Punya HP Model Lama? Ini 6 Cara Membuat Ponsel Seperti Baru

42600

Sejalan dengan perkembangan teknologi, smartphone model terbaru dengan desain dan fitur terkini selalu dirilis hampir setiap tahun. Nah, buat kamu yang ingin punya HP lama tapi tidak mau menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan ponsel kekinian? Ikuti tips berikut untuk merapikan penampilan dan kinerja ponsel cerdas yang kamu miliki saat ini.

Cara Membuat Ponsel Lama Seperti Baru
Cara Membuat Ponsel Lama Seperti Baru

Beberapa ahli industri berpendapat bahwa sekarang ini kita telah mencapai puncak teknologi smartphone, titik dimana hampir tidak ada lagi kebutuhan penting untuk melakukan upgrade. Jika gadget yang kamu punya saat ini telah memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan, mengapa harus menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan desain terbaru, prosesor yang sedikit lebih cepat atau kamera yang sedikit lebih baik?

Tentu saja, smartphone yang lebih lama bisa memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, karena faktor daya tahan baterai yang mungkin menjadi salah satu pendorong utama membeli baru. Selain itu, terkadang seseorang ingin membeli model terbaru hanya karena bosan dengan desain yang terlihat ketinggalan.


Nah, sekarang ini kami akan memberikan solusi untuk membuat ponsel lama tersebut menjadi tampak baru lagi. Ada beberapa upgrade, beberapa tweak, dan hal lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Ganti baterai baru

Ganti baterai baru
Ganti baterai baru

Jika smartphone kamu mulai menunjukkan umur ditandai dengan daya tahan baterai yang cepat habis. Ketika berada di suatu tempat yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya, pastinya hal ini akan menjadi masalah besar. Seiring berjalannya waktu, baterai akan kehilangan kapasitas dan biasanya drop karena usia penggunaan yang memang telah cukup lama.

Nah, pada saat inilah kamu harus mengganti baterai baru yang akan membuat HP lama terasa seperti baru lagi. Baterai baru tersebut bisa bertahan lebih lama namun kamu harus memilih baterai yang original atau setidaknya yang terbukti berkualitas. Namun untuk ponsel yang memiliki baterai non-removable atau tanam, jika tidak bisa memasang sendiri nantinya kamu bisa menggunakan jasa seorang profesional untuk melakukan pekerjaan itu.

2. Tambahkan beberapa aksesoris

Tambahkan beberapa aksesoris
Tambahkan beberapa aksesoris

Saat ini telah tersedia softcase dan hardcase yang menawarkan berbagai macam desain terbaru, menariknya lagi ada juga jasa penambahan garskin yang memungkinkan untuk membuat custom case sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Selain terlihat menjadi baru dan lebih menarik, hal ini juga sangat berguna karena dapat memberikan perlindungan untuk meminimalisir kerusakan yang berhubungan dengan gravitasi, seperti terjatuh dan lainnya.

3. Tambahkan lebih banyak penyimpanan

Tambahkan lebih banyak penyimpanan
Tambahkan lebih banyak penyimpanan

Jika kamu berencana membeli ponsel baru hanya karena model yang lama telah kehabisan ruang penyimpanan, pertimbangkan untuk menambah penyimpanan eksternal. Sebuah kartu micro SD class 10 bisa kamu tambahkan jika slot tersedia. Namun jika ponsel kamu tidak memiliki pilihan slot micro SD, file yang lama bisa kamu pindahkan ke cloud server yang tersedia seperti Google Drive, Dropbox, dll atau bisa juga memindahkan file tersebut ke laptop kamu.

4. Coba peluncur baru

Coba peluncur baru
Coba peluncur baru

Pengguna Android dapat memilih dari beragam tema dan peluncur yang dapat mengubah antarmuka smartphone. Misalnya, jika kamu menyukai tampilan iPhone atau model Android lainnya, kamu bisa mengunduhnya di Play Store. Saat ini telah tersedia banyak pilihan launcher mulai dari versi gratis hingga berbayar yang menawarkan ribuan tema ikon untuk memberikan tampilan antarmuka yang kamu inginkan.

5. Cobalah fitur yang telah Anda abaikan

Cobalah fitur yang telah Anda abaikan
Cobalah fitur yang telah Anda abaikan

Banyak dari kita yang selama ini hampir tidak mengetahui semua fitur pada ponsel yang kita miliki, nah jika kamu mencoba fitur yang ada mungkin ini bisa membuat kamu merasa seperti menggunakan model baru.

Buka menu pengaturan dan cari fitur yang dimatikan. Jika terdengar menarik, nyalakan dan mulai eksperimen. Kamu mungkin akan menemukan pilihan fitur yang selama ini tidak kamu sadari dan ternyata sangat berguna dan bisa memberikan kesan baru.

6. Tambahkan pengisian nirkabel

Tambahkan pengisian nirkabel
Tambahkan pengisian nirkabel

Teknologi ini memungkinkan mengisi daya perangkat kamu hanya dengan cara meletakkannya di atas bantalan tanpa kabel penghubung seperti bianya. Namun jika kamu memiliki smartphone yang tidak mendukung wireless charging, Anda dapat menambahkan kemampuan tersebut pada konektor ekternal yang banyak tersedia di pasaran seperti Qi receiver.

Perlu diketahui harga Qi receiver dan Lightning, Micro-USB atau USB Type-C ini tergantung pada jenis konektor yang dimiliki ponsel Anda. Solusi ini memang jauh lebih murah dari pada harus membeli HP baru, namun kekurangannya adalah kamu akan kerepotan karena harus segera mencabut receiver setelahnya. Meskipun begitu ini adalah cara terbaik untuk merasakan teknologi pengisian daya terbaru.


Rekomendasi :
BERBAGI
[rizky@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang pecinta gadget sejak kecil, dan mulai belajar menulis artikel tentang teknologi sejak kuliah, kesibukan saya adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta dan menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.