Uang Rupiah Baru Disebut Punya Sistem Pengamanan Terbaik Dunia

Diposting pada

Bank Indonesia secara resmi meluncurkan 11 uang rupiah baru pada Senin 19 Desember 2016. Uang baru tersebut terdiri dari tujuh uang kertas dan empat uang koin yang menampilkan gambar dari 12 pahlawan nasional. Uang rupiah terbaru yang baru saja dirilis oleh BI termasuk salah satu uang dengan sistem pengaman terbaik di dunia dengan pengamanan 9-12 tipe.

11 Tipe Uang Rupiah Baru
Uang Rupiah Baru

Pengaman tersebut ada yang dapat dengan mudah dikenali oleh masyarakat awam, dan ada juga yang hanya dapat diketahui oleh ahli spesialis. Peningkatan pengamanan uang baru ini terdiri dari 5 unsur yaitu warna, rectoverso, dan ultraviolet.

Pada uang kertas pecahan Rp 100.000 presiden dan wakil presiden pertama Indonesia Soekarno dan Hatta tetap sebagai gambar utama. Pecahan Rp 50.000 dengan gambar pahlawan nasional Djuanda Kartawidjaja, sedangkan Pecahan Rp 20.000 menunjukkan gambar gubernur pertama Sulawesi Sam Ratulangi.

Selanjutnya untuk serangkaian pecahan Rp 10.000 memiliki gambar Frans Kaisiepo, sedangkan pecahan Rp 5.000 menampilkan gambar KH. Idham Chalid. BI juga mengeluarkan uang kertas baru pecahan Rp 2.000 dengan gambar M.H. Thamrin, dan untuk pecahan Rp 1.000 dengan gambar pahlawan nasional Tjut Meutia.

Untuk uang koin, I Gusti Ketut Pudja pada uang koin Rp 1.000, Letjen TB Simatupang pada uang koin Rp 500, Dr. Cipto Mangoenkoesoemo pada uang koin Rp 200 dan Herman Johannes pada uang koin Rp100. Pemilihan tokoh-tokoh nasional untuk desain uang baru didasarkan pada keragaman Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, sebuah frase Jawa Kuno yang merupakan semboyan resmi bangsa.

Peluncuran digelar Senin 19 Desember 2016 pagi ini di Kompleks Bank Indonesia, yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Gubernur BI Agus Martowardojo.