Teknologi Wireless Charging Jarak Jauh Telah Disetujui FCC

229

Wireless charging memang bukan hal yang baru, karena beberapa smartphone terbaru dari Apple, Samsung, LG dan lainnya sudah mendukung teknologi tersebut. Namun teknologi yang ada sekarang masih memiliki jarak yang terlalu dekat dan perangkat harus diletakkan di atas dock charger.

Energous WattUp Wireless Charging
Energous WattUp Wireless Charging

Selain tampilannya yang kurang nyaman, pengguna juga tidak bisa menggerakkan perangkat karena harus terpasang dengan benar di atas dock. Nah, kabar baiknya sekarang ini telah tersedia teknologi baru yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya perangkat dari jarak tiga kaki atau lebih tanpa dock station.


Saat ini FCC telah menyetujui teknologi pengisian daya power-at-a-distance yang bisa kita sebut charger nirkabel yang sebenarnya. Dikenal dengan nama WattUp, perangkat ini bisa berfungsi hingga 3 kaki jauhnya dengan mengirim listrik dalam bentuk frekuensi radio dengan bantuan pemancar Mid Field WattUp.

Bila diperlukan, WattUp juga bisa secara otomatis menyediakan pengisian tanpa kabel ke beberapa perangkat yang dilengkapi dengan receiver sekaligus termasuk smartwatch, keyboard, smartphone, tablet, dan lain-lain.

WattUp ini juga mendukung pengisian nirkabel berbasis dock yang sangat membantu untuk pengisian cepat, terutama untuk perangkat dengan baterai besar.

Dengan teknologi tersebut, nantinya kita dapat memanfaatkan interoperabilitas dan menggunakan perangkat WattUp dengan cara yang sama seperti WiFi. Itu berarti perangkat yang mendukung WattUp akan kompatibel dengan pemancar yang dibuat oleh beberapa produsen lain.

Energous, startup berbasis San Jose adalah perusahaan di belakang teknologi pengisian nirkabel ini, dan sekarang sedang mengerjakan receiver eksternal dan inbuilt untuk beberapa perangkat.

Selain pemancar Mid Field, mereka juga telah mengembangkan pemancar Far Field untuk mencakup ruangan yang luas dan pemancar jarak dekat dengan tenaga rendah yang dapat disematkan pada perangkat seperti laptop yang bisa memonitor pengisian yang sedang terhubung.

Untuk bisa menikmati teknologi pengisian nirkabel ini, sebuah perangkat harus mendukung WattUp. Sayangnya, saat ini belum ada produk komersial yang tersedia di pasaran yang mendukung teknologi wireless charging jarak jauh yang disebut WattUp tersebut.

Teknologi pengisian daya wireless power-at-a-distance besutan Energous ini, rencananya akan dipamerkan di CES 2018 pada 9 -12 Januari di Las Vegas.

BERBAGI
[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.