Google Membatalkan Pendaftaran Domain Neo-Nazi The Daily Stormer

Diposting pada

Google Alphabet Inc menarik dukungan domain web untuk The Daily Stormer pada hari Senin, tepatnya tiga jam setelah penolakan dari registri yang lain. Situs neo-Nazi yang dipindahkan ke sistem registri milik Google tersebut ditolak karena dianggap telah melanggar persyaratan layanan.

Google Domains
Google Domains

Google membatalkan pendaftaran Daily Stormer dengan Google Domains karena melanggar persyaratan layanan kami, kata juru bicara Google. Daily Stormer merupakan sebuah situs supremasi kulit putih, yang memindahkan registri domain web mereka ke Google setelah sebelumnya GoDaddy Operating Co menarik layanannya pada hari Minggu.

Sebelumnya GoDaddy menganggap Daily Stormer telah melanggar persyaratan layanan perusahaan tersebut. Karena Daily Stormer telah memberikan dukungan tentang demonstrasi di Charlottesville, Virginia akhir pekan lalu yang menyebabkan satu korban meninggal.

Sebuah situs web memang dapat mendaftar secara otomatis untuk mendapatkan dukungan back-end menggunakan sistem Google. Namun setelah Daily Stormer mendaftar, Google memutuskan bahwa situs tersebut tidak memenuhi peraturan untuk dukungan dan periklanan web, yang melarang konten yang dapat memicu kekerasan.

Namun setelah itu, The Daily Stormer kembali online dan berlangsung kurang dari satu hari dengan berganti domain baru .RU. Setelah sempat online beberapa jam, registrar Rusia Ru-Center juga membatalkan pendaftaran domain tersebut. Keputusan tersebut diambil setelah Ru-Center menerima rekomendasi dari Roskomnadzor yang merupakan sensor federal Rusia.

Seorang perwakilan untuk perusahaan holding media RBC, yang memiliki Ru-Center, mengatakan kepada situs TJournal, bahwa registrar menerima surat dari Roskomnadzor pada malam 16 Agustus. Dimana regulator Meminta perusahaan untuk membatalkan pendaftaran domain RIA Daily Stormer, dan kemudian secara efektif memblokir akses ke situs web di URL ini.

Ru-Center awalnya mendaftarkan domain tersebut dalam proses otomatis, dan memang melakukan puluhan ribu registrasi ini setiap hari, kata RBC Yegor Timofeyev kepada TJournal. Dia mengatakan surat dari Roskomnadzor meminta mereka untuk mempertimbangkan kemungkinan melakukan deregistering domain karena fakta bahwa situs web menyebarkan konten ekstremis.

Dalam suratnya ke Ru-Center, sensor Rusia secara langsung menuduh The Daily Stormer telah menyebarkan ekstremisme, namun tidak secara hukum memerintahkan petugas pendaftaran untuk menurunkan situs web tersebut. Namun setelah membaca rekomendasi Roskomnadzor, Ru-Center secara teknis membuat keputusan ini sendiri.

Saat ini, perundang-undangan Rusia memang telah menetapkan tindakan yang sangat ketat terhadap ekstremisme online. Situs The Daily Stormer selama ini dianggap telah menyebarkan ideologi neo-Nazi, memicu kerusuhan sosial, etnis, dan bentuk-bentuk kerusuhan sosial lainnya.