Snapdragon 700 SoC dengan Kinerja Teratas Untuk Ponsel Murah

582

Qualcomm telah mengumumkan sebuah lineup SoC terbaru yang disebut Snapdragon 700 pada MWC 2018. Kehadiran ini dikatakan untuk menawarkan keseimbangan antara chipset kelas menengah Snapdragon 600 dan kelas atas yakni seri Snapdragon 800.

Qualcomm Snapdragon 700
Qualcomm Snapdragon 700

Platform mobile, seperti Qualcomm memang membutuhkan jalan tengah antara harga dan kinerja. Seri 700 ini akan menggabungkan fitur premium yang tersedia di seri 800, namun tetap dengan harga yang rendah agar sesuai dengan segmen perangkat mid-range.

Terlepas dari upgrade di atas seri Snapdragon 600, Qualcomm mengatakan bahwa seri Snapdragon 700 ini menyediakan pemrosesan perangkat AI hingga 2x lebih cepat dengan bantuan mesin AI multi-core mereka. Jadi, saat ini AI akan menuju perangkat non-flagship, yang memungkinkan perangkat untuk menangani tugas mesin sehari-hari dengan lebih baik.


Fitur AI yang sebelumnya sudah ada untuk perangkat kelas atas yaitu Snapdragon 800 series akan hadir pada seri 700 ini. Salah satu AI tersebut termasuk scene segmentation, face detection, otentikasi, dan speaker recognation.

Selain itu, ada juga fitur yang disempurnakan mencakup dukungan untuk fitur kamera yang lebih baik, efisiensi daya hingga 30%, kinerja yang lebih baik dan masa pakai baterai yang lebih efisien, dan sebagainya.

Semua ini dibandingkan dengan Snapdragon 660 yang merupakan seri paling kuat dalam jajaran seri 600. Namun, itu akan menjadi kurang bertenaga dari seri 800. Snapdragon 700 juga dilengkapi teknologi pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+ yang dapat mengisi baterai 2750mAH mulai dari nol sampai 50% hanya dalam 15 menit.

Tak hanya itu, chipset ini nantinya akan dilengkapi CPU Kyro, prosesor Hexagon Vector dan grafis Adreno. Sedangkan untuk fitur lainnya adalah LTE modem dan Bluetooth 5.0. SoC Snapdragon terbaru ini juga akan dibekali image signal processor Spectra yang akan meningkatkan kualitas kamera terbaik pada pernagkat kelas menengah.

Kemudian ada juga fitur real-time HDR dan slow-motion yang akan dihadirkan di seri 700 ini. Sayangnya, untuk saat ini rincian produk Snapdragon 700 yang sebenarnya memang belum diketahui, Namun Qualcomm mengatakan sampel pertama platform tersebut akan tersedia pada paruh pertama tahun 2018 ini.


Rekomendasi: