Butuh Internet Gratis, Ini 5 Aplikasi Pencari Free Wifi Terbaik

5924

Kebutuhan akses internet gratis yang telah membuat fenomena luar biasa ini memang tidak bisa kita pungkiri. Hal ini terbukti dengan kehadiran wifi gratis yang tersebar di beberapa titik mulai dari mal, restoran, dan tempat lainnya selalu saja ramai penggunanya.

Aplikasi Pencari Wifi Gratis Terbaik
Aplikasi Pencari Wifi Gratis Terbaik

Tak hanya sekedar membantu terhubung saja, pengguna free wifi ini juga bisa juga menghindari pemborosan kuota. Selain itu, jaringan internet yang digunakan biasanya lebih stabil dari data seluler yang digunakan.


Mengingat mahalnya tarif paket data 3G dan 4G, wifi gratisan ini bisa menjadi alternatif yang terbaik. Kegiatan akses internet harian yang butuh bandwidth besar dan data seluler yang terbatas tersebut yang menjadikannya solusi praktis untuk dipilih.

Bagaimana cara mengetahui jika lokasi yang kamu kunjungi itu memiliki penawaran wifi? Terkadang untuk menemukan free hotspot area tidaklah mudah, karena di beberapa tempat yang menyediakan layanan tersebut ada yang tidak memiliki tanda free wifi.


Nah, untuk mempermudah pencarian titik hotspot yang tersedia, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa menemukan wifi dengan mudah. Aplikasi ini sangat berguna karena mampu bekerja secara cepat untuk menemukan jaringan wifi yang terdekat.

1. Avast Wi-Fi Finder

avast wifi finder apk
avast wifi finder apk

Avast Wi-Fi Finder merupakan sebuah aplikasi gratis untuk perangkat Android dan iOS yang dibuat oleh AVAST. Karena aplikasi ini selalu mendapat pembaruan rutin dan siap memberikan informasi terbaru tentang titik hotspot Wi-Fi terdekat.

Harap dicatat bahwa untuk menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya, Anda harus terhubung ke Internet untuk mencari peta wifi. Kemudian Setelah mendapatkan wifi gratis anda bisa mematikan data seluler di setelan.

Selain itu, Anda juga dapat membuka aplikasi ini di rumah dan mengunduh peta offline dengan semua lokasi hotspot untuk daerah tertentu yang akan Anda kunjungi. Saat menjalankan aplikasi, Anda akan ditunjukkan daftar hotspot terdekat dengan deskripsi apakah tempat itu gratis atau memerlukan informasi login.

Pilih hotspot yang Anda butuhkan atau tab Peta untuk mendapatkan indikasi berjalan. Avast Wi-Fi Finder adalah salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dengan banyaknya titik hotspot untuk dipilih.

2. Wifimap

wifi map pro apk
wifi map pro apk

Wifimap merupakan aplikasi yang mengklaim bisa digunakan dengan mudah untuk menunjukkan dimana titik wifi gratis berada. Aplikasi ini juga tersedia untuk Android dan iOS dan memungkinkan mendownload peta offline untuk penggunaan lebih lanjut.

Ada dua pilihan yang tersedia yaitu versi gratis dan versi pro seharga $ 5,99. Jika Anda tidak ingin membeli aplikasi pencari wifi ini, ketik alamat yang ingin Anda kunjungi dan simpan semua hotspot terdekat di catatan atau dengan mengambil tangkapan layar.

Aplikasi ini sangat bagus karena didukung oleh komunitas relawan yang mengumpulkan informasi login wifi di daerahnya. Anda juga dapat menjadi anggota dengan membuat profil dengan detail akun Facebook Anda.

Dengan cara ini Anda dapat menambahkan kata sandi baru dan memperbarui kata sandi lama, sehingga bisa membantu pengguna lainnya. Wifimap ini layak diinstall di perngakat Anda karena adanya kumpulan password wifi yang dimilikinya.

3. Wiffinity

wiffinity android
wiffinity android

Wiffinity merupakan sebuah aplikasi yang seperti Wifimap, yaitu berbasis bantuan masyarakat juga. Saat Anda menjalankan, aplikasi ini akan menunjukkan tempat wifi yang tersedia di dekatnya. Selain itu, ketika Anda menggunakan koneksi wifi gratis yang tidak diketahui, aplikasi ini akan menawarkan pilihan kepada Anda untuk membagikannya untuk pengguna lainnya.

Seperti aplikasi lain sejenisnya, Wiffinity juga memungkinkan untuk menyimpan peta untuk dilihat secara offline. Anda hanya perlu mengetikkan nama kota di kolom yang sesuai, selanjutnya aplikasi ini akan menemukan dan menunjukkan ukuran peta yang diperkirakan.

4. Wi-Fi Finder

cara menggunakan wifi finder
cara menggunakan wifi finder

Wi-Fi Finder Free adalah aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS yang dapat membantu Anda tetap online saat berada di luar rumah. Aplikasi ini akan menemukan tempat wifi gratis dan dengan kata sandi.

Hampir sama dengan Wiffinity, aplikasi ini juga memiliki kumpulan kata sandi yang sangat banyak yang telah disediakan oleh pengguna lainnya. Anda juga dapat berkontribusi pada pengembang dengan mengirimkan data masuk dari kafe, hotel, toko, atau tempat lainnya.

Wi-Fi Finder gratis akan memungkinkan Anda untuk memeriksa ketersediaan tempat gratis sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan nama kota atau alamat di baris pencarian dan akan ditampilkan semua opsi. Anda dapat memilih empat jenis peta yakni normal, satelit, medan dan hybrid.

Ketika Anda mendapatkan daftar tanda bintang, selanjutanya pilih yang Anda butuhkan dan salin kata sandi. Lalu pergi ke pengaturan, ketuk tab wifi, pilih jaringan dan masukkan kata sandinya. Beberapa kata sandi mungkin disembunyikan, dan untuk membukanya Anda harus upgrade ke versi berbayar.

Kekurangannya adalah tidak ada cara untuk menyimpan peta untuk penggunaan offline, jadi Anda harus menyimpan semua info yang diperlukan secara manual. Selain itu, Anda akan suguhi iklan spanduk kecil di bagian bawah aplikasi.

5. OpenSignal

cara setting open signal
cara setting open signal

Aplikasi yang besutan Open Signal bernama 3G/4G/wifi Signal & Speed Maps ini tersedia secara gratis untuk perangkat Android dan iOS. Selain untuk mempermudah pencarian titik wifi hotspot, aplikasi ini juga dapat berfungsi untuk menemukan lokasi jaringan menara seluler 2G, 3G, dan 4G yang sedang kamu gunakan.

Keunggulannya dari OpenSignal adalah adanya penawaran lebih dari 500 juta jaringan wifi yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, ada juga penawaran informasi login wifi di seluruh dunia yang dapat digunakan.

Nah, itulah 5 aplikasi wifi untuk hp terbaik yang bisa memudahkan Anda untuk menemukan daftar jaringan free wifi sebagai akses internet gratis. Untuk mencobanya, Anda bisa mendapatkan aplikasi tesebut di Apple App Atore dan Google Play Store.


Rekomendasi :
BERBAGI
[pramana@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang yang meyukai dunia teknologi, terutama smartphone. kesibukan saya sekarang adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta, dan juga menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.