Aplikasi Android Siap Berjalan Di Ubuntu Touch Dengan Anbox

689

Canonical mungkin telah meninggalkan pengembangan sistem operasi mobile Ubuntu Touch. Namun project tersebut masih tetap aktif hingga sekarang berkat komunitas pengembang independen Linux yang dikenal dengan UBports.

Ubuntu Touch Mobile OS
Ubuntu Touch Mobile OS

Selama ini UBports memang terus bekerja keras untuk mengatasi keluhan terbesar pengguna Ubuntu Touch, salah satunya adalah keluhan atas kurangnya dukungan aplikasi pada OS tersebut.

Kabar yang terbaru, kelompok tersebut telah mengumumkan kemajuan dalam pengembangan Anbox Project untuk perangkat mobile, yang diharapkan dapat menghasilkan kebangkitan untuk mobile Ubuntu.


Anbox yang merupakan singkatan dari Android-in-a-Box, adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi Android pada perangkat yang menjalankan Ubuntu Touch.

Untuk versi desktop Ubuntu, Anbox memang sudah tersedia dan Anda dapat menginstallnya. Namun untuk Ubuntu Touch, menurut komunitas tersebut saat ini belum ada dan versi pre-alpha dari fitur ini akan segera ditambahkan.

Bagi mereka yang tidak tahu, Anbox ini akan memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Android pada sistem operasi GNU/Linux manapun. Cara kerjanya dengan menggunakan pendekatan berbasis wadah untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja.

Tidak seperti emulator yang menjalankan Android, keunggulan dari pendekatan ini adalah hanya membutuhkan lebih sedikit sumber daya sistem dan akan terintegrasi ke dalam layanan sistem inti GNU/Linux.

Pendekatan ini bisa dibilang sangat menggembirakan karena saat ini ada banyak sekali aplikasi modern yang tidak tersedia di platform Ubuntu Touch. Sehingga menambahkan dukungan untuk aplikasi Android adalah pilihan yang lebih baik, dan akan berpotensi memancing pengembang untuk membuat aplikasi pada platform Ubuntu Touch.

Mengingat fakta bahwa tidak ada aplikasi modern yang tersedia di platform Ubuntu Touch, pendekatan ini nantinya juga akan menguntungkan para pengembang. Secara keseluruhan, perkembangan seputar OS mobile non-Android berbasis Linux mulai menurun pada 2013 dan 2014.

Namun pada tahun 2017 ada beberapa project yang terlihat cukup menggairahkan dalam pengembangan sistem operasi mobile Linux dan alternatif Android. Salah satu project yang diumumkan dalam beberapa bulan terakhir ini adalah tentang postmarketOS, dan sepertinya di tahun 2018 ini akan semakin menarik.


Rekomendasi: