Polisi Belanda Ingin Memerangi Kejahatan Dengan Augmented Reality

Diposting pada

Kombinasi teknologi canggih yang aneh dari Robocop dan CSI mungkin akan terlihat di masa depan, polisi nasional Belanda mungkin akan menggunakan Microsoft Hololens dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Pengertian Augmented Reality
Augmented Reality (Foto: thenextweb.com)

Proyek ini merupakan kerjasama antara kepolisian, Belanda Forensik Institute, pemadam kebakaran nasional, Delft University of Technology dan lembaga pengembangan AR Twnkls. Sebagai ketua inspektur Rob Kouwenhoven mengatakan kepada surat kabar Belanda AD, ada beberapa skenario di mana augmented reality bisa berguna.

Saat digunakan perangkat tersbut terdiri dari kamera smartphone menempel bahu petugas dan telepon lain yang melilit di pergelangan tangan mereka. Perangkat ini nantinya dapat digunakan untuk menandai bukti atau meninggalkan catatan tentang TKP.

Advertisement

Organisasi ini juga mencoba Hololens Microsoft yang bisa memberikan sistem informasi geografis yang relevan selama investigasi forensik, sehingga akan memudahkan penyidik untuk menempatkan memecahkan teka-teki dari kejahatan secara bersama-sama.

Selain itu juga bisa berguna untuk rekonstruksi ruang sidang kejahatan, yang saat ini melibatkan banyak dokumen dan berlakunya kembali fisik acara. Dengan melihat melalui perangkat AR nantinya akan menjadi lebih mudah bagi hakim untuk memahami apa sebenarnya yang terjadi melalui animasi digital dan anotasi jelas overlay pada TKP.

Polisi juga akan menjajaki opsi untuk petugas patroli yang bisa menggunakan teknologi sebagai cara mudah navigasi dengan sistem informasi geografis ke arah di dunia nyata, atau menunjukkan asal panggilan ke nomor telepon darurat setempat. Jika semuanya pengujian terseburt berhasil, di masa yang akan datang polisi berencana untuk menerapkan teknologi itu paling cepat dalam empat atau lima tahun kedepan.

Pengertian augmented reality merupakan sebuah kejadian secara langsung atau tidak langsung dari lingkungan dunia nyata yang unsur-unsurnya ditambah atau dilengkapi dengan masukan sensorik yang dihasilkan komputer seperti suara, video, grafik atau  data GPS.

Hal ini terkait dengan konsep umum yang disebut dimediasi realitas di mana pandangan realitas dimodifikasi bahkan ditambah oleh komputer dengan meningkatkan persepsi seseorang antara dunia virtual dan nyata.

Dengan bantuan teknologi AR canggih akan menambahkan visi komputer dan pengenalan obyek informasi tentang dunia nyata sekitar pengguna menjadi interaktif dan digital yang dimanipulasi.

Augmented reality akan membawa keluar dari dunia digital ke dunia nyata yang dapat dirasakan seseorang. Salah satu contoh adalah Helm AR untuk pekerja konstruksi yang menampilkan informasi tentang lokasi konstruksi.

Advertisement