Takut HP Rusak Karena Powerbank? Hindari 7 Kesalahan Ini

2567

Kebutuhan teknologi yang semakin tinggi memaksa smartphone harus bisa bertahan lebih lama. Meskipun saat ini banyak perangkat yang telah dibekali dengan kapasitas baterai besar. Namun beragam kepentingan termasuk online shop, mencari info, hingga bermain game, dll akan membuat baterai smartphone menjadi cepat terkuras.

HP Rusak Karena Powerbank
HP Rusak Karena Powerbank

Hal ini akan membuat Powerbank jadi solusi terbaik untuk mobilitas tinggi kamu, mengingat fungsi utamanya yang sebagai pengisi ulang baterai sebuah perangkat dimanapun kamu berada.

Tapi tahukah kamu untuk memilih sebuah powerbank itu harus punya pengetahuan khusus, dan jangan hanya dilihat berdasarkan kapasaitasnya saja. Jika tidak ingin gadget kesayanganmu cepat rusak, kamu harus berhati-hati sebelum membelinya. Nah, berikut ini akan kami berikan tips penting untuk memilih powerbank yang terbaik dan aman untuk digunakan.


Jangan hanya memilih Powerbank berdasarkan kapasitas yang besar saja

Saat ini memang tersedia banyak pilihan powerbank berkapasitas besar di pasaran. Biasanya seseorang hanya melihat besarnya daya, sehingga bisa untuk mengisi baterai berulang kali. Namun daya yang besar tersebut, tidak semuanya sesuai dengan harapanmu.

Berdasarkan logika, powerbank dengan kapasitas daya besar dimensi bodinya seharusnya juga besar, sehingga akan membuatmu repot ketika membawanya. Nah untuk menghindari masalah itu, kamu bisa menyesesuaikan besaran kapasitas daya berdasarkan kebutuhan kamu. Rekomendasinya adalah, pilihlah daya powerbank hanya dua kali dari daya baterai smartphone kamu.

Perhatikan dengan teliti berapa jumlah sel baterai pada powerbank

Jangan memilih powerbank hanya dengan alasan merknya yang telah terkenal dan harganya yang terjangkau, tanpa melihat berapa sel baterai pada powerbank tersebut. Ini merupakan hal paling penting , mengingat sel baterai pada powerbank tersebut akan berpengaruh secara langsung pada ketahanan dari sebuah powerbank. Jumlah sel yang banyak, akan membuat umur powerbank menjadi lebih lama.

Powerbank dengan harga murah tapi punya kapasitas daya besar

Banyak seller yang memberikan penawaran powerbank dengan kapasitas daya besar namun harganya sangat murah. Nah, hal ini yang biasanya membuat kamu tergiur untuk memilihnya. Namun, penting untuk kamu ketahui jika powerbank dengan harga murah itu tidak semuanya berkualitas.

Pada beberapa kasus, powerbank yang dibanderol sangat murah ini biasanya menggunakan baterai yang di daur ulang, sehingga berpotensi merusak perangkat kamu. Meskipun harganya sedikit mahal, pilihlah sebuah merk yang telah terkenal dan ada jaminan keasliannya, sehingga smartphone yang kamu gunakan tetap aman.

Menggunakan konektor yang tidak original

Dalam paket pembelian powerbank, biasanya akan disertakan sebuah konektor sebagai penghubung dengan smartphone. Perhatikan dengan teliti apakah konektor tersebut berkualitas dan juga cocok dengan perangkat kamu.

Karena kesalahan penggunaan konektor ini bisa berakibat fatal seperti korsleting yang bisa berpotensi membuat kerusakan komponen dari kedua perangkat yang terhubung. Maka dari itu, sebaiknya selalu gunakan konektor asli bawaan smartphone kamu yang jelas telah teruji keamanannya.

Jangan mengabaikan fitur yang ada pada powerbank

Fungsi utama dari sebuah powerbank memang sebagai pengisi baterai, namun powerbank yang berkualitas bagus biasanya memiliki banyak fitur keamanan, sehingga kenyamanan pengguna juga terjamin. Untuk menghindari kerusakan perangkat kamu, powerbank dengan Short Circuit Protection yang dapat melakukan pencegahan terjadinya korsleting adalah pilihan yang terbaik.

Tak hanya itu, powerbank dengan fitur Over Charging Protection juga wajib dipertimbangkan. Fitur tersebut sangat berguna untuk smartphone kamu, karena ketika baterai telah terisi penuh arus yang mengalir akan terhenti secara otomatis. Kemudian Temperature Protection, fitur ini berfungsi untuk mendeteksi panas yang berlebihan ketika sedang melakukan pengisian daya.

Output powerbank yang tidak sesuai

Output powerbank harus benar-benar sesuai dengan smartphone kamu, tidak boleh terlalu rendah dan juga tidak lebih tinggi. Selain aman bagi perangkat, output daya yang sesuai tersebut juga dapat membantu proses pengisian menjadi lebih cepat.

Powerbank tidak dilengkapi sertifikasi Underwriters Laboratories

Underwriters Laboratories yang biasa disebut UL merupakan sertifikat penting termasuk pengawasan, validasi, keamanan, pengujian, dan auditing yang mencakup semua pihak terkait. Powerbank dengan lebel UL ini akan terjamin keamanannya, sehingga benar-benar memiliki output real dan berkualitas. Nah, sudah jelas kan apa saja kesalahan utama yang biasa terjadi ketika membeli powerbank?


Rekomendasi: