MIUI 9 Akan Dirilis Bulan Depan, Xiaomi Mi 6 Yang Pertama?

10

Desain antar muka Xiaomi terbaru berikutnya yaitu MIUI 9 dilaporkan akan segera diluncurkan dan yang akan mendapatkan pembaruan untuk pertama kali adalah Xiaomi Mi 6. Informasi tersebut kami kutip dari sebuah posting di forum resmi MIUI di China.

Xiaomi MIUI 9
Xiaomi MIUI 9

Sumber yang di posting oleh salah satu admin tersebut menegaskan lebih jauh bahwa pengembangan MIUI 9 hampir selesai setelah dikerjakan secara intensif oleh para insinyur Xiaomi lebih dari satu bulan. Update terbaru MIUI 9 tersebut diharapkan siap untuk diluncurkan sesuai jadwal resmi yang telah di tentukan.

Selain itu, Wakil Presiden Pemasaran Xiaomi sebelumnya juga telah membagikan berbagai rincian mengenai pembaruan tersebut dan memastikan bahwa MIUI 9 akan dirilis pada pertengahan Agustus, atau bahkan lebih cepat.

Antar muka eksklusif Xiaomi untuk OS Android sebelumnya yakni MIUI 8 telah ada sejak Juni 2016, dan juga tersedia mencakup beragam versi OS Android, mulai dari Android 4.4.4 KitKat sampai Android Nougat.

Menurut laporan sebelumnya, skin MIUI 9 yang akan datang tidak akan mengenalkan terlalu banyak perubahan pada antarmuka pengguna, namun demikian pembaruan tersebut diharapkan mencakup serangkaian ikon yang didesain ulang dan beberapa fitur baru seperti Picture in Picture dan lainnya.

PiP serta mode Split Screen, keduanya bertujuan untuk memudahkan multitasking sehingga diharapkan akan menambah pengalaman baru yang lebih baik. Selain itu juga akan di tambah fitur baru yaitu dengan memperkenalkan fungsi perekaman layar dan tambahan lainnya. Update MIUI 9 yang akan datang ini juga diperkirakan akan memperbaiki kinerja perangkat dan mengoptimalkan masa pakai baterai.

Saat ini memang belum banyak hal lain yang diketahui tentang apa yang akan dimiliki oleh MIUI 9 untuk penggunanya. Namun menurut admin yang disebutkan di atas pada forum MIUI,  pemilik Xiaomi Mi 6 akan menjadi orang pertama yang menerima update terbaru pada perangkat mereka dalam minggu berikutnya dan paling lambat adalah 16 Agustus bulan depan.

Sumber tersebut juga telah menambahkan bahwa dukungan MIUI 9 akan terus diperluas dan menjangkau model smartphone Xiaomi lain yang tidak ditentukan di kemudian hari, walaupun tidak ada rincian lain mengenai ketersediaan update pada perangkat ini yang telah dikonfirmasi sejauh ini.

Mi 6 sendiri saat ini merupakan smartphone terbaru Xiaomi dengan spesifikasi yang gahar, yang didukung oleh SoC Qualcomm Snapdragon 835, RAM berkapasitas 6GB, dan dua pilihan penyimpanan internal yaitu 64GB atau 128GB.

Sementara itu pada bagian belakang perangkat mengakomodasi pengaturan dual kamera yang terdiri dari dua sensor 12 megapiksel dengan stabilisasi gambar optik 4 sumbu (OIS), dan juga tersedia dengan bodi keramik atau kaca.

Sekedar informasi, acara peluncuran MIUI 9 akan segera datang bersama peluncuran smartphone terbaru Xiaomi yakni Mi 5X yang akan berlangsung pada 26 Juli, 14:00 (GMT + 8) di China National Convention Center.

Kabar baiknya, Xiaomi saat ini telah membuka kesempatan kepada pengguna untuk menjadi Beta Testers MIUI 9 China ROM. Bagi Anda yang tidak sabar untuk mencoba MIUI 9 ini adalah kesempatan untuk Anda yang ingin menjadi pengguna pertama yang bisa menguji MIUI 9.

Berikut ini adalah perangkat yang dapat mecoba Beta Testers MIUI 9 China ROM:

  • Mi Pad 1
  • Mi Pad 2
  • Mi 2/2S
  • Mi 3
  • Mi 4S, Mi 4c, Mi 4
  • Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi 5c, Mi 5
  • Mi 6
  • Mi Note/Pro, Mi Note 2
  • Mi MIX, Mi Max 2, Mi Max
  • Redmi 1S, Redmi 1
  • Redmi 2A, Redmi 2/Prime
  • Redmi Note, Redmi Note 2, Redmi Pro
  • Redmi 3S/Prime, Redmi 3
  • Redmi Note 3 (MTK), Redmi Note 3 (SD)
  • Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 4, Redmi 4 Prime
  • Redmi Note 4X (MTK), Redmi Note 4X (SD), Redmi Note 4

BERBAGI

Hi, Saya adalah seorang yang meyukai dunia teknologi, terutama smartphone. kesibukan saya sekarang adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta, dan juga menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.