Seperti WhatsApp, Instagram Kini Punya Fitur Terakhir Dilihat

283

Setelah menghadirkan profil bisnis dan insta story yang memungkinkan untuk mengunggah foto, video berdurasi 15 detik dan juga siaran langsung. Instagram kini kembali menambah fitur yang bisa menampilkan kapan terakhir kali Anda online. Sekilas fitur ini memang hampir sama dengan Facebook Messenger ataupun WhatsApp, namun memiliki beberapa perbedaan.

Instagram Last Seen
Instagram Last Seen

Dalam tambahan terbaru, seperti aktivitas pengguna Messenger dan WhatsApp yang terakhir terlihat, pengguna Instagram sekarang dapat melihat aktivitas “Last Seen” pengguna. Fitur Instagram yang baru ini dapat terlihat dengan mengunjungi DM (direct message) Anda. Di sana, Anda bisa melihat kapan terakhir kali seseorang aktif menggunakan Instagram.


Update Instagram ini telah tersedia di Android dan iOS beberapa hari yang lalu, fitur terbaru ini akan menampilkan aktivitas terakhir di bawah username pengguna. Berbeda dengan WhatsApp, status Last Seen ini hanya bisa deketahui dengan syarat Anda atau mereka sebelumnya pernah mengirimkan DM.

Jika seorang follower atau yang pernah mengirim DM sedang membuka Instagram, statusnya akan menjadi “aktif sekarang”. Selain itu juga bisa menunjukkan menit, jam dan kapan hari terakhir aktivitas pengikut Anda. Hadirnya fitur baru ini memang cukup membantu bagi pengguna Instagram bisnis. Sehingga, customer akan mengetahui kapan terakhir Anda online dan bisa mendapatkan respon lebih cepat.

Sementara itu, jika merasa tidak nyaman Anda dapat menonaktifkan opsi ini dan melindungi privasi Anda. Untuk menonaktifkan fitur ini, buka halaman profil Instagram Anda. Kemudian, ketuk ikon gear/settings untuk membuka pengaturan.

Setelah mengakses halaman pengaturan, gulir ke bawah ke “Tampilkan Status Aktivitas”. Jika Anda menjalankan aplikasi Instagram yang telah diperbarui, seharusnya aktif secara default. Ketuk pada toggle untuk menonaktifkan fitur. Itu saja yang perlu Anda lakukan.

Hal yang perlu di ingat, fitur ini hampir sama dengan WhatsApp dan setelah menonaktifkan fitur dan menyembunyikan yang terakhir terlihat, Anda juga tidak akan dapat melihat status pengguna terakhir dari pengguna lainnya.

Instagram merupakan aplikasi untuk berbagi foto serta video dengan banyak opsi filter digital, yang telah diakuisisi oleh Facebook dengan nilai yang sangat mahal yaitu sekitar $1 miliar dan fiturnya terus dikembangkan hingga sekarang.

BERBAGI
[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.