Begini Cara Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Diposting pada

Dalam memilih daftar harga hp android berkualitas jangan hanya melihat dari iklan saja. Karena bisa jadi produk yang Anda beli, tidak sesuai dengan yang Anda harapkan seperti dalam iklan dan pada akhirnya kecewa berat. Lalu bagaimana cara memilih HP android dengan harga terbaik dan berkualitas?

daftar harga hp android
daftar harga hp android

Pada zaman yang sudah serba digital sekarang ini Anda dapat dengan mudah mencari sumber referensi mengenai produk yang akan Anda beli melalui internet. Hanya dengan menulis kata kunci di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya, Anda akan disuguhkan dengan banyak pilihan informasi.

Mulai dari daftar harga, spesifikasi, hingga ulasan lengkap mengenai produk smartphone terbaru sesuai dengan yang Anda butuhkan. Dengan banyaknya review yang tersedia nantinya Anda dapat menentukan pilihan harga dan spesifikasi yang paling bagus.

Dalam memilih smartphone terbaik, salah satu hal yang paling penting adalah spesifikasi yang ada pada smartphone tersebut. Karena ini merupakan faktor yang akan menentukan bagus atau tidak kinerja dari sebuah smartphone.

Spesifikasi smartphone terbagi dalam 3 segmen yaitu mulai dari harga termurah low-end, harga menengah mid-range dan harga termahal high-end. Dari beberapa segmen tersebut sudah pasti memiliki batasan tertentu yang berbeda pada setiap produk, terutama pada segmen low-end dan mid-range.

Jangan cuma fokus pada sebuah merk saja, meskipun itu merek terkenal dan dijual dengan harga murah. Anda harus ingat dengan rumus “ada harga ada kualitas” karena komponen terbaik yang digunakan untuk membuat smartphone harganya pasti lebih mahal.

Segmen yang pertama yakni low-end, disini Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan membingungkan yang akan terlihat berat sebelah. Sebagai contoh, perangkat tersebut memiliki banyak fitur kenerja kamera cukup bagus namun kinerjanya kurang bagus karena memiliki spesifikasi rendah dan build quality jelek.

Misalnya hanya dibekali SoC dengan kecepatan prosesor rendah dan menggunakan design bodi berbahan murahan. Kemudian sebaliknya, performa bagus namun fitur sangat terbatas misalnya fitur pada kameranya kurang bagus namun build quality bagus.

Pada segmen ini Anda harus pintar dalam memilih smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan, lebih pilih fitur, performa, atau build quality? Sementara itu pada segmen mid-range juga hampir sama, Anda juga masih akan dibuat bingung dengan beberapa pilihan.

Hanya saja pada segmen ini pilihan antara fitur dan performa sudah hampir seimbang. Sebagai contoh, fitur kamera bagus menggunakan sensor kamera terbaru, layar bagus IPS Full HD, chipset bagus model terbaru, GPU terbaru, kapasitas ram dan penyimapanan internal sudah tinggi, namun build quality rendah.

Pilihan lainnya pada segmen mid-range, misalnya build quality sudah bagus tapi performa kurang. Misalnya hanya menggunakan chipset model lama dengan kecepatan prosesor sedikit lebih rendah, kinerja GPU lebih rendah, kapasitas RAM layar IPS hanya HD, dan penyimpanan internal lebih rendah.

Namun kaya fitur misalnya kualitas kamera lebih tajam dengan sensor yang lebih bagus. Nah di segmen ini anda juga harus pintar memilih yang paling sesuai dengan Anda, lebih pilih build quality, fitur, performa ?

Kemudian yang terakhir adalah segmen high-end, sebuah produk yang berada pada level ini biasanya telah memiliki banyak pilihan yang bagus dan sangat lengkap baik dari segi fitur, performa, dan build quality. Namun pada segmen ini biasanya hanya menjangkau kalangan atas saja, mengingat banderol harganya yang sangat mahal mulai dari 8 jutaan.

Meskipun sudah masuk kategori high-end, Anda juga masih dihadapkan dengan banyak pilihan hanya saja pilihan yang tersedia rata-rata telah seimbang antara build quality, fitur, dan performa. Nah pada segmen high-end ini Anda hanya perlu memilih produk mana yang telah memiliki reputasi bagus dan juga selisih pada harga yang ditawarkan.