Perbedaan Bandwidth 20MHz dan 40MHz Pada Setting Router Wifi

Diposting pada

Jika Anda bingung tentang bagaimana untuk memilih pengaturan bandwidth 20Mhz atau 40Mhz pada pengaturan router, Anda telah menemukan panduan yang tepat di sini. Kami akan membahas beberapa tips sederhana pengaturan router wifi untuk membantu Anda dalam memilih bandwidth mana yang terbaik pada jaringan nirkabel Anda.

channel bandwidth adalah
Perbedaan frekuensi wifi 2,4GHz dan 5GHz

Pilih 20MHz atau 40Mhz? Jawabannya adalah tergantung pada kemampuan perangkat router yang Anda miliki, karena hal tersebut terletak dekat dengan jenis wireless router yang telah Anda pilih. Apakah perangkat Anda mendukung frekuensi 2,4GHz dan 5GHz, atau hanya mendukung salah satunya? Berikut ini adalah tips router wifi

Bagaimana cara setting yang terbaik, ketika Anda menggunakan 20MHz untuk channel lebar? Jika Anda menggunakan frekuensi wifi 2.4 GHz, maka pilihan yang terbaik adalah 20Mhz untuk lebar saluran. Alasannya cukup sederhana bahwa bandwidth 20MHz adalah benar-benar ukuran yang paling sesuai untuk mendukung perangkat model lama. Karena jika 20MHz digunakan pada frekuensi 5GHz hasilnya biasanya kurang optimal.

Perlu Anda ingat satu-satunya pengecualian adalah jika Anda memiliki perangkat yang mendukung 5GHz tapi hanya bisa menerima bandwidth 20MHz, namun hal ini sangat jarang di temui. Sebaiknya Anda periksa dulu apakah perangkat router yang Anda miliki mendukung dual band 20Mhz dan 40MHz atau tidak?

Bagaimana menggunakan 40Mhz untuk channel lebar? Jika Anda menggunakan 5GHz, kemungkinan besar jaringan wifi Anda hanya akan mendukung perangkat model terbaru saja yang mendukung 802.11n dan perangkat model lama tidak akan bisa terhubung. Apakah bisa menggunakan kombinasi 20MHz dan 40MHz? sebaiknya Anda hanya menggunakan kombinasi 20MHz dan 40MHz jika ada perangkat yang membutuhkannya saja, namun jika tidak sebaiknya hanya set ke 40MHz.

Memahami kerja pada frekuensi wifi 2.4GHz dan 5GHz, wifi merupakan sebuah jaringan nirkabel dapat bekerja pada frekuensi berbeda yakni 2.4GHz dan 5GHz. Kedua frekuensi tersebut tentu saja memiliki cara kerja berbeda dan juga dapat beroperasi pada kondisi berbeda.

Perbedaan antara frekuensi wifi 2.4GHz dan 5GHz, wifi dengan frekuensi 2.4GHz mempunyai beberapa ciri yang bisa dibilang sangat jelas yakni bekerja dengan menggunakan 3 channel dengan standar jaringan B, G dan N. Kelebihan dari 2.4GHz adalah memiliki jaringan dengan jangkauan yang jauh lebih luas, namun tingkat gangguannya lebih banyak.

Sementara untuk wifi dengan frekueni 5GHz bekerja pada 23 channel dan standar jaringannya adalah A, N dan AC. Salah satu kekurangannya adalah hanya memiliki jangkauan yang rendah dan untuk kelebihannya adalah sangat minim gangguan jika dibandingkan frekuertsi wifi 2.4GHz. Wifi dengan frekuensi 2,4GHz mempunyai channel yang akan beroperasi di frekuensi yang terendah antara 2402 MHz dan 2.402 GHz. Sedangkan untuk frekuensi channel yang lebih tinggi selisihnya adalah 5MHz.

Berdasarkan dari rumus teori panjang gelombang, semakin rendah frekuensi gelombangnya maka akan semakin besar serta panjang dan jangkauannya akan menjadi semakin jauh. Jadi jika Anda ingin mengoptimalkan jangkauan dari sinyal wifi, sebaiknya menggunakan channel terendah atau bisa juga dengan frekuensi terkecil.

Cara Setting Channel Width dan Channel Yang Terbaik:

  • Untuk channel width 20MHz dengan frekuensi 2.4GHz, pilihan terbaik untuk digunakan adalah channe 1, 6, dan 11.
  • Untuk channel width 40MHz dengan frekuensi 2.4 GHz, channel terbaik untuk digunakan adalah 3 dan 11.
  • Untuk channel width 20MHz dengan frekuensi 5GHz, jika perangkat wifi Anda memerlukan dan router yang Anda miliki mendukungnya maka Anda bisa menggunakan 40MHz dikombinasi dengan 20MHz.
  • Untuk channel width 40Mhz dengan frekuensi 5GHz, karena pilihan channel width ini minim gangguan maka Anda bebas untuk menggunakan channel apapun. Pertimbangkan untuk menggunakan fungsi auto sehingga router Anda dapat secara otomatis menyesuaikan saluran terbaik untuk digunakan.

 

Tags:, setting frekuensi 5 ghz ubiquiti, Apa itu frequency bandwidth, cara atur fivi 40mhz, frekuensi bandwidth indihome, frekwensi 20 atau 40 di modem mnc