Malam Tahun Baru 2018, WhatsApp Akhiri Dukungan Beberapa Smartphone

704

Malam tahun baru 2018 aplikasi WhatsApp tidak akan berfungsi lagi pada smartphone versi lama. Aplikasi instant messaging milik Facebook ini akan segera mengakhiri dukungan untuk beberapa platform smartphone pada akhir tahun ini, tepat pada malam pergantian tahun.

Aplikasi WhatsApp untuk iPhone
Aplikasi WhatsApp untuk iPhone

Kabar tersebut juga telah diumumkan melalui sebuah posting blog di situs resminya. Aplikasi perpesanan terpopuler di dunia akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi lama mulai dari Microsoft Windows, BlackBerry, dan Nokia.

Menurut informasi dari blog WhatsApp, sejumlah perangkat yang nantinya tidak lagi di dukung adalah Nokia S40, Windows Phone 8.0, OS BlackBerry, dan BlackBerry 10.


Karena WhatsApp tidak lagi mengembangkan platform lama tersebut, beberapa fitur mungkin akan berhenti berfungsi kapan saja. Sehingga pengguna tidak akan dapat menggunakan WhatsApp dengan normal setelah 31 Desember 2017.

Alasan utama dari penghentian ini adalah, perangkat model lama tersebut tidak menawarkan kemampuan yang dibutuhkan, sehingga tidak akan bisa memperluas fitur aplikasi WhatsApp di masa depan.

Ini bukan pertama kalinya WhatsApp mengakhiri dukungan untuk platform mobile lama. Sebelumnya, pada akhir tahun 2016 lalu, perusahaan tersebut juga telah mengumumkan daftar perangkat yang sudah tidak di dukung, yaitu WhatsApp untuk platform Nokia S60.

Penghentian dukungan termasuk Apple iOS6, Windows Phone 7, OS BlackBerry, Android 2.1, Android 2.2, dan Nokia S40 sebenarnya telah di jadwalkan pada bulan Februari. Namun tanggal ini kemudian diubah menjadi Juni 2017 dan kemudian kembali diubah pada akhir Desember 2017.

Selain itu, WhatsApp juga mengungkapkan bahwa di masa yang akan datang semua smartphone yang berjalan di Android versi 2.3.7 dan yang lebih lama akan kehilangan dukungan WhatsApp setelah 1 Februari 2020.

Menurut WhatsApp, keputusan ini memang sangat sulit untuk di buat, tapi ini merupakan solusi yang tepat bagi pengguna untuk memberikan cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai.

Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler dalam daftar tersebut, untuk terus menggunakan WhatsApp di sarankan segera mengupgrade ke perangkat Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru.

Aplikasi perpesanan yang dibeli oleh Facebook seharga $ 19 miliar pada tahun 2014 dan diluncurkan pada tahun 2009 ini, tercatat telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Menurut regulator EU, Facebook awalnya mengklaim tidak akan membangun pencocokan otomatis yang andal antara akun pengguna dua perusahaan ketika membeli WhatsApp.

Namun pada tahun 2016, Facebook mengubah kebijakan privasinya untuk mengingatkan pengguna bahwa informasi akun WhatsApp dan Facebook mereka akan digabungkan untuk menyediakan iklan yang tertarget.


Rekomendasi: