Samsung Perkenalkan Galaxy Book, Tablet Dengan Windows 10

Diposting pada

Samsung terus berinovasi dengan menghadirkan PC hybrid yang dapat digunakan sebagai notebook atau sebagai tablet dengan memperkenalkan Galaxy Book yang menjalankan sistem operasi Windows 10.

Tablet Windows 10
Samsung Galaxy Book

Hal yang paling penting untuk diketahui tentang Galaxy Book adalah sebuah PC hybrid. Jadi, dapat berfungsi sebagai notebook dengan keyboard yang dapat dilepas sehingga perangkat ini dapat digunakan sebagai tablet.

Samsung menawarkan dua ukuran layar pada Galaxy Book. Pertama dengan ukuran 10,6 inci dan dilengkapi dengan layar FHD. Kemudian model 12 inci beresolusi 2160 piksel dan menggunakan teknologi AMOLED, sehingga akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik.

Menariknya, Galaxy Book juga mendukung Samsung S Pen stylus yang memungkinkan pengguna untuk menulis secara digital dan menggambar di layar.

Galaxy Book 10.6 inci dilengkapi dengan generasi ketujuh Intel Core m3, yang menampilkan prosesor dual core berkecepatan 2.6GHz. Sedangkan untuk model 12 inci didukung oleh prosesor dual core Intel Core i5 dengan kecepatan 3.1GHz.

Samsung merancang Galaxy Book untuk terhubung ke internet dari mana saja dengan menawarkan beberapa pilihan konektivitas nirkabel. Perangkat ini dilengkapi dengan WiFi 802.11ac dan juga dukungan 4G LTE Cat.6 dengan kecepatan download hingga 300Mbps dan upload 50Mbps.

Samsung telah mengkonfirmasi bahwa Galaxy Book akan menjalankan OS Windows 10 versi desktop penuh dan juga Microsoft Office. Namun sayangnya Samsung tidak memberikan informasi lebih rinci, apakah itu versi Windows Pro atau  Home.

Menurut Samsung, Galaxy Book telah dilengkapi dengan dukungan fitur pengisian cepat dan daya tahan baterai bisa hingga 10 jam untuk penggunaan normal. Untuk model 12 inci dikatakan memiliki baterai yang lebih besar, yang memungkinkan untuk bertahan selama 10,5 jam, dan juga mendukung pengisian cepat.

Kedua model Galaxy Book 10.6 inci dan 12 inci ini datang dengan beberapa port. Model 10.6 inci memiliki satu port USB Type-C dan slot kartu microSD. Sedangkan untuk versi 12 inci memiliki dua port USB Type-C dan slot kartu microSD. Selain berfungsi sebagai pengisian baterai, USB Type-C tersebut juga dapat digunakan untuk monitor eksternal dan penyimpanan eksternal.

Penyimpanan Galaxy Book ini bisa dibilang cukup. Kedua model datang dengan pilihan penyimpanan 64GB atau 128GB, dan pengguna dapat memasang kartu microSD sampai dengan 256GB. Selain itu, versi 12 inci juga tersedia dengan 8GB RAM.

Hingga saat ini, Samsung belum memberikan informasi harga dan ketersediaan di pasar global. Namun, ada beberapa laporan yang mengatakan Galaxy Book akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang, dengan perkiraan harga di bawah $ 1.000.