Begini Cara Mempercepat Android Yang Mulai Lemot

6960

Pertanyaan apa yang paling sering diajukan oleh pengguna Android? Seperti, bagaimana cara membuat Android lebih cepat? Bagaimana cara mempercepat ponsel Android saya? Nah, pastinya setiap pengguna Android akan bermimpi bahwa smartphone mereka mampu menentang semua batas fluiditas dan kecepatan.

Cara Mempercepat Android
Cara Mempercepat Android

Tapi apakah menurutmu itu benar? Bisakah Anda membuat ponsel Android Anda menjadi lebih cepat dari kemampuannya? Biasanya solusi yang kita pilih adalah membuat perangkat Android berfungsi seperti baru dengan mengembalikan ke setelan awal pabrik.


Pilihan tersebut karena memasang aplikasi dan menggunakannya setiap hari akan berpotensi memperlambat smartphone. Aplikasi ini berjalan secara real-time, menghabiskan RAM, penyimpanan, dan sumber daya perangkat lainnya.

Jadi, solusi terbaik yang bisa kita lakukan adalah menggunakan perangkat Android secara efisien, sedemikian rupa sehingga kita bisa mengurangi kelambatan tersebut. Nah, berikut ini kami akan memberi tahu Anda beberapa tips dan trik yang berguna untuk membuat Android menjadi lebih cepat.


1. Gunakan versi aplikasi yang lebih ringan, jika tersedia

Banyak aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Messenger, Opera yang juga memiliki versi Lite. Aplikasi ringan ini sering dirancang untuk smartphone tingkat pemula dan bagi pengguna yang ingin kesederhanaan.

Menggunakan versi lite untuk aplikasi dapat meningkatkan kinerja ponsel Android Anda. Selain itu, juga bisa menghemat kuota internet Anda, karena ini adalah salah satu alasan mengapa aplikasi semacam itu ada.

3. Pikirkan sebelum menginstal aplikasi

Sudah hampir satu dekade sejak Android muncul dan jumlah aplikasi untuk platform kini telah berkembang menjadi jutaan. Tapi dari jumlah aplikasi dan game yang tak terhitung jumlahnya, tidak semuanya dirancang oleh pengembang dengan sempurna.

Banyak aplikasi Android yang mengandung malware dan ingin mengendalikan perangkat Anda, mencuri data berharga dan kemudian mengirimkannya ke server mereka. Misalnya, aplikasi yang Anda pasang dari pihak ketiga dan aplikasi di Play Store yang tidak ada pembaruan sistem selama tiga tahun dan tidak terdeteksi.

kabar baiknya, Google baru saja meluncurkan alat Play Protect untuk memindai aplikasi semacam itu. Sehingga secara tidak langsung, Anda dapat membuat perangkat Android Anda lebih cepat dengan opsi ini.

Namun, Anda juga harus memeriksa keaslian aplikasi yang tidak dikenal sebelum memasangnya, meskipun Anda mengunduhnya dari Play Store.

4. Coba peluncur lain yang dibuat untuk Android

Peluncur custom adalah cara terbaik untuk mengubah perangkat Android Anda menjadi versi yang sama sekali baru dari sebelumnya. Peluncur custom mungkin tidak dapat memberikan peningkatan kinerja perangkat keras yang signifikan.

Namun beberapa di antaranya dapat mengurangi penggunaan memori dan CPU yang jauh lebih sedikit dari sebelumnya. Dengan demikian, memasang peluncur custom yang ringan dan praktis bisa membuat ponsel Android Anda menjadi lebih cepat.

Selain itu, cara pintas, penyesuaian, dan opsi lainnya juga dapat membantu mengoperasikan perangkat Android dengan cepat. Aplikasi ini dapat mengurangi waktu yang mungkin disia-siakan untuk menemukan berbagai pengaturan yang berguna.

5. Hapus cache aplikasi untuk membuat ponsel Android Anda lebih cepat

Ada beberapa aplikasi yang tidak Anda perlukan secara reguler, namun terkadang masih Anda butuhkan. Seperti, aplikasi yang Anda gunakan untuk memesan penerbangan, hotel, dan memesan makanan.

Agar Android lebih cepat, coba hapus data cache untuk aplikasi semacam itu di Setelan untuk mengurangi konsumsi banyak ruang saat tidak digunakan.

6. Bersihkan sistem memori beberapa kali

Android memiliki kemampuan manajemen tugas yang sangat baik. Ini bisa menutup proses yang tidak diinginkan dengan sendirinya, kapanpun dibutuhkan. Tapi hal ada hal lain yang perlu Anda ketahui, yang sangat membantu jika perangkat Anda kehabisan kapasitas RAM.

Saat ini, hampir setiap peluncur telah memiliki pilihan untuk membebaskan memori sistem. Namun jika tidak ada, Anda harus mempertimbangkan untuk menginstal beberapa aplikasi pembersihan memori.

Dan saat ini kami tidak berbicara tentang aplikasi yang mengklaim membuat ponsel Android Anda menjadi lebih cepat dengan menjalankan operasi pembersihan real-time. Karena aplikasi itu hanya akan membuat perangkat menjadi lebih lambat.

Membersihkan RAM smartphone dapat memberi Anda dorongan kinerja instan saat menutup berbagai aplikasi yang tidak diinginkan yang mengkonsumsi RAM Android.


Rekomendasi :
BERBAGI
[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.