Asima Chatterjee Seorang Ahli Kimia, Jadi Google Doodle Hari Ini

17

Asima Chatterjee merupakan seorang dengan prestasi besar sebagai ahli kimia yang sedemikian rupa, sehingga Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke 100 Dr. Chatterjee, inilah ceritanya. Siapa Asima Chatterjee? Asima Chatterjee lahir di Bengal pada tanggal 23 September 1917, dan dibesarkan di Calcutta, salah satu kota terbesar di India.

Asima Chatterjee Google Doodle Hari Ini
Asima Chatterjee Google Doodle Hari Ini

Meskipun pada saat itu sangat tidak biasa bagi wanita untuk belajar kimia, namun dia bisa lulus dari Universitas Calcutta dengan prestasi terbaik pada tahun 1936. Chatterjee kemudian menyelesaikan gelar master dalam kimia organik, sebelum menjadi wanita pertama di India yang menerima gelar Doktor Ilmu Pengetahuan pada tahun 1944.

Penelitiannya utamanya berfokus pada sifat obat tanaman India, dan berkontribusi terhadap pengembangan obat-obatan yang sekarang digunakan untuk mengobati epilepsi dan malaria. Namun, karyanya yang paling mulia adalah di bidang alkaloid vinca, yang digunakan saat ini dalam kemoterapi karena dapat membantu memperlambat sel kanker agar tidak bertambah banyak.

Dengan segudang prestasi tersebut, Dr. Chatterjee telah menerima berbagai penghargaan bergengsi, seperti Padma Bhushan yang merupakan salah satu penghargaan sipil tertinggi yang dianugerahkan oleh pemerintah India.

Selain itu, pada tahun 1975 ia menjadi wanita pertama yang ditunjuk sebagai ketua umum Kongres Ilmu Pengetahuan India. Dia memiliki satu anak, seorang anak perempuan bernama Julie, bersama suaminya Dr. Baradananda Chatterjee, dan meninggal pada tahun 2006 di panti jompo pada usia 90 tahun.

Apa itu Google Doodle? Pada tahun 1998, pendiri mesin pencari Larry dan Sergey menarik seorang tokoh utama di belakang Google yang kedua, sebagai pesan bahwa mereka tidak berada di kantor pada festival Burning Man dan dengan itu, Google Doodles lahir.

Sejak saat itu, perusahaan memutuskan bahwa mereka harus menghias logo untuk menandai momen budaya dan pengguna akhirnya benar-benar menikmati perubahan yang ada di beranda Google. Pada tahun yang sama, kalkun ditambahkan ke Thanksgiving dan dua labu muncul sebagai huruf O untuk Halloween tahun berikutnya.

Sekarang ini ada tim khusus doodlers yang terdiri dari ilustrator, desainer grafis, animator dan seniman klasik terlatih yang akan membantu menciptakan apa yang Anda lihat. Jika Google Doodle hari ini dengan tema Asima Chatterjee, tema untuk Minggu ini adalah perayaan Autumn Equinox 2017, yang menandai berakhirnya musim panas dan musim gugur yang akan datang.

BERBAGI

Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.