Punya Keluhan Layar Error? Ini Cara Restart Paksa iPhone X

4480

iPhone X yang diluncurkan beberapa bulan lalu, kini telah tersedia secara resmi di Indonesia dengan harga Rp 19.999.000. Meskipun termasuk kategori smartphone premium yang di banderol mahal, namun yang namanya barang elektronik biasanya memiliki masalah yang menyebabkan kinerjanya tidak benar.

Cara Restart Paksa iPhone X dan  iPhone 8
Cara Restart Paksa iPhone X dan iPhone 8

Ketika iPhone Anda macet, freeze atau tidak responsif, Anda bisa mencoba restart normal seperti biasanya. Namun jika hal tersebut tidak bisa mengatasi masalah, langkah terbaik selanjutnya adalah dengan cara restart paksa.

Nah saat masalah itu terjadi tentunya akan menyebabkan Anda terjebak pada titik layar tertentu, sehingga terpaksa harus menunggu hingga normal atau me-restart secara paksa. Apapun masalahnya, jangan panik dulu karena Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri. Anda tidak perlu takut untuk melakukannya, karena hal ini tidak akan menghapus data apapun pada iPhone Anda.


Untuk melakukan restart paksa pada perangkat Apple terbaru termasuk iPhone X, prosedurnya sedikit berbeda. Jika Anda baru saja upgrade ke iPhone X atau iPhone 8, Anda mungkin telah menemukan perbedaaan bahwa metode lama yang sebelumnya sering Anda gunakan tidak berfungsi lagi.

Cara restart paksa pada iPhone 7 atau 7 Plus: Tekan dan tahan kedua sisi dan tombol volume bawah paling tidak selama 10 detik, sampai Anda melihat logo Apple.

Restart paksa iPhone 6S atau seri sebelumnya: Tekan dan tahan kedua tombol samping dan samping paling atas, tergantung pada model setidaknya dalam 10 detik, sampai Anda melihat logo Apple.

Selanjutanya cara restart paksa iPhone X atau iPhone 8: Perlu diketahui, Apple telah mengubah cara untuk melakukan panggilan darurat pada iPhone X dan iPhone 8. Perubahan ini adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan salah satu tombol volume, dan cara restartnya juga ikut berubah.

Untuk memulai ulang iPhone X atau iPhone 8 memerlukan prosedur tiga tombol yaitu: Tekan dan lepaskan tombol volume atas, tekan dan lepaskan tombol volume bawah, tekan dan tahan tombol samping sampai layar mati dan hidupkan kembali. Selanjutnya Anda bisa melepaskan tombol samping saat logo Apple muncul.

Jika cara restart paksa tersebut tidak mampu mengatasi masalah, maka pilihan terakhir adalah dengan Instal ulang iOS. Karena saat iPhone Anda benar-benar error, solusi yang terbaik adalah dengan menginstal ulang sistem operasinya.

Untuk melakukan itu caranya sangat mudah, hubungkan iPhone ke komputer Anda dan mulai iTunes. Selanjutnya, lakukan restart iPhone Anda tapi jangan lepaskan tombol saat logo Apple muncul. Sebagai gantinya, tetap menahannya sampai Anda melihat layar mode pemulihan dengan logo iTunes dan konektor Lightning.

Kemudian akan muncul jendela di iTunes pada komputer dengan dua pilihan yakni untuk mengembalikan pengaturan awal yang akan menghapus semua data atau memperbarui iPhone tanpa menghapus data.

Klik update dan iTunes akan menginstal ulang iOS. Tunggu sebentar hingga berjalan secara otomatis, jika dilakukan dengan benar tindakan tersebut biasanya tidak menghapus pengaturan, aplikasi dan data Anda.

Namun jika pembaruan tidak berhasil, langkah selanjutnya Anda harus memilih pemulihan, yang akan menghapus semua data dan kemudian baru menginstal ulang iOS. Selanjutnya akan ada pilihan untuk mengembalikan cadangan dari iTunes atau iCloud, perlu di ingat opsi ini akan berhasil jika sebelumnya Anda telah membuat cadangan.


Rekomendasi :
BERBAGI
[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.