Review

Xiaomi Mi 6 vs Samsung Galaxy S8, Pilih Mana?

Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6 adalah smartphone high-end terbaru dengan chipset yang sama. Kedua ponsel ini hadir dengan penampilan kelas atas dan juga hardware papan atas, jika bicara tentang harga, ternyata keduanya dibanderol dengan harga yang jauh berbeda.

Xiaomi Mi 6 vs Samsung Galaxy S8
Xiaomi Mi 6 vs Samsung Galaxy S8

Beragam fitur unggulan terbaru juga telah disematkan, Jika Galaxy S8 menawarkan desain tanpa bingkai kali ini Mi 6 menawarkan kamera belakang ganda yang hampir sama dengan iPhone 7 Plus.

Samsung Galaxy S8 dan Xiaomi Mi 6 sama-sama menggunakan bodi kaca dan metal namun kedua ponsel tersebut tetap terlihat berbeda. Galaxy S8 dengan layar tanpa bingkai, desainnya terlihat seperti smartphone dari masa depan.

Disisi lain, Mi 6 memiliki desain yang lebih umum dan jika di cermati sebenarnya ini sangat mirip dengan Huawei Honor 8 terutama jika dilihat dari belakang. Meski Mi 6 memiliki ukuran jauh lebih kecil dari Galaxy S8 namun bobotnya lebih berat, selain itu dalam hal daya tahan Xiaomi Mi 6 lebih unggul dengan baterai yang lebih besar.

Sementara Galaxy S8 memiliki pemindai sidik jari yang terpasang di belakang, Mi 6 memiliki solusi front-mounted. Xiaomi telah memasukkan pemindai sidik jari ultrasonik di bawah kaca di Mi 6 yang berarti Anda hanya perlu menyentuh area kaca untuk membuka kunci telepon.

Mi 6 hadir dengan bezel lebar yang tebal di bagian atas dan juga di bagian bawah. Sedangkan bagian depan Galaxy S8 terlihat bersih tanpa tombol apapun. Galaxy S8 yang memiliki layar hampir tanpa bezel ini menawarkan sebanyak 83 persen real estat. Sebenarnya, Galaxy S8 masih memiliki tombol home di bagian depan yang tak kasat mata, seperti yang Samsung sebut.

Selain dibekali pemindai sidik jari, Galaxy S8 juga dilengkapi pemindai iris dan pengenalan wajah untuk keamanan tambahan termasuk Samsung Knox dan Samsung Pay juga. Jika Galaxy S8 dilengkapi sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu. Mi 6, sebaliknya, menawarkan splash-resistance yang merupakan yang pertama untuk smartphone Xiaomi.

Galaxy S8 hadir dengan apa yang Samsung sebut sebagai layar Infinity. Ini membanggakan layar tepi ke tepi dan aspek rasio 18,5: 9 yang tidak biasa. Galaxy S8 adalah ponsel dengan layar 5,8 inci beresolusi 2960×1440 pixel (WQHD +) dan panel Super AMOLED, sementara itu Mi 6 hadir dengan layar 5.15 inci 1080p dengan pengurangan silau dan penyesuaian 0,15-nit dari 4096 tingkat kecerahan.

Galaxy S8 didukung oleh Snapdragon 835 Octa-core 4x 2.35GHz Kryo & 4x 1.9GHz Kryo dengan Adreno 540, RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB yang juga dapat diupgrade hingga 256GB melalui kartu microSD. Di sisi lain, Mi 6 juga didukung oleh chipset Snapdragon 835 Octa-core 4x 2.45GHz Kryo & 4x 1.9GHz Kryo dengan GPU Adreno 540, RAM 6GB, dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB.

Galaxy S8 dan Mi 6 menawarkan port dual-SIM, 4G LTE dan USB Type-C untuk pengisian dan sinkronisasi data. Sementara Mi 6 menjalankan Android Nougat berbasis MIUI 8, Galaxy S8 hadir dengan Samsung Experience UX berbasis Nougat.

Galaxy S8 dilengkapi dengan kamera belakang 12 megapiksel (Dual Pixel) dengan aperture f/1.7 dan optical image stabilization. Sementara kamera belakang sebagian besar sama dengan yang ada di Galaxy S7 dan Galaxy S7. Pada saat yang sama, aplikasi kamera sekarang menampung serangkaian animasi baru yang menarik untuk menambahkan efek AR ke foto. S8 hadir dengan kamera 8 megapiksel dengan autofocus di bagian depan.

Sedangkan untuk Mi 6 dilengkapi dengan pengaturan dual kamera di bagian belakang 12 megapiksel + 12 megapiksel dimana satu lensa sudut lebar sementara yang lainnya telephoto. Mi 6 menawarkan zoom optik 2X dan zoom digital 10X dan secara teknis akan menghasilkan gambar yang jauh lebih jelas dan efek bokeh profesional dalam potret. Kemdian Di bagian depan Mi 6 hadir dengan kamera 8 megapiksel.

Mi 6 hadir dengan setup speaker stereo, sementara Galaxy S8 hadir dengan speaker mono di bagian bawah. Sementara Galaxy S8 didukung oleh baterai 3.000 mAh, Mi 6 menawarkan baterai 3,350mAh yang lebih besar.

Baiklah sekarang kita akan bicara mengenai harga, Xiaomi Mi 6 telah dijual dengan harga RMB 2,499 atau sekira Rp 4,9 jutaan untuk versi RAM 6GB storage 64GB, RMB 2,899 atau sekira Rp 5,6 jutaan untuk versi RAM 6GB storage 128GB dan RMB 2,999 atau sekira Rp 5,8 jutaan untuk versi keramik dengan edisi terbatas. Sedangkan Samsung Galaxy S8 versi Snapdragon 835, RAM 4GB, storage 64GB di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 10.499.000.

Siska

[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button