Review

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7

Oppo merupakan produsen smartphone asal China yang saat ini terlihat semakin gencar untuk mengekspansi pasar ponsel pintar di Indonesia. Salah satu ponsel yang pernah meraih kesuksesan di tanah air adalah Oppo Neo 7 yang menjadi penerus dari Oppo Neo 5, bahkan penjualannya tercatat telah melebihi target dari seri sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7
Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7

Oppo Neo 7 dilengkapi dengan layar kapasitif multi-touch berukuran 5 inci memiliki resolusi 960 x 540 piksel 220 ppi dan dapat menampilkan 16 juta warna dengan sudut pandang lebar. Ukuran layar ini sangat nyaman untuk digunakan karena terasa pas saat digenggaman.

Hadir dengan desain unibody yang elegan dan mulus, ponsel ini memiliki dimensi tinggi 142.7 mm, lebar 71.7 mm, tebal 7.6 mm dan berat 141 gram. Memiliki desain frame ramping yang unik sehingga akan terasa nyaman saat berada di genggaman.

Pada bagian software, menjalankan OS Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka ColorOS 2.1 yang menawarkan pengalaman berbeda pada perangkat Android. Selain dapat memberikan kinerja perangkat yang lebih cepat, UI  ColorOS ini juga diklaim mampu mengoptimalkan daya tahan baterai.

Kemudian untuk hardware, didukung oleh chipset Snapdragon 410 yang memiliki prosesor quad core 1.2 GHz didasarkan pada cortex A53. Snapdragon 410 merupakan sebuah chipset yang juga di gunakan oleh Xiaomi Redmi 2, dan memiliki kekuatan yang cukup untuk menjalankan semua aplikasi dan bermain game.

Selain itu, HP Oppo seri Neo ini memiliki kapasitas RAM sebesar 1 GB,  penyimpanan internal 16 GB dengan dukungan slot microSD hingga 32 GB, pengolah grafis GPU Adreno 306, dan baterai non-removable dengan kapasitas 2420 mAH yang akan bertahan seharian dalam penggunaan normal.

Pada sektor fotografi, Oppo Neo 7 hadir dengan kamera belakang 8 MP  f/2.0 aperture dan kamera depan 5 MP. Kamera belakangnya mendukung touch focus dan deteksi wajah serta dilengkapi dengan mode HDR dan panorama. Sedangkan untuk kamera depan dilengkapi dengan beauty 3.0.

Oppo Neo 7 juga dilengkapi berbagai plugin yang dapat meningkatkan fungsionalitas kameranya, dan plugin ini dapat dihapus atau ditambahkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekedar informasi, Oppo Neo 7 ini memiliki dua varian yaitu versi 3G dan 4G. Berikut ini adalah perbedaan antara kedua model tersebut.

Oppo Neo 7 3G menggunakan chipset Mediatek MT6582 quad core 1.3 GHz Cortex A7 dengan GPU Mali 400MP2, sedangkan untuk Oppo Neo 7 4G didukung oleh chipset Snapdragon 410 quad core 1.2 GHz Cortex A53 dengan GPU Adreno 306.

Kekurangan Oppo Neo 7

  • Baterai non-removable (tidak bisa di lepas)
  • Tidak mendukung pengisian cepat
  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Kapasitas RAM hanya 1 GB
  • Belum dilengkapi perlindungan layar
  • Hanya memiliki resolusi layar 540 x 960 piksel

Kelebihan Oppo Neo 7

  • Memiliki layar IPS berukuran 5.0 inci
  • Desain unibody yang elegan dan frame ramping
  • Kapasitas penyimpanan internal 16 GB
  • Mendukung slot kartu microSD
  • Berjalan pada OS Android 5.1 Lollipop
  • Kapasitas baterai 2420 mAh
  • Mempunyai kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP

Dewi

[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button