HP Tahan Banting Samsung Galaxy Xcover 4 Hadir di Indonesia

523

Samsung kembali meluncurkan smartphone terbaru di Indonesia, kali ini adalah Galaxy Xcover 4 yang merupakan HP tahan banting dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Selain tangguh, ponsel ini bisa dibilang berbeda dari seri Galaxy sebelumnya. Salah satu yang membuatnya berbeda adalah hadirnya fitur standar militer yang disematkan pada perangkat ini.

Harga Samsung Galaxy Xcover 4
Harga Samsung Galaxy Xcover 4

Meskipun dibekali dengan banyak fitur canggih, banderol harga smartphone besutan Samsung ini bisa dikatakan cukup murah. Harga Samsung Galaxy Xcover 4 di Indonesia adalah Rp3,9 jutaan, hal ini sudah termasuk garansi resmi produk hingga dua tahun.


Jika dilihat dari segi kemampuan yang bisa tahan air dan debu, harga tersebut masih tergolong murah. Ketika terbanting dari jarak tertentu, Galaxy Xcover 4 diklaim masih dalam kondisi baik. Tak hanya itu, ponsel ini juga masih bertahan hidup ketika terendam air.

Galaxy Xcover 4 ini dibekali sertifikasi IP68 yang berarti memiliki kemampuan tahan air di kedalaman air 1,5 meter hungga 30 menit dan tahan debu. Selain itu, ada juga fitur yang sangat menarik yaitu standar militer yang disebut dengan MIL-STD-810G.

Tidak sembarang perangkat bisa mendapatkan standar MIL-STD-810G, mengingat perancang sertifikasi ini adalah militer Amerika Serikat yang awalnya untuk keperluan menguji ketahanan perangkat untuk misi di lapangan. Sertifikasi ini baru akan diberikan pada sebuah perangkat yang benar-benar lulus dalam serangkaian uji coba.

Tidak main-main, standar pengujian ini dilakukan dengan cara yang sangat ekstrem, sebuah perangkat baru dinyatakan lulus jika bisa bertahan dan masih berfungsi dalam kondisi baik. Pengujian tersebut termasuk jatuh dari ketinggian tertentu.

Salah satunya adalah perangkat wajib bertahan hidup, walaupun handphone telah dibanting hingga 26 kali ke lantai. Jumlah totalnya adalah hingga 28 uji coba, sebelum perangkat tersebut dinyatakan lolos dan mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810G.

Selain dari segi hardware, Galaxy Xcover 4 juga dilengkapi pengamanan super ketat yaitu software yang bernama KNOX Configure. Fungsi utama dari software ini adalah untuk pencegahan masuknya aplikasi jahat ke dalam perangkat, termasuk untuk memfilter aplikasi apa saja yang dapat diinstal.

Sementara itu, ada juga app chat berstandar militer bernama Wickr yang dikenal sangat peduli dalam hal privasi. Galaxy Xcover 4 ini memiliki bentang layar HD 5 inci resolusi 1280×720 piksel dengan aspek rasio 16:9. Pada bagian fotografi juga cukup mumpuni, ponsel ini memilki kamera belakang 13 MP aperture F/1.9 dan kamera depan 5 MP aperture F/2.2. Ada juga fitur lainnya termasuk 4G LTE, NFC, Bluetooth 4.1, dan FM radio.

Untuk urusan performa, didukung oleh chipset 7570 Cortex-A53 quad-core berkecapatan 1.4 GHz, RAM 2 GB, dan penyimpanan internal 16 GB yang bisa ditambah slot microSD hingga 256 GB. Sementara itu, Galaxy Xcover 4 ini dibekali baterai 2.800 mAh, dan berjalan Android 7.0 Nougat.

Jika saat ini sedang mencari referensi smartphone outdoor tahan banting dan air dengan harga murah, Samsung Galaxy Xcover 4 ini layak untuk dijadikan pertimbangan.

BERBAGI
[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.