Bingung Pilih Mobil? Ini 10 Persiapan Sebelum Membeli Mobil Baru

Diposting pada

Apakah Anda berencana untuk membeli mobil baru pada tahun 2017 ini? Pastikan Anda meluangkan sedikit waktu untuk merencanakan pembelian ini. Setelah membeli rumah, harga mobil baru merupakan hal kedua yang perlu dipertimbangkan sehingga pembeliannya membuat orang merasa bingung karena harus pintar dalam menentukan pilihan yang terbaik.

mobil baru 2017
mobil baru 2017

Menentukan pilihan sebelum membeli kendaraan baru bukanlah keputusan mudah yang hanya bisa dicapai dalam hitungan hari. Ikuti 10 tips persiapan sebelum membeli mobil baru ini untuk memastikan Anda bisa mendapatkan mobil terbaik sesuai dengan kebutuhan. Sehingga nanti mobil idaman terasa nyaman ketika digunakan selama bertahun-tahun.

1. Tentukan anggaran yang Anda miliki
Meskipun dalam hati Anda mungkin memiliki keinginan untuk memiliki mobil tertentu, Anda tidak akan dapat membawanya pulang kecuali jika Anda mampu membelinya. Karena Anda nanti akan menghabiskan sedikitnya 25 persen lebih dari pendapatan rumah tangga bulanan untuk mendapatkan mobil Anda inginkan.Selain pembayaran kredit mobil bulanan, biaya yang lainnya juga perlu Anda perhitungkan termasuk bahan bakar dan asuransi mobil.

2. Tentukan pilihan, beli baru atau bekas
Beragam pilihan mobil bekas yang berusia sekitar tiga tahun saat ini banyak tersedia di pasar. Mobil bekas yang dulu harganya mahal serta memiliki fitur canggih dan fasilitas mewah sekarang dijual lebih murah, sehingga mobil bekas terlihat lebih menarik. Disisi lain, ada mobil baru dengan harga murah namun minim fitur dan fasilitas, hal ini tentu saja akan membuat Anda menjadi bingung terlepas dari anggaran Anda.

3. Mempersempit pilihan Anda untuk beberapa mobil
Mulailah dengan meneliti mobil yang telah Anda idamkan, lihatlah secara rinci apakah mobil tersebut memang benar-benar sesuai dengan anggaran Anda? Cara yang termudah adalah dengan mengunjungi situs resmi merk mobil tersebut dan situs informasi otomotif independen untuk menilai harga dan fitur yang penting bagi Anda. Coba Anda perhatikan harga resmi yang disarankan oleh produsen dan harga faktur.

4. Menghitung biaya kepemilikan Anda
Menggunakan daftar pendek dari mobil akan menentukan apakah mobil tersebut sesuai dengan anggaran Anda dengan memperkirakan biaya kepemilikan. Banyak pilihan website penelitian mobil yang terdia akan memberikan gambaran umum tentang biaya kepemilikan untuk daerah Anda. Tetapi perkiraan biaya ini akan bervariasi tergantung pada situasi pribadi Anda.

5. Pembiayaan aman sebelum Anda mengunjungi dealer
Dealer tidak hanya ingin menjual mobil saja tapi mereka ingin mengkoordinasikan kredit mobil juga. Itu karena mereka akan menerima biaya flat atau komisi dari kredit mobil yang mereka fasilitasi. Apakah pinjaman tersebut diberikan langsung dari produsen atau dari pemberi pinjaman lokal? Informasi ini merupakan hal yang sangat penting Anda ketahui untuk melihat perbedaan dari harganya.

6. Jangan menganggap pembiayaan di dealer adalah kesepakatan terbaik
Meskipun Anda mungkin tertarik pada mobil merek tertentu karena Anda melihat sebuah iklan untuk tingkat bunga rendah, itu tidak ada gunanya kecuali jika Anda memenuhi syarat. Pada umumnya hanya sekitar 10 persen dari pembeli mobil yang bisa lolos ke nol persen atau suku bunga rendah dari penawaran produsen mobil tersebut.

7. Pelajari harga faktur
Penelitian yang Anda lakukan di website informasi otomotif independen harus termasuk harga faktur untuk mobil baru dan harga grosir untuk mobil bekas. Kemudian harga eceran yang disarankan produsen untuk mobil baru dan harga ditawarkan oleh dealer. Perlu Anda ingat bahwa harga faktur di situs informasi pihak ketiga biasanya tidak 100 persen akurat.

8. Penelitian yang memungkinkan mendapat diskon di muka
Anda mungkin pernah melihat iklan yang mempromosikan penawaran cash back? biasanya insentif ini akan dipotong setelah Anda menegosiasikan harga. Selain itu, banyak produsen mobil yang menawarkan diskon untuk mahasiswa, anggota militer dan bahkan anggota serikat kredit tertentu. Diskon ini dapat ditumpuk dan dapat dikombinasikan dengan cash back pada setiap model. Sebaiknya Anda cari informasi terlebih dahulu di website yang mengulas tentang insentif ini.

9. Luangkan waktu Anda dengan melakukan test drive
Setelah Anda menyelesaikan semua penelitian dengan baik, hubungi dealer yang ingin Anda kunjungi dan membuat janji apakah diperbolehkan melakukan test drive? Dengan test drive tersebut Anda akan mengetahui apakah mobil tersebut memang sesuai dengan yang Anda harapkan?

10. Gunakan strategi negosiasi yang cerdas
Ketika Anda siap untuk melakukan pembelian dan mulai membahas harga, hal penting yang perlu diingat adalah semua diskon yang diberikan benar-benar telah Anda diteliti dengan baik. Ketiak Anda menegosiasikan harga jual mobil baru, pastikan Anda telah meneliti dengan benar tentang harga mobil tersebut. Sehingga Anda akan tahu apakah Anda sedang ditawarkan harga yang wajar atau tidak.

Berita Rekomendasi: