Begini Cara Termudah Cek Imei dan Nomor Seri di iPhone

Diposting pada

Memiliki perangkat iPhone terbaru dengan harga yang sangat murah pastinya adalah impian dari banyak orang. Namun produk buatan Apple tersebut hingga sekarang ini masih di banderol dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan produk smartphone lainnya.

Cara Cek Imei iPhone
Cara Cek Imei iPhone

Hal ini sangat masuk akal karena Apple selalu menghadirkan produk berkualitas yang didukung dengan fitur keamanan yang sangat baik seperti iCloud. Jika Anda hendak membeli perangkat buatan Apple terutama iPhone, iPad, dan iPod, jangan sampai tergiur dengan penawaran harga murah yang tidak masuk akal.

Karena bisa jadi produk tersebut bukanlah iPhone asli, melainkan replika. Sebenarnya mengetahui iPhone yang asli caranya sangat mudah dan hanya dengan beberapa langkah sederhana Anda sudah bisa mengetahuinya, salah satunya adalah dari IMEI dan No. serinya.

Imei atau (International Mobile Station Equipment Identity) ini, merupakan salah satu dari identitas pada smartphone yang paling penting yang berguna untuk membedakan antara perangkat lainnya. Sehingga antara smartphone 1 dengan ponsel 2 akan memiliki IMEI yang berbeda meskipun dibuat oleh produsen yang sama.

Mengetahui Imei yang ada pada smartphone termasuk iPhone adalah hal yang sangat penting, karena dapat menjadi salah satu penentu dari keaslian perangkat tersebut. Selain IMEI, setiap perangkat elektronik termasuk iPhone sudah pasti akan memiliki kode produksi pabrik yang disebut dengan serial number.

Sekedar informasi, serial number tersebut bukanlah nomor biasa karena beberkal nomor tersebut Anda dapat mengetahui beragam informasi identitas perangkat seperti tipe dan nama perangkat, tahun pembuatan dan liannya yang dapat digunakan untuk mengetahui masa berlaku garansi pada iPhone.

Ketika Anda akan menghubungi dukungan dari Apple, nantinya Anda akan memerlukan IMEI, MEID, dan juga nomor seri yang akan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat iOS. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi nomor tersebut, mulai dari bagian di menu pengaturan, pada bagian belakang perangkat, dan juga pada luar box.  Berikut adalah cek IMEI, MEID, dan Nomor Seri di iPhone, iPad, dan iPod.

Cara yang pertama dengan membuka menu pengaturan, umum, mengenai dan kemudian cari serial number, MEID, IMEI, dan juga ICCID perangkat. Anda bisa menyalin semua informasi tersebut kemudian menempelkan di formulir pendaftaran. Namun jika tidak ditemukan dengan cara tersebut, Anda masih bisa melihat pada bagian belakang perangkat dan juga pada bagian dalam SIM tray.

Selain melihat dari menu perangkat. Anda juga bisa melihat nomor seri perangkat pada di iTunes. Cara juga sangat mudah, langkah awal demgan menyambungkan perangkat iOS Anda ke komputer, kemudian secara otomatis iTunes akan diluncurkan, namun jika tidak Anda bisa membuka iTunes secara manual.

Selanjutnya akan ada opsi “temukan perangkat Anda” dan langkah selanjutnya klik tab ringkasan untuk mengetahui semua informasinya. Khusus untuk perangkat iPhone, klik opsi nomor telepon untuk melihat IMEI, MEID dan juga ICCID. Sedangkan untuk perngkat iPad pilih nomor seri untuk megetahui IMEI, MEID, CDN, dan ICCID. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan nomor seri dan IMEI, MEID menggunakan kode bar yang ada pada box asli.