5 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik Gratis Tanpa Root

Diposting pada

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin merekam layar smartphone Android atau tablet mereka. Anda dapat merekam game dan berbagi video di YouTube atau media sosial lainnya dan juga dapat digunakan untuk membuat video tutorial menggunakan aplikasi.

Aplikasi Perekam Layar Android
Aplikasi Perekam Layar Android

Selain itu, ada juga beberapa orang yang hanya merekam layar perangkat android untuk koleksi pribadi. Tidak peduli apa alasan yang sebenarnya, Anda dapat dengan mudah merekam layar perangkat android dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berbeda dengan fitur screenshot yang built-in, Google tidak membuat fitur perekaman layar bawaan yang tersedia di platform Android. Jika ingin merekam layar ponsel Android, Anda harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga yang saat ini telah tersedia untuk di download di toko aplikasi Google Play Store.

Jika Anda memiliki perangkat yang menjalankan versi android terbaru, maka Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar berikut ini adalah 6 aplikasi perekam layar Android dengan mudah tanpa membutuhkan akses root.

1. One Shot Screen Recorder

Jika Anda ingin fitur editing video tambahan langsung dari dalam aplikasi perekaman video, maka One Shot Screen Recorder adalah salah satu pilihan yang tepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda memangkas rekaman layar dan juga dapat menangkap perekaman video time lapse.

Sehingga Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit video karena One Shot Screen Recorder sudah memiliki fitur untuk mengedit video dan mengunggahnya langsung dari app. Versi gratis dari aplikasi terdapat watermark pada video recorder, iklan, dan ikon pemberitahuan saat perekam aktif.

Sedangkan untuk versi berbayar dari One Shot Screen Recorder harganya adalah $ 1, hadir tanpa iklan, tanpa ikon pemberitahuan, tanpa watermark, dan memiliki kemampuan untuk menambahkan logo atau banner sendiri untuk video.

2. Screen Recorder

Jika Anda ingin cara sederhana dan mudah menangkap rekaman layar berkualitas tinggi pada smartphone Android, maka Secreen Recorder adalah aplikasi yang sempurna untuk Anda. Screen Recorder dapat di jalankan pada perangkat Android minimal Lollipop. Anda tidak memerlukan akses root untuk aplikasi ini selama perangkat menjalankan Android 5.0 Lollipop atau lebih tinggi.

Screen Recorder memungkinkan Anda merekam layar ponsel android yang Anda inginkan, namun Anda tidak dapat merekam audio karena memerlukan aplikasi versi pro. Dalam versi gratis, aplikasi ini tidak bisa di minimalis ketika perekaman dimulai tetapi Anda dapat dengan mudah mengedit bagian itu dalam alat editing video.

Cara menggunkannya juga cukup mudah yaitu hanya dengan menggoyangkan perangkat android untuk memulai merekam layar dengan aplikasi ini. Lisensi Screen Recorder Pro akan dikenakan biaya $ 2.89 dan Anda akan mendapatkan fitur seperti, rekaman audio, kemampuan untuk menambahkan banner selama perekaman, dan dapat meminimalkan saat merekam dimulai.

3. AZ Screen Recorder

Aplikasi perekaman layar untuk smartphone Android yang satu ini juga dapat berjalan pada Lollipop atau lebih tinggi. Aplikasi ini memberikan rekaman layar unlimited lengkap dengan audio gratis, tidak ada iklan dan tidak ada watermark untuk video sama sekali.

Anda dapat merekam video dengan audio tanpa harus membayar sepeser pun, namun jika Anda ingin fitur baru yang keren seperti tombol yang tak terlihat selama perekaman maka Anda harus membayar untuk versi Premium.

Versi Premium juga memungkinkan Anda membuat gif, menggambar di layar selama perekaman, dan fitur terbaik, termasuk kemampuan untuk menggunakan kamera depan untuk merekam wajah Anda ketika merekam layar. Versi premium dari AZ Screen Recorder harganya adalah $ 3.

4. Rec. (Screen Recorder)

Ini merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang terbaik untuk smartphone Android dan tablet. Rec. memungkinkan Anda merekam video HD hingga 5 menit dengan versi gratis. Anda juga dapat menyesuaikan kualitas rekaman dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan dan ruang penyimpanan perangkat Anda.

Jika Anda ingin memperpanjang durasi perekaman maka Anda harus membayar untuk versi pro. Versi pro akan membiarkan Anda merekam video layar HD hingga 1 jam dan juga memungkinkan untuk merekam audio dalam aplikasi dan audio mic.

Selain itu, pada versi pro juga tersedia fitur guncang perangkat untuk memulai merekam dan fitur menarik lainnya. Rec. Lisensi versi pro harganya adalah $ 3.29 dengan beberapa fitur tambahan untuk aplikasi.

5. ILOs Screen Recorder

Ini merupakan aplikasi perekam layar yang sederhana untuk perangkat Android, ILOs Screen Recorder tidak memberikan beberapa fitur tambahan seperti aplikasi sebelumnya. Anda dapat memilih dari tiga kualitas rekaman yang berbeda, Standar, Medium, dan High.

Anda juga dapat merekam audio melalui mikrofon dengan hasil suara yang hampir sempurna. Menariknya, tersedia juga account di situs ILOs untuk menyimpan video Anda di sana. Bahkan dapat mengedit video langsung dari situs web sebelum berbagi dengan teman-teman atau di media sosial seperti Facebook dan lainnya.

6. Unlimited Screen Recorder

Unlimited Screen Recorder ini merupakan aplikasi yang 100% gratis dan menawarkan semua fitur perekaman layar secara gratis. Namun kekurangannya adalah tidak dapat merekam audio internal dengan aplikasi ini, namun Anda dapat merekam audio eksternal dengan mikrofon.

Selain itu ketika mengubah orientasi selama perekaman aplikasi akan crash dan video tidak akan disimpan, sehingga sebaiknaya Anda tidak mengubah orientasi perangkat saat merekam layar ponsel. Aplikasi ini tidak memiliki versi premium tetapi Anda dapat memberikan donasi pada para pengembang untuk membantu mereka.