Gerhana Matahari Total Hari Ini Lintasi Amerika

Diposting pada

Pada hari ini Senin 21 Agustus 2017, seluruh wilayah Amerika akan disuguhi gerhana matahari. Siapa pun yang berada di jalur totalitas dapat melihat pemandangan alam yang paling menakjubkan yaitu gerhana matahari total.

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total

Fenomena langka ini akan terjadi saat bumi, matahari, dan bulan berada pada satu garis. Posisi bulan yang berada di antara matahari nantinya akan menutup sinar matahari ke bumi, sehingga terjadi gerhana matahari baik total maupun parsial.

Gerhana matahari total akan benar-benar menutupi matahari dan atmosfir tipis matahari, fenomena alam ini akan membentang dari Salem, Oregon sampai Charleston, South Carolina di sepanjang 70 mil.

Sementara itu, di luar jalur ini masih akan melihat gerhana matahari parsial dimana bulan akan menutupi sebagian dari matahari. Gerhana matahari sebagian di beberapa wilayah di bervariasi, misalnya di New York akan terlihat sekitar 71%.

Totalitas akan berlangsung paling lama sekitar 2 menit 40 detik sehingga jika cuaca sedang buruk, kemungkinan akan berpotensi menghalangi pandangan. Selama ini gerhana matahari total memang jarang terjadi di daratan luas seperti Amerika.

Namun gerhana matahari total ini akan menjadi fenomena alam pertama yang akan menjangkau semua daerah di Amerika Serikat sejak tahun 1918, dan juga menjadi yang pertama bisa dilihat di total 48 negara bagian dalam kurun waktu 38 tahun terakhir.

Jika tahun lalu tepatnya pada 9 Maret 2016, gerhana matahari total hanya bisa dilihat di wilayah Indonesia, pada 21 Agustus 2017 ini giliran wilayah Amerika Serikat yang hanya bisa melihat gerhana matahari total.

Menurut prediksi ilmuan, gerhana matahari total di masa yang akan datang kemungkinan besar tidak bisa terlihat lagi dari Bumi. Hal ini karena ketika jarak bulan menjadi semakin jauh dari Bumi, bulan sudah tidak bisa menutup matahari lagi seperti sekarang.

Banyak ilmuwan yang memperkirakan jika fenomena langka gerhana matahari total yang terakhir di Bumi adalah kurang lebih sekitar 600 juta tahun jika dihitung dari sekarang.

Anda harus berada wilayah di Amerika Serikat jika ingin melihat secara langsung, namun jangan khawatir gerhana matahari total tersebut bisa di lihat dari rumah di website resmi NASA via streaming mulai pukul 12.00 hingga 16.00 EST.