Apakah Perangkat Android Anda Bersertifikasi, Ini Cara Memeriksanya

3246

Dalam ekosistem perangkat yang menjalankan sistem operasi seluler Google, Perangkat Android Bersertifikasi adalah kata kunci baru yang diperkenalkan oleh perusahaan.

Google Play Protect
Google Play Protect

Sebagai upaya untuk membangun kepercayaan pengguna pada produsen dan perangkat Android mereka, sertifikasi memastikan bahwa perangkat Android yang mereka beli dicek untuk kompatibilitas dan tidak menyertakan hal-hal yang berbahaya.

Perangkat Android bersertifikat memiliki label Play Protect yang diluncurkan awal tahun ini, yang menawarkan pemindaian aplikasi otomatis dan fitur Temukan Perangkat Saya.


Google mengatakan mereka memastikan bahwa ponsel dan tablet Android dari mitra perangkat bersertifikat mereka menempel pada model keamanan dan perizinan Android.

Dengan menjalankan serangkaian tes, perusahaan mencoba untuk menghilangkan kemungkinan perangkat yang membawa perangkat lunak perusak atau beberapa versi aplikasi Google pra-instal yang telah dipalsukan.

Bagaimana cara memeriksanya, apakah Anda memiliki perangkat Android bersertifikasi?

Untuk menemukan Android bersertifikasi di toko ritel, menurut sebuah posting blog sebelumnya oleh Google, perangkat yang disertifikasi akan membawa logo Google Play Protect pada kemasannya.

Namun jika Anda sudah memiliki ponsel Android dan ingin memeriksa apakah itu perangkat Android tersertifikasi, Anda dapat melakukannya di aplikasi Google Play.

Buka Google Play -> Setelan. Gulir ke bawah layar Setelan untuk menemukan rincian sertifikasi di bagian Sertifikasi Perangkat. Saat ini, sertifikasi dan juga label Play Protect tersebut telah tersedia pada perangkat Android yang dijual di pasaran.

Saat ini, ada 100 lebih mitra yang telah membuat perangkat Android bersertifikat untuk pasar mereka. Daftar ini mencakup jenis Samsung, Xiaomi, HTC, Motorola, LG, HMD, dll. Anda dapat memeriksa daftar lengkap di sini yang mencakup merek lain yang tidak biasa.

Selain itu, sudah banyak produsen smartphone yang telah memberikan informasi tentang fitur perangkat Android bersertifikasi di web resmi mereka. Alasan utama Google memberikan sertifikasi ini adalah untuk memastikan perangkat Android yang Anda miliki aman dan stabil.

Selain mampu menjamin perangkat yang bebas malware, sertifikasi ini juga akan melakukan beberapa pengujian untuk memastikan aplikasi yang terpasang itu adalah asli.


Rekomendasi: