Tips Hemat Kuota Internet Menggunakan Google Chrome

Diposting pada

Banyak user smartphone yang mengeluhkan borosnya kuota data internet terutama yang memakai os android dan banyak juga yang mencari cara biar hemat kuota nonton youtube dan masih banyak lagi, sebenarnya sudah banyak cara hemat kuota internet android yang ada di dunia maya dengan tips dan hasil yang berbeda.

Hemat Kuota Internet dengan fitur kompresi Google Chrome
Hemat Kuota Internet dengan fitur kompresi Google Chrome

Saat page web semakin interaktif, jumlah data yang diakses pengguna pun semakin meningkat drastis dan untuk saat ini masih banyak penyedia layanan internet yang selalu menetapkan kuota atau FUP data Jika kuota melebihi batas yang telah ditentukan, pihak penyedia layanan internet akan menurunkan kecepatan internet yang kita gunakan.

Permasalahan itu yang coba diatasi Google. Melalui fitur kompresi di browser Chrome, jumlah data yang kita gunakan saat mengakses situs bisa ditekan sampai 50%. hasilnya kita pun bisa berhemat kuota internet. Tapi perlu diingat kompresi ini hanya berlaku untuk Chrome versi smartphone Android dan iOS, sampai artikel ini di buat kompresi browser Chrome versi desktop belum tersedia.

Kalau di lihat secara teknis proses kompresi Chrome versi Android dan iOS dilakukan dengan menggabungkan proses proxy dan kompresi gambar. Halaman web yang kamu akses masuk dulu di server proxy Google seperti yang telah di jalankan di browser  opera mini. Setelah itu, gambar yang ada di halaman web tersebut biasanya berformat JPEG dan PNG di kompresi menjadi format WebP.

Bagi kamu yang belum tahu, WebP adalah format buatan Google yang bisa menampilkan sebuah gambar dengan kualitas tinggi setara JPEG dan PNG tapi dengan ukuran file yang lebih kecil. Karena nanti semua gambar di kompresi menjadi WebP, jumlah data halaman web yang kita akses bisa turun sampai 50%.

Tapi perlu di ingat, fitur kompresi ini harus kamu aktifkan dulu, seperti berikut:

Cara aktifkan fitur kompresi google chrome
Cara aktifkan fitur kompresi google chrome
  1. Pastikan kamu sudah update Google Chrome ke versi terbaru
  2. Klik Settings ->Bandwidth management
  3. Pada mode Reduce data usage -> Setting menjadi On.

Setelah pemakaian beberapa waktu, nanti kamu akan melihat berapa banyak data yang berhasil dihemat Melalui fitur kompresi.