Pilih Xiaomi Redmi 5 Apa Redmi 5 Plus? ini Harga dan Spesifikasinya

16288

Xiaomi telah meluncurkan dua smartphone murah terbarunya, yaitu Redmi 5 dan Redmi 5 Plus pada tanggal 7 Desember. Kehadirannya menjadi penerus generasi sebelumnya yaitu Redmi 4 yang paling populer.

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus
Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Kedua ponsel besutan Xiaomi ini mengadopsi desain layar terbaru yang disebut dengan bezel-less atau FullView. Mari kita lihat lebih dekat dua smartphone Xiaomi terbaru ini mulai dari desain, spesifikasi, dan juga harga.


Selain memiliki layar dengan aspek rasio 18:9 yang unik, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus menonjolkan desain bodi logam, MIUI 9, sensor sidik jari di belakang, dan juga kamera berkualitas.

Apa sih keunggulan dari desain layar bezel-less ini? Dengan desain tersebut akan memungkinkan layar yang lebih lebar dengan bodi yang lebih kecil. Sebagai contoh, layar 6 inci dapat di sematkan pada bodi smartphone berukuran 5 inci, sehingga pengguna bisa menikmati layar yang lebih luas namun tetap nyaman di genggaman.

Meskipun keduanya memiliki desain terbaru dengan material logam, namun untuk harga keduanya bisa di bilang masih sangat terjangkau di kelasnya. Apa sih perbedaannya? jika dilihat dari segi desain memang terlihat sama, namun untuk spesifikasi dan harga memiliki varian yang berbeda.

Xiaomi Redmi 5 berjalan pada Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9.0 dibekali bentang layar IPS HD+ 5,7 inci beresolusi 720 x 1.440 piksel. Menggunakan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 450 14nm, octa-core berkecepatan 1,8 GHz, GPU Adreno 506, kamera belakang 12 MP, kamera depan 5 MP, dan baterai 3.300 mAh.

Nah selanjutnya adalah Xiaomi Redmi 5 Plus, yang memilki baterai 4.000 mAh dan layar Full HD+ 5,99 inci 1.080 x 2.160 piksel. Berjalan pada Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9, Redmi 5 Plus ini menggunakan Snapdragon 625, dan memiliki seri GPU serta spesifikasi kamera yang sama dengan Redmi 5.

Dengan perbandingan spesifikasi tersebut, kita akan tahu bahwa Redmi 5 Plus merupakan versi yang lebih tinggi dari Redmi 5 dengan tampilan yang lebih besar dan performa yang lebih tanggauh.

Jadi jika Anda mencari smartphone untuk penggunaan sehari-hari, maka Redmi 5 adalah pilihan yang paling tepat. Sementara untuk Redmi 5 Plus, akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang lebih memilih layar lebar dengan kinerja yang lebih baik.

Redmi 5 menggunakan chipset Snapdragon 450 serta tersedia dalam dua pilihan, yaitu RAM 2 GB, storage 16 GB, dijual dengan harga Rp 1,7 jutaan. Kemudian untuk varian kedua dibanderol Rp 1,9 jutaan, namun sudah dibekali RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Sementara untuk Redmi 5 Plus ini menggunakan chipset Snapdragon 625, tersedia dalam dua varian juga yaitu RAM 3 GB dan storage 32 GB dengan harga Rp 2 jutaan. Dan untuk versi yang tertinggi memiliki RAM 4 GB dan storage 64 GB dengan banderol Rp 2,7 jutaan.

Kedua varian tersebut telah tersedia di China pada tanggal 19 Desember 2017. Sementara untuk ketersedian luar China termasuk di Indonesia, hingga sekarang belum ada informasi yang lebih rinci.

BERBAGI
[pramana@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang yang meyukai dunia teknologi, terutama smartphone. kesibukan saya sekarang adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta, dan juga menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.