Resmi Meluncur, Begini Cara Termudah Update iOS 11

Diposting pada

Update iOS 11 saat ini telah tersedia untuk pengguna iPhone, iPod Touch dan iPad. Apple iOS 11 telah dirilis pada pukul 10.00 waktu Pasifik seperti pembaruan iOS sebelumnya. Berikut adalah sekilas fitur unggulan dari iOS 11, bagaimana cara update, dan daftar lengkap perangkat yang kompatibel.

Cara Update iOS 11
Cara Update iOS 11

Peluncuran iOS 11 akan dimulai pada 19 September kemarin. Pengguna dengan perangkat iPhone yang kompatibel termasuk iPad, iPod Touch bisa mendownload pembaruan iOS 11 langsung di perangkat mereka. Pengguna akan mendapatkan notifikasi di perangkat mereka yang memperingatkan mereka tentang pembaruan baru yang diberikan via OTA.

Namun jika tidak ada notifikasi, Anda cukup buka Setelan -> Tentang -> Pembaruan Perangkat Lunak di perangkat iOS dan periksa apakah pembaruan telah tiba. Jika tersedia Anda bisa mendownloadnya dan kemudian menginstalnya. Selain itu, ada juga pilihan untuk menginstalasi melalui perangkat lunak iTunes di MacBook Anda. Kami akan menjelaskan langkah di bawah ini.

Apakah perangkatmu kompatibel dengan iOS 11? ini bisa Anda lihat pada daftar perangkat yang kompatibel dengan iOS 11 yang telah kami berikan sebelumnya. Sekedar informasi, bagi pengguna perangkat lama termasuk iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, tidak akan bisa melakukan pembaruan karena sekarang ini Apple tidak lagi mendukung perangkat lunak mereka.

Ada juga pilihan untuk memasukkan perangkat iOS ke Mac, dan memperbarui melalui iTunes. Caranya cukup mudah, hanya dengan masuk ke iTunes, ketuk perangkat, lihat apakah pembaruan iOS 11 telah tersedia dan selanjutnya mulai mengunduh melalui MacBook. Pastikan untuk melakukan backup data penting di perangkat iOS Anda sebelum Anda menekan update untuk menghindari kehilangan data.

Apple iOS 11 hadir dengan App Store yang baru didesain ulang, seperti Control Center, perbaikan pada Kamera dan Foto. Sedangkan untuk dukungan besar lainnya adalah fokus pada Augmented Reality dengan ARKit yang diluncurkan bagi pengembang untuk membuat aplikasi AR yang lebih baru. Khusus iOS 11 pada perangkat iPad, terdapat fitur multitasking baru, aplikasi File dan masih banyak lagi.

Banyak fitur baru iOS 11 yang patut dicoba, salah satunya sekarang mendukung modus portrait kamera pada mode iPhone 7 Plus. Mode portrait sekarang telah mendukung stabilisasi gambar optik, HDR dan True Tone flash. Apple juga mengatakan bahwa foto dan video sekarang hanya membutuhkan lebih sedikit ruang dengan format gambar dan video HEIF dan HEVC yang baru.

Apa lagi yang baru? Apple Maps sekarang telah memiliki peta dalam ruangan untuk bandara dan pusat perbelanjaan, dan ada juga mode DND saat mengemudi. Selain itu, pengguna iPad juga akan melihat dock pembaruan untuk mengakses aplikasi terbaru mereka yang paling sering digunakan, aplikasi favorit, dan dapat mengubah ukurannya.

Tak hanya itu, aplikasi juga dapat dengan mudah dimulai di Slide Over dan Split View dari Dock itu sendiri. Ada juga multi-Touch untuk memindahkan beberapa item pada saat bersamaan dan kemampuan untuk mencari teks tulisan tangan itu sendiri. Selain itu juga ada Aplikasi File baru akan membiarkan pengguna menelusuri, mencari dan mengatur file dan akan bekerja dengan iCloud Drive dan penyedia file awan pihak ketiga.