Punya Fungsi Penting, Ini Cara Menggunakan Android System Webview

2291

Apa fungsi Android System Webview? Android yang pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian kecil, sehingga ada kemungkinan untuk menemukan banyak aplikasi bawaan yang telah terpasang secara default di perangkat.

Cara Menggunakan Android System Webview
Cara Menggunakan Android System Webview

Salah satunya adalah aplikasi yang bernama Android System Webview yang mungkin sudah pernah melihat tapi belum tahu fungsinya. Apa sebenarnya aplikasi tersebut dan apakah itu merupakan bagian terpenting untuk kinerja perangkat Anda.


Jika ponsel Anda adalah model lama yang memiliki penyimpanan terbatas dan hampir kehabisan ruang, bisa jadi Anda akan mulai untuk mencopot beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Jika Anda tidak tahu apa fungsinya dan betapa pentingnya sebuah aplikasi tersebut, mungkin bingung apakah harus membiarkan atau menghapus aplikasi ini.

Sebelum melakukan tindakan, sebaiknya cari tahu dulu seberapa penting aplikasi tersebut. Jika Anda belum benar-benar memahami, sebaiknya jangan menghapus aplikasi sistem seperti itu karena menghapusnya dapat memiliki efek yang merugikan pada kinerja ponsel Anda.


Aplikasi ini biasanya dapat ditemukan di perangkat yang menjalankan Android 4.4 KitKat dan di atasnya. Sepeti namanya, Android System Webview adalah komponen yang berbasis Chrome yang memungkinkan suatu aplikasi untuk menampilkan komponen web di dalam aplikasi tanpa membuka browser atau menutup aplikasi.

Android System Webview ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk membuka halaman web di dalam aplikasi itu sendiri, tanpa perlu membuka halaman web di browser default perangkat seluler Anda.

Misalnya, jika saat menggunakan Facebook seluler dan mengklik tautan, Anda pasti akan diberikan pilihan untuk membuka laman web di browser menggunakan Google Chrome, Firefox, atau lainnya.

Ketika menggunakan browser Anda harus meninggalkan aplikasi Facebook dan membuka tautan di browser web. Namun untuk kembali ke Facebook Anda membuka kembali aplikasi Facebook tersebut.

Nah, untuk menyederhanakan proses ini Android telah mengembangkan Android System Webview dimana Anda tidak perlu membuka browser dan cukup mengetuk tautan untuk membukanya di dalam aplikasi.

Apakah harus menginstal Android System WebView? Di Android 4.4 KitKat WebView telah diubah menjadi lebih mudah digunakan. Yaitu berbasis Chromium dan bekerja mirip dengan browser Chrome.

Sementara untuk Android 5.0 Lollipop, WebView berubah lagi menjadi aplikasi terpisah yang tersedia di Play Store. Hal ini dilakukan Google untuk mempermudah pembaruan dan perbaikan bug langsung ke aplikasi tersebut tanpa memperbarui versi OS Android pada perangkat pengguna.

Google memutuskan untuk membuatnya menjadi aplikasi terpisah karena di Android 4.3 ke bawah pernah terjadi beberapa masalah yang cukup berpengaruh. Sebagai aplikasi terpisah, jika ditemukan masalah tentunya dapat diperbaiki langsung tanpa menunggu pembaruan OS.

Untuk menggunakan, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk memasang aplikasi atau menjalankannya, karena aplikasi ini telah diinstal secara default dan berjalan di latar belakang. Jika aplikasi tersebut telah mendukung WebView, aplikasi ini akan dijalankan secara otomatis.

Namun jika aplikasi yang digunakan belum mendukung WebView, nantinya tautan yang Anda ketuk tersebut masih terbuka di peramban. Bisakah saya menonaktifkan Android System WebView?

Opsi untuk mencopot pemasangan atau menonaktifkan aplikasi ini memang tersedia di Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih rendah. Namun itu tidak disarankan, mengingat masih banyak aplikasi yang menggunakan WebView untuk membuka tautan yang disematkan.

Sedangkan untuk Android 7.0 Nougat ke atas WebView bisa Anda dicopot, karena Google telah berhenti menggunakan WebView dan menggantikannya dengan browser Chrome. Sehingga di perangkat Nougat, aplikasi tersebut tidak diaktifkan secara default.

Itu karena Android N telah menggunakan Chrome untuk merender laman web dalam aplikasi, yang bertujuan untuk penghemat baterai. Selain itu, dengan menggunakan Chrome sebagai pengganti WebView, perangkat Anda dapat menggunakan satu browser tanpa mempertahankan keduanya.

Menurut Google, metode ini diklaim lebih hemat energi dan jika Chrome telah diaktifkan di perangkat, Android System WebView yang tersedia sebelum Android N tidak akan diperbarui melalui Play Store.

Jadi apakah aplikasi ini harus diaktifkan atau dinonaktifkan? Seperti aplikasi sistem lainnya, lebih baik membiarkannya secara default untuk kinerja terbaik, jika perangkat Anda menjalankan Android Marshmallow 6.0 atau lebih rendah.

Namun, jika perangkat yang Anda gunakan telah menjalankan Android Nougat 7.0 hingga Android 8.0 Oreo, Anda bisa nonaktifkan karena Chrome telah menggantikan fungsinya. Selain ruang penyimpanan akan bertambah, perangkat juga lebih hemat baterai karena hal tersebut akan mengurangi satu aplikasi yang sedang berjalan di background.


Rekomendasi :
BERBAGI
 Tags:, fungsi aplikasi android system webview
[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.