Nokia 6 Resmi Dirilis di China Dengan 4GB RAM dan 64GB Storage

Diposting pada

Nokia 6 baru saja diluncurkan di China oleh HMD Global, HMD merupakan perusahaan asal Finlandia yang memiliki hak untuk menggunakan merek Nokia. Android nokia terbaru yang bernama Nokia 6 tersebut ditargetkan untuk pengguna di China dengan banderol harga 1.699 yuan atau sekira Rp 3,2 jutaan.

HP Nokia Android Terbaru 2017
Nokia 6

Peluncuran seri Android nokia terbaru ini menandai bangkitnya smartphone merek Nokia pertama ke pasar, yang sejak tahun 2014 di akuisisi oleh Microsoft. Smartphone terbaru Nokia 6 berjalan pada platform Android 7.0 Nougat dan diproduksi oleh Foxconn dan akan dijual secara eksklusif di China melalui toko online JD.com.

Alasan HMD Global meluncurkan smartphone Android pertamanya ke China karena Tiongkok adalah pasar yang paling strategis. Sehingga HMD Global dapat merefleksi keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen di pasar yang berbeda di seluruh dunia.

Nokia dulunya pembuat ponsel yang dominan di dunia namun gagal saat pergeseran ke smartphone dan kemudian memilih sistem operasi Microsoft Windows Phone untuk seri Lumia. HMD Global mulai mengambil alih bisnis ponsel Nokia pada bulan Desember 2016 dan mencapai kesepakatan lisensi yang memberikannya satu-satunya penggunaan merek Nokia pada semua smartphone dan tablet Nokia untuk dekade berikutnya.

HMD Global memang akan membayar royalti Nokia untuk merek dan paten, namun Nokia tidak memiliki investasi secara langsung di HMD. Sementar Nokia Oyj saat ini sedang fokus pada bisnis jaringan telekomunikasi dan teknologi paten.

CEO HMD Arto Nummela, yang pernah bertanggung jawab untuk penjualan Nokia dan pengembangan produk, mengatakan bahwa HMD akan menjadi salah satu pemain yang kompetitif dalam bisnis smartphone di mana ia akan menghadapi persaingan ketat dari Apple, Samsung dan puluhan produsen lainnya.

Nokia akhirnya kembali ke pasar, namun seri Nokia 6 adalah perangkat mid-range yang ditujukan untuk pasar China. Nokia 6 dilengkapi dengan unibody aluminium, didukung oleh chipset Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 yang dilengkapi X6 LTE modem, GPU Adreno 505, 4GB RAM dan 64GB penyimpanan internal.

Bentang layarnya adalah FHD 5,5 inci 1080p dengan perlindungan 2.5D Gorilla Glass melengkung. Pada sektor kamera, Nokia 6 memiliki kamera utama 16 MP dengan PDAF dan aperture f/2.0, sedangkan untuk kamera depan adalah 8 MP dengan aperture yang sama.  Nokia 6 akan dijual secara eksklusif di China melalui toko online JD.com pada awal tahun 2017 ini dengan harga 1.699 CNY atau sekira Rp 3,2 jutaan.