google Drive Anda, secara otomatis akan membuka aplikasi yang sesuai, dan Anda dapat mengeditnya. Antarmuka Google Drive mudah digunakan dan aplikasi tersedia secara gratis tanpa iklan.

3. Polaris Office – Word, Docs, Sheets, Slide, PDF
Polaris Office + PDF adalah aplikasi kantor Android gratis yang sangat baik dengan fitur all-in-one untuk melihat, mengedit, berbagi, dan mengarsipkan semua jenis dokumen kapan dan dimana saja. Ini mampu mengedit format file Microsoft Office PPT/PPTX, DOC/DOCX, XLS/XLSX, HWP, TEXT dan melihat file PDF. Anda juga dapat mentransmisikan dokumen, presentasi, spreadsheet ke Chromecast dari aplikasi ini.

Polaris Office – Word, Docs, Sheets, Slide, PDF
Polaris Office – Word, Docs, Sheets, Slide, PDF

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, dimana mereka memperkenalkan menu yang cukup simple dan konsisten di seluruh aplikasi. Ini juga menawarkan penimpanan cloud miliknya sebagai tempat untuk menyelaraskan semua dokumen Anda. Selain itu, Anda bahkan dapat memilih penyedia penyimpanan awan lainnya seperti Google Drive, Amazon Cloud Drive, Dropbox, dll.

Selain itu, Polaris juga memungkinkan pengguna untuk membuka dokumen yang terkompresi dalam file Zip tanpa mengekstrak arsip. Ini memiliki program yang memungkinkan mengunggah dan mendownload dokumen dari komputer desktop ke perangkat mobile. Aplikasi ini mendukung lebih dari 15 bahasa dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk aplikasi perkantoran utama lainnya.

4. OfficeSuite + PDF Editor
OfficeSuite lebih dari sekadar aplikasi kantor. Ini akan membuka semua jenis file utama dari penyimapanan lokal, dan lokasi jaringan termasuk layanan awan dan bahkan dilengkapi dengan fitur masuk yang disinkronkan dengan semua perangkat Anda. OfficeSuite akan kompatibel dengan banyak dokumen termasuk Microsoft Word, PowerPoint, Excel, dan file Adobe PDF. Selain itu juga mendukung semua format Microsoft dasar seperti DOC, DOCM, DOCX, XLS, XLSM, XLSX, PPT, PPTX, PPSX, PPS, PPSM, PPTM dan juga beberapa format dokumen dan kantor tambahan seperti TXT, RTF, ZIP dan lainnya.

OfficeSuite + PDF Editor
OfficeSuite + PDF Editor

Aplikasi ini akan mengintegrasikan file manager untuk sinkronisasi tingkat lanjut dan akses cepat & mudah ke file lokal dan remote. Aplikasi ini tersedia secara gratis, dan semua fitur penting juga tersedia di versi gratis. Namun, versi pro hadir dengan fitur yang lebih maju. Versi berbayar memungkinkan Anda mengkonversi file ke PDF dan mudah memindai dokumen dan gambar dengan kamera Anda. OfficeSuite ini adalah salah satu aplikasi yang paling mahal.

5. Docs To Go Free Office Suite
Documents To Go sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu hingga sekarang. Ini adalah salah satu aplikasi kantor Android tertua dan terbaik yang ada di pasaran. Ini memiliki antarmuka file explorer sederhana di mana Anda dapat dengan cepat menemukan dan membuka dokumen Anda. Documents To Go berisi semua fitur yang diperlukan seperti pengolah kata, pengeditan spreadsheet, dan pengeditan presentasi.

Docs To Go Free Office Suite
Docs To Go Free Office Suite

Ini adalah aplikasi yang sangat baik untuk melakukan hal-hal penting tanpa banyak persiapan khusus, karena aplikasi tidak memerlukan pendaftaran akun untuk memulai dan akan memberikan Anda kebebasan untuk menyimpan file di manapun Anda memilih. Documents To Go juga memiliki fitur unik yang dapat menunjukkan perubahan trek Microsoft Office.

Anda dapat melihat perubahan yang sebelumnya Anda buat pada dokumen Anda. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, namun opsi untuk sinkronisasi file desktop, yang terhubung ke beberapa akun penyimpanan awan, dan membuka file yang dilindungi kata sandi hanya tersedia dalam aplikasi berbayar.

6. Quip-Docs, Chat, Sheets
Quip adalah aplikasi office Android ringan yang memberi pengguna kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain di dokumen, spreadsheet, dan bahkan to-do list. Lebih menarikanya lagi, Anda bisa dengan mudah membuat dokumen dan mengundang orang lain untuk melakukan perubahan.

Quip-Docs, Chat, Sheets
Quip-Docs, Chat, Sheets

Aplikasi ini dapat menangani semua jenis dokumen kantor termasuk slide, spreadsheet dan mendukung semua jenis perangkat Android. Tapi, aplikasi bukan pilihan terbaik untuk digunakan jika Anda ingin membuat atau mengedit presentasi.

Quip memiliki antarmuka yang apik dan intuitif untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur chat untuk berkolaborasi. Semua dokumen yang dibuat di Quip dapat diekspor ke aplikasi lain seperti DropBox, Google Drive, EverNote, dan lainnya. Aplikasi ini tersedia gratis untuk diunduh dan juga berfungsi di komputer Mac dan PC Windows.

7. SmartOffice – View & Edit MS Office files & PDFs
SmartOffice adalah salah satu pilihan aplikasi kantor untuk Android yang memiliki fitur lengkap dan mudah dioperasikan. Anda dapat membuat, mengedit, melihat, dan berbagi dokumen Microsoft Office langsung dari smartphone Anda. Ini memungkinkan fitur pengeditan yang lengkap beserta gaya pemformatan yang kaya seperti huruf tebal, miring, warna font, dll. Anda dapat mengakses file dari MS, powerpoint, spreadsheet, dll. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan dokumen dalam format asli atau mengubahnya menjadi PDF.

SmartOffice – View & Edit MS Office files & PDFs
SmartOffice – View & Edit MS Office files & PDFs

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan user-friendly dan Anda dapat membuka serta menyimpan dokumen ke cloud server. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengamankan file pribadi dengan proteksi password. Memiliki dukungan untuk lebih dari 35 bahasa yang berbeda. Keunggulan dari aplikasi ini adalah gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi.

8. WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet
Aplikasi yang dulu dikenal sebagai Kingsoft, WPS Office adalah untuk Writer, Presentation, dan Spreadsheets. Ini adalah salah satu aplikasi kantor Android terbaik yang mendukung semua fitur penting Microsoft Office yang dibutuhkan di ponsel. Aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka yang simple dan mudah digunakan di mana Anda dapat membuat Presentasi, lembar Excel, PDF atau MS kompleks seperti dokumen.

WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet
WPS Office – Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet

Alternatif Microsoft Office untuk smartphone ini memiliki lebih dari empat puluh bahasa, terintegrasi dengan EverNote dan mendukung pencetakan nirkabel. Ini dapat membuka dokumen dari banyak sumber lokal dan mengakses dan menyimpan file ke penyedia penyimpanan cloud lainnya. Selain itu, juga bisa membantu enkripsi dokumen untuk menghubungkan kata sandi dengan dokumen.

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi Android ini adalah terdapat iklan dan tidak ada cara untuk menghilangkan iklan dengan membayar. Namun, aplikasi ini tersedia secara gratis dan merupakan aplikasi kantor Android yang diperlukan.


Rekomendasi: