Samsung SSD 850 Pro Dengan Kecepatan 470 MBps

Diposting pada

Solid state drive atau yang di kenal dengan SSD adalah teknologi terbaru pengganti HDD konvensional yang saat ini banyak di gunakan pada media penyimpanan data untuk PC dan laptop, teknologi SSD ini memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat hingga 470 MBps di banding HDD serta cara kerjanya hampir sama dengan kartu Micro SD dan Flash Disk.

ssd terbaik
ssd terbaik

Perusahaan asal Korea Samsung Electronics  ini sebelumnya sudah memperkenalkan teknologi memori flash TLC 3D V-NAND. Tetapi sekarang ini berencana untuk menggabungkan dengan teknologi yang terbaru 3D V-NAND 3-Bit untuk memproduksi SSD dengan harga yang lebih murah.

Sebelumnya Samsung juga  telah memperkenalkan prototipe SSD dengan basis memori flash NAND SSD 850 EVO speed up to 470 MBps di IFA 2014 Berlin, yang di klaim di buat dengan biaya produksi sangat murah serta memiliki performa yang cukup baik dan memiliki ketahanan yang jauh lebih lama.

Kelebihan SSD

  • Start-up lebih cepat, pada akses data yang lebih tinggi, keterlambatan/ penundaan membaca data (latency) yang lebih rendah dan waktu pencarian data (seek time) yang jauh lebih cepat
  • Tidak memiliki bising/ dengung (noise) mengingat tidak adanya komponen yang bergerak
  • Lebih hemat daya listrik, meskipun untuk SSD berbasis DRAM masih diperlukan catu daya yang cukup tinggi, namun jika dibandingkan dengan hard-disk konvensional masih jauh lebih hemat energi

Kabar terbaru Samsung saat ini mulai memproduksi memori flash 3D V-NAND MLC 3-bit. yaitu jenis SSD terbaru dengan harga murah dan performa lebih kencang, teknologi 3-bit V-NAND memungkinkan transisi penyimpanan data dari hard disk ke SSD menjadi lebih cepat.

SSD V-NAND 3-bit ini adalah generasi kedua Samsung yang menggunakan 32 lapisan cell ditumpuk dengan cara vertikal setiap chip dalam memori NAND, serta pada setiap chip akan tersedia kapasitas penyimpanan hingga 128 gigabit.

Pada struktur chip V-NAND produksi Samsung ini, setiap cell bisa terhubung secara elektrik dengan lapisan non-konduktif melewati teknologi CTF atau Charge Trap Flash. Setiap cell akan disusun secara vertikal bertumpuk dengan cell lain untuk membentuk multibillion-cell chip.

Teknologi SSD terbaru generasi kedua buatan Samsung itu, diharapkan akan menarik minat banyak konsumen baik untuk pengguna PC rumahan dan server perusahaan besar untuk beralih menggunakan SSD.