Google Luncurkan Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Android

155

Aplikasi penghemat kuota internet untuk Android memang sudah banyak tersedia. Namun, Google baru saja meluncurkan aplikasi terbaru mereka yang disebut Datally yang mampu menghemat data seluler perangkat Android.

Aplikasi Hemat Kuota Google Datally
Aplikasi Hemat Kuota Google Datally

Saat ini, Google sedang menguji aplikasi penyimpanan data dan mengatakan bahwa aplikasi tersebut dapat memahami pola penggunaan data pengguna dan juga menyarankan cara untuk menyimpan data seluler yang bisa mengurangi pemakaian data hingga 30%.


Secara keseluruhan, aplikasi tersebut kompatibel dengan OS Android 5.0 dan yang lebih tinggi. Selain itu, juga menggunakan koneksi VPN untuk menganalisis lalu lintas pengguna.

Menghentikan data latar belakang tampaknya tidak menjadi solusi yang terbaik karena dapat menurunkan pengalaman pengguna. Saat ini permasalah utama pengguna Android adalah borosnya pemakaian kuoat internet, sehingga aplikasi penghemat data lebih bermanfaat bagi mereka.

Sebenarnya banyak fitur di Datally ini yang sudah lama menjadi bagian Android di bagian bawah menu Settings. Namun, jika hadir dalam bentuk aplikasi akan membuatnya lebih mudah digunakan.

Fungsi penghemat data dapat diaktifkan hanya dengan cara menggeser tombol pengunci pada layar utama. Pengguna dapat memantau penggunaan data per aplikasi dalam hitungan jam, hari, minggu, dan bulan di layar Kelola Data.

Lebih menariknya lagi, pengguna juga dapat menonaktifkan atau mengaktifkan pemblokiran data latar belakang untuk aplikasi tertentu jika mereka menginginkannya.

Sedangkan untuk fitur lainnya, juga dapat menyarankan jaringan WiFi terdekat berdasarkan lokasi pengguna. Melalui Google maps, aplikasi juga menyediakan arahan ke tempat jaringan WiFi hadir.

Google, telah memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana manfaat utama aplikasi Datally bagi pengguna:

Aplikasi ini akan membantu memahami penggunaan kuota internet Anda, dan memberikan rincian penggunaan setiap jam, setiap hari, mingguan, atau bulanan.

Pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi hasil personalisasi, bagaimana cara menghemat kuota internet Android yang lebih banyak.

Dengan menyalakan gelembung “Data Saver”, aplikasi memblokir penggunaan data latar belakang dan melacak penggunaan data real-time saat menggunakan setiap aplikasi Anda. Google mengatakan bahwa itu seperti speedometer untuk data Anda.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghemat kuota dengan cara memberi tahu jika Anda berada di dekat Wi-Fi umum dan membantu Anda terhubung.

Pengguna juga diberi kesempatan untuk menilai kualitas jaringan untuk kepentingan pengguna di masa depan. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya? Aplikasi Datally saat ini sudah tersedia dan bisa di unduh secara gratis di Google Play Store.

BERBAGI

[rizky@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang pecinta gadget sejak kecil, dan mulai belajar menulis artikel tentang teknologi sejak kuliah, kesibukan saya adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta dan menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.