Begini Cara Menghapus Aplikasi di iPhone

7

Setelah mendownload banyak aplikasi yang menurut Anda cukup bagus, tanpa terasa ruang penyimpanan iPhone Anda sekarang mulai penuh. Sehingga kemungkinan besar akan membutuhkan 20 gesekan lebih untuk menavigasi dari satu layar sampai ke layar terakhir.

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone
Cara Menghapus Aplikasi di iPhone

Di sinilah Anda harus memulai tindakan untuk masuk dan menghapus aplikasi secara manual dari perangkat Anda. Seperti pada perangkat lainnya, menghapus aplikasi di iOS caranya juga sangat mudah.

Anda tidak membutuhkan teknik khusus untuk menghapus aplikasi dan membebaskan ruang penyimpanan pada perangkat. Sebenarnya, proses yang sama juga berlaku untuk menghapus aplikasi dari semua perangkat iOS, termasuk iPad dan iPad Mini.

Ada dua metode yang sama efektifnya untuk menghapus aplikasi dari iPhone Anda. Anda bisa memilih metode mana saja yang paling sesuai dengan Anda. Berikut ini akan kami berikan dua cara termudah untuk menambah penyimpanan internal di iPhone.

Metode 1: Menghapus Apps secara Langsung dari Layar Awal

Katakanlah Anda ingin menghapus Candy Crush dari iPhone atau iPad Anda. Permainannya yang sangat adiktif ini mungkin akan menghabiskan semua produktifitas Anda sehingga ingin menghapusnya.

Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

Langkah 1

Cari aplikasi di layar utama Anda dan Jangan membukanya tapi hanya mencari di mana aplikasi itu berada. Biasanya, untuk membuka aplikasi, Anda harus mengetuk ikonnya. Alih-alih melakukan itu, tekan ikon dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 2

Anda akan melihat bahwa semua ikon di layar akan mulai bergoyang dan akan ada tanda ‘X’ kecil di sudut kanan atas setiap ikon. Kemudian tekan tanda ‘X’ ini.

Langkah 3

Jendela pop-up akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menghapus aplikasi. Tekan ikon yang mengatakan ‘Hapus’ dan aplikasi akan dihapus dari iPhone Anda. Perhatikan bahwa Anda tidak akan melihat tanda ‘X’ dan tidak bisa menghapus aplikasi iOS resmi bawaan yang sebelumnya telah di install ke dalam sistem termasuk Kamera, Mail, Facetime, dll.

Langkah 4

Tekan tombol Home dan ikon akan berhenti bergoyang. Layar akan kembali normal dan pastikan aplikasi yang baru saja Anda hapus sudah hilang. Apakah Anda masih bingung dengan metode 1? berikut ini akan kami berikan cara alternatif yang lebih mudah.

Metode 2: Menghapus Apps dari menu Settings

Dengan metode alternatif ini, Anda dapat menghapus aplikasi langsung dari setelan iPhone Anda. Keuntungannya disini adalah Anda dapat melihat berapa banyak ruang yang telah digunakan untuk suatu aplikasi.

Sebagai contoh, misalnya kita ingin menghapus permainan Plants vs Zombies. Mungkin ini adalah permainan yang bagus, tapi perlu Anda ketahui game ini lebih adiktif dari Candy Crush. Sehingga akan berpotensi akan melawan keinginan untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk melawan zombie dengan peashooters. Solusi terbaik adalah kita akan menghapus permainan tersebut dari iPhone atau iPad kita.

Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

Langkah 1

Ketuk ‘Settings’ di layar awal Anda. Ini akan terlihat seperti cogwheel. Ini harus terbuka secara otomatis ke tab ‘Umum’. Kemudian ketuk tombol ‘Penggunaan’.

Langkah 2

Tab Penggunaan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda dan juga akan menunjukkan berapa ruang yang telah dikonsumsi. Anda juga dapat melihat jumlah ruang kosong yang Anda miliki saat ini pada perangkat Anda dan di akun iCloud Anda. Untuk mulai melakukannya Anda harus mengetuk ‘Tampilkan semua Aplikasi’ untuk melihat aplikasi yang ingin Anda hapus.

Langkah 3

Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus. Kemudian Anda sekarang akan melihat layar yang menunjukkan penggunaan, nama aplikasi, versi, dan ruang aplikasi. Selain itu Anda juga akan melihat sebuah tombol untuk ‘Hapus Aplikasi’ dan untuk memulainya silahkan ketuk tombol ini.

Langkah 4

Sekali lagi, iOS akan menanyakan apakah Anda ingin menghapus aplikasi secara permanen. Selanjutnya Pilih ‘Hapus Aplikasi’ untuk menghapus game¬†Plants vs Zombies dari perangkat Anda.

Bagaimana, mudah bukan cara menghapus aplikasi di Iphone yang telah kami berikan? setelah selesai melakukan langkah di atas, sekarang ini ruang penyimpanan iPhone Anda pastinya akan bertambah dan aplikasi yang jarang digunakan sudah tidak ada lagi.

BERBAGI

Hi, Saya adalah seorang yang meyukai dunia teknologi, terutama smartphone. kesibukan saya sekarang adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta, dan juga menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.