8 Aplikasi Asisten Android Terbaik, Sebagai Alternatif Siri

1725

Sejalan dengan perkembangan teknologi, telah membuat orang sadar betapa pentingnya aplikasi Asisten pribadi seperti Siri, Google Home, Alexa, dan Cortana. Hali ini karena ketika menggunakan Asisten virtual pada smartphone pasti bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Alternatif Aplikasi Siri Asisten Terbaik untuk Android
Alternatif Aplikasi Siri Asisten Terbaik untuk Android

Selain bisa memerintahkan asisten tersebut untuk melakukan panggilan telepon saat Anda duduk dan rileks. Hal ini juga dapat mengirim email penting, dan bahkan mampu menghibur selama waktu senggang Anda. Salah satu aplikasi asisten digital yang paling populer adalah Siri, namun sayangnya app besutan Apple ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja.

Nah bagi pengguna Android juga tersedia pilihan aplikasi Asisten, sebagai alternatif dari Siri. Selain Google Asisten, ada banyak aplikasi asisten lain yang tersedia di Play Store. Kami telah memilih daftar delapan aplikasi asisten pribadi terbaik untuk Android yang dapat diandalkan, dan semuanya tersedia di Google Play Store secara gratis.


8. Dragon Mobile Assistant

Dragon Mobile Assistant
Dragon Mobile Assistant

Asisten Dragon Mobile adalah aplikasi asisten yang cerdas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda secara efisien. Didukung oleh Nuansa, Dragon Mobile dapat membacakan Anda dengan keras pembaruan status Facebook dan Twitter, panggilan masuk, pesan, peringatan, dan janji bertemu yang akan datang.

Selain fungsi penting tersebut, Anda juga dapat menghidupkan mode perhatian dan membangunkan asisten Anda kapan saja, atau bahkan membuat sendiri voiceprints untuk Anda. Selain itu, Anda bisa memilih suara dan membuat nama untuk asisten.

Namun untuk saat ini, hanya tersedia di Google Play Store AS. Namun jik ingin mencobanya, Anda bisa menambahkan varian bahasa Inggris, dan asisten suara ini akan tersedia untuk negara lain.

7. AIVC (Alice)

AIVC (Alice)
AIVC (Alice)

AIVC adalah singkatan dari perangkat lunak Artificial Intelligent Voice Control yang dapat membantu Anda melakukan berbagai hal dengan cepat dan mudah di perangkat Android Anda. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan versi PRO.

Versi gratis menampilkan iklan dan mencakup semua fungsi penting seperti melakukan panggilan, SMS, email, membuka aplikasi, navigasi, penelusuran web, laporan cuaca, dll. Sedangkan, versi PRO bisa memberikan beberapa fitur tambahan seperti kontrol Receiver, mode bangun, main musik, dll.

Alternatif Google Asisten ini memungkinkan Anda menyetel perintah dan juga memungkinkan untuk mengontrol perangkat yang dapat diakses melalui antarmuka web. Anda bisa memberi perintah baik dengan mengetik atau dengan menggunakan suaramu. Namun, saat ini hanya mendukung bahasa Inggris dan Jerman.

6. Jarvis Free

Jarvis Free
Jarvis Free

Jarvis dapat menjaga penggunanya untuk memberikan informasi banyak konten seperti menginformasikan tentang status cuaca terkini, berita terbaru, panggilan, pesan teks, dll. Namun sayangnya, saat ini hanya tersedia dukungan untuk bahasa Inggris.

Jarvis dapat mengontrol pengaturan ponsel Anda dengan menyalakan WiFi, flash, Bluetooth, mengatur alarm, pengingat, memutar musik, dan lain-lain. Selain itu, juga memiliki dukungan widget yang memungkinkan Anda mengakses Jarvis dari layar kunci dengan sekali tekan. Asisten pribadi Jarvis tersedia gratis dengan iklan dan memiliki pembelian dalam aplikasi.

5. Robin – AI Voice Assistant

Robin - AI Voice Assistant
Robin – AI Voice Assistant

Robin adalah aplikasi asisten virtual yang sangat baik untuk Android yang dibangun sebagai penantang bagi Siri. Aplikasi ini dapat memberi Anda banyak bantuan saat berkendara di jalan dengan memberikan informasi lokal yang tepat, seperti navigasi GPS dengan arah yang benar, menginformasikan tentang lalu lintas, dll.

Selain itu, juga sangat menyenangkan untuk digunakan, dan Anda bahkan dapat mengaturnya untuk menghubungi Anda dengan nama apapun yang kamu suka. Robin terus belajar dan beradaptasi denganmu. Anda bisa bertanya tentang berita, laporan cuaca, mengatur alarm, menelepon, mengirim teks, dll. Semua ini bisa dilakukan dengan handsfree.

Hanya dengan menekan tombol mikrofon, Robin akan siap membantu Anda. Anda juga dapat menginisialisasinya dengan mengatakan Robin atau dengan melambai halo dua kali di depan smartphone Anda di atas sensor jarak.

4. DataBot Assistant

DataBot Assistant
DataBot Assistant

DataBot adalah salah satu aplikasi asisten Android terbaik yang dapat Anda gunakan untuk bermain-main atau meminta berbagai macam informasi yang berbeda. Anda dapat berinteraksi dengan menggunakan mikrofon atau pengetikan perangkat Anda.

Aplikasi ini akan mencari apa pun yang ingin Anda ketahui. DataBot dapat diandalkan saat Anda bepergian, belajar, bekerja, bermain, atau bersantai. Lebih menarikanya lagi, ini adalah perangkat lunak lintas platform, yang berarti Anda dapat menggunakan asisten yang sama di smartphone, tablet, dan laptop. Aplikasi ini berisi iklan dan pilihan pembelian.

3. Extreme – Personal Voice Assistant

Extreme - Personal Voice Assistant
Extreme – Personal Voice Assistant

Extreme dikembangkan untuk Android dengan fungsi yang meniru Tony Stark J.A.R.V.I.S. dari Iron Man. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhan, tapi kemampuannya cukup handal. Extreme mencakup semua fungsi asisten penting Android dari pembuatan panggilan hingga untuk berselancar di internet.

Pengguna dapat berinteraksi baik dengan ucapan alami atau keyboard. Selain itu, Anda juga dapat meminta untuk mengirim status Facebook, memutar video Youtube, mengambil foto selfie, dll. Cara menggunakan tinggal jalankan saja aplikasi dengan memanggil Extreme, dan akan siap untuk menjalankan perintah Anda. Extreme itu gratis dan mudah digunakan. Namun, menampilkan iklan dan memiliki pembelian dalam aplikasi.

3. Microsoft Cortana – Digital Assistant

Microsoft Cortana - Digital Assistant
Microsoft Cortana – Digital Assistant

Microsoft Cortana dapat membantu Anda sebagai pengingat, mencatat, daftar, tugas dan banyak lagi. Anda dapat memberi pengingat pada PC Windows Anda dan mendapatkan lansiran lokasi atau waktu berdasarkan smartphone. Jika Anda menggunakan Office 365 atau Outlook.com untuk layanan email, Cortana juga dapat mengatur pengingat secara otomatis berdasarkan percakapan email Anda.

Cortana dapat membantu Anda dengan berbagai tugas dan membantu Anda menemukan jawaban dari internet. Anda dapat menetapkan nama khusus, dan asisten suara Android ini akan menghubungi Anda. Aplikasi ini dapat diaktifkan dengan membuat shortcut di layar awal atau mengatakan Hei Cortana.

Menarikanya, fitur My Day di aplikasi ini akan memberikan informasi yang relevan setiap pagi termasuk janji bertemu, berita, dan cuaca. My Day ini dapat bekerja dari penggunaan Anda dan menyesuaikan diri untuk mempelajari kesukaan dan ketidaksukaan Anda. Anda bahkan dapat meminta Cortana untuk menceritakan lelucon atau menghibur Anda dengan sebuah lagu.

Selain itu, ada fitur di aplikasi yang disebut Notebook dan Anda dapat mengontrol seberapa banyak aplikasi belajar tentang Anda dan jenis saran yang akan Anda terima. Jika Anda pengguna Windows 10, Anda perlu mencoba aplikasi asisten Android ini dan memanfaatkan banyak fitur yang sangat berguna.

2. Lyra Virtual Assistant

Lyra Virtual Assistant
Lyra Virtual Assistant

Lyra sebelumnya dikenal sebagai Asisten Virtual Indigo yang merupakan asisten pribadi cerdas yang berjalan di perangkat Android dan iOS. Terlepas dari fungsi dasar asisten seperti membuat panggilan, mengirim pesan, email, penelusuran web, dll.

Ini juga dapat memutar video YouTube, menceritakan lelucon, menerjemahkan kata dan frasa, mengelola catatan harian, mengatur alarm, dll. Poin plus Lyra adalah cross-platform dan bisa menyimpan percakapan di banyak perangkat.

Alternatif Siri untuk Android ini menggunakan pemrosesan bahasa alami yang canggih, sehingga kesalahan saat bercakap-cakap sangat minim. Secara keseluruhan, Lyra adalah salah satu aplikasi asisten pribadi terbaik untuk Android yang gratis tanpa pembelian dalam aplikasi atau iklan.

1. Google Assistant

Google Assistant
Google Assistant

Tidak diragukan lagi, Google Asisten ini merupakan asisten terbaik untuk Android. Dikembangkan oleh Google, asisten ini tersedia hampir untuk semua ponsel Android yang berjalan di Marshmallow, Nougat, dan Oreo. Namun, sebelum memasang pastikan bahwa layanan Google Play dan Google App di perangkat Anda telah diperbarui.

Aplikasi Ini dapat membantu tugas apa pun yang Anda inginkan. Terlepas dari semua fungsi yang diperlukan seperti menelepon, mengirim teks, email, menyetel alarm dan pengingat, menavigasi tempat, penelusuran web, laporan cuaca, pembaruan berita, dll.

Google Asisten juga sangat menyenangkan dan menghibur. Anda bisa bermain game, meminta informasi, mengambil foto selfie, mendegarkan musik, dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda dapat segera meluncurkannya dengan mengatakan OK Google dan asistennya akan segera menjalankan perintah.


Rekomendasi: