Sensor Sony Exmor RS IMX230 Setara DSLR di Smartphone

Diposting pada

Sony Mobile memperkenalkan varian sensor kamera terbaru yang ditujukan untuk perangkat smartphone, yaitu Sensor Exmor RS IMX230. Sensor terbaru buatan sony itu diklaim punya kemampuan untuk menghasilkan kualitas foto layaknya kamera DSLR di perangkat mobile.

Sensor Kamera Sony Exmor RS IMX230
Sensor Kamera Sony Exmor RS IMX230

Sony Exmor RS IMX230 memakai sensor jenis CMOS dengan resolusi 21MP dengan ukuran 1/2,4 inci. Sensor itu lebih kecil jika dibandingkan dengan sensor 1/2,3 inci yang sekarang ini telah dimiliki oleh Sony Xperia Z3.

Untuk fitur andalan di sensor itu ialah teknologi sistem autofocus phase detection di 192 titik fokus. Sensor itu jadi sensor CMOS pertama kali di smartphone yang menerapkan teknologi sensor terbaru itu.

Fitur itu befungsi untuk membantu kamera ponsel saat mengambil obyek yang bergerak dengan cepat, tapi tetap terlihat dengan gambar yang tajam. Sensor itu juga punya kemampuan High Dynamic Range untuk keperluan foto dan perekaman video 4K.

Pengguna tentunya akan menjadi lebih mudah saat merekam video atau mengambil foto saat berada dalam pencahayaan dengan tingkat kontras yang cukup  tinggi.

Sensor Exmor RS IMX230 buatan sony ini baru akan tersedia mulai April 2015 tahun depan, dan diperkirakan akan berada pada perangkat ponsel Sony Xperia Z4 terbaru,  yang menurut kabar rencananya juga akan dirilis pada Bulan April 2015 di acara Mobile World Congress 2015.

Selain untuk produk sony sendiri, sensor Exmor canggih buatan Sony ini juga bisa dipakai oleh pabrikan ponsel lain, misalnya Apple, Samsung, dan juga OnePlus One.

Rencananya Sony juga akan membuat Sensor Exmor  untuk versi 16MP, dan akan tetap memiliki kemampuan fitur autofocus yang cepat dan juga mode HDR yang akan diumumkan di penghujung tahun 2015.

Berita Rekomendasi: